Cara Mengirim Foto & Video Agar Hilang Sendiri di WhatsApp
Techadvisor

Cara Mengirim Foto & Video Agar Hilang Sendiri di WhatsApp

WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang membawa aplikasi perpesanannya sejajar dengan aplikasi sosial lainnya: kemampuan untuk mengirim foto atau video yang hanya dapat dilihat penerima sekali sebelum terhapus sendiri.

Kami awalnya menulis tentang fitur ini pada bulan Juni ketika memasuki versi beta, tetapi fitur tersebut telah diluncurkan ke pengguna non-beta selama beberapa minggu terakhir.

Kami akan menjelaskan dalam beberapa langkah sederhana cara menggunakan fitur Lihat Sekali… tetapi juga cara menyiasatinya.

1. Perbarui WhatsApp terlebih dahulu

Anda dapat memperbarui WhatsApp dengan mengunjungi Google Play Store atau Apple App Store dan memeriksa pembaruan yang tersedia.

2. Temukan foto atau video untuk dibagikan

Untuk mengirim foto atau video yang menghilang, buka obrolan yang ada dengan kontak atau mulai percakapan baru. Untuk melampirkan gambar ke pesan, Anda dapat mengetuk ikon kamera dan mengambil foto atau video baru, atau mengetuk ikon penjepit kertas dan memilih salah satu dari Galeri Anda.

Cara Mengirim Foto & Video Agar Hilang Sendiri di WhatsApp

Jangan tekan Kirim dulu…

3. Ketuk ikon Lihat Sekali

Anda akan melihat ikon baru telah muncul di bidang teks tepat di sebelah kiri tombol Kirim: lingkaran dengan angka 1 di tengah. Ketuk ikon ini.

Cara Mengirim Foto & Video Agar Hilang Sendiri di WhatsApp

Pertama kali Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan pop-up yang memberi tahu Anda bahwa media akan dihapus dari percakapan setelah penerima membuka dan melihatnya sekali. Tekan Ok dan ikon View Once ini akan berubah dari putih menjadi hijau.

4. Kirim Pesan

Ketuk tombol Kirim dan pesan akan muncul di utas percakapan yang menampilkan ikon Lihat Sekali dan mengonfirmasi bahwa foto atau video telah dikirim, tetapi Anda tidak dapat melihat media itu sendiri.

TRENDING :  Mau Tau Cara Menggunakan Aplikasi Reface App Agar Hasilnya Bagus

Cara Mengirim Foto & Video Agar Hilang Sendiri di WhatsApp

Setelah media dilihat, pesan akan berubah dari ‘Foto’ atau ‘Video’ menjadi ‘Dibuka’ dan angka 1 akan hilang dari ikon. Penerima Anda akan melihat pesan yang sama di ponsel mereka, dan tidak dapat lagi melihat media tersebut.

Cara screenshot foto di WhatsApp tanpa sepengetahuan pengirim

Di pop-up yang muncul saat Anda pertama kali menggunakan View Once, Anda diberitahu bahwa itu ada untuk meningkatkan privasi, tetapi diperingatkan bahwa penerima masih dapat mengambil tangkapan layar atau merekam.

Apa yang tidak diberitahukan WhatsApp kepada Anda adalah bahwa tidak seperti aplikasi sosial lainnya (misalnya Snapchat dan Instagram ), itu tidak akan memberi tahu Anda jika seseorang melakukan hal itu. Ini berarti foto atau video Anda yang Anda pikir akan merusak diri sendiri mungkin sebenarnya masih mengambang di suatu tempat tanpa sepengetahuan Anda.

Menurut WABetaInfo , WhatsApp mengatakan ini untuk kebaikan Anda sendiri. Hah?

Karena sangat mudah untuk menyiasati mekanisme yang mencegah Anda mengambil tangkapan layar tanpa sepengetahuan pengirim, WhatsApp mengatakan tidak ingin membuai pengguna ke dalam rasa aman yang salah dengan membiarkan mereka salah berasumsi bahwa tangkapan layar tidak dapat diambil tanpa pengetahuan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *