Cara Mengubah Tipe NAT di PS5

Cara Mengubah Tipe NAT di PS5

PlayStation 5 memberikan pengalaman konsol generasi berikutnya yang sesungguhnya, lengkap dengan grafis yang luar biasa, desain yang apik, dan pengontrol DualSense, tetapi sama seperti setiap bagian teknologi terhubung lainnya, PlayStation 5 dapat mengalami masalah konektivitas dari waktu ke waktu.

Masalah terbesar bagi sebagian besar gamer konsol adalah Tipe NAT, yang dapat membatasi siapa yang dapat Anda mainkan secara online, menyebabkan sesi perjodohan yang lebih lama dan mempersulit untuk mengobrol dengan teman dalam obrolan grup. Jika masalah tersebut terdengar familier, kemungkinan disebabkan oleh NAT Sedang atau Ketat.

Itu kabar buruknya, tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat mengubah tipe NAT Anda menjadi Open di PS5 – Anda hanya perlu mencoba-coba dunia Port Forwarding untuk melakukannya. Ini sedikit rumit, tetapi kami berbicara kepada Anda melalui seluruh proses di sini.

Cara mengubah tipe NAT di PS5

Untuk mengubah jenis NAT Anda di PS5, Anda harus terlebih dahulu memverifikasi jenis NAT yang Anda miliki saat ini. Setelah Anda dipersenjatai dengan informasi itu, Anda kemudian dapat memutuskan apakah Anda perlu membuka port pada router Anda untuk meningkatkan pengalaman bermain game online Anda.

Cara memeriksa tipe NAT Anda saat ini di PS5

Langkah pertama adalah memeriksa jenis NAT saat ini di PS5 Anda dan memahami apa artinya itu bagi pengalaman bermain game online Anda. Untuk melihat jenis NAT di PS5:

  1. Di PS5 Anda, buka menu Pengaturan (roda gigi di kanan atas menu beranda).
  2. Pilih jaringan.
  3. Di menu Status Sambungan, pilih Lihat Status Sambungan atau Uji Sambungan Internet – keduanya akan menampilkan jenis NAT Anda saat ini di samping informasi penting lainnya seperti kecepatan unggah dan unduh, akses ke PSN, dan lainnya.
TRENDING :  3 Game Online ini Paling Populer Dimainkan di Smartphone

Anda akan melihat NAT Tipe 1, 2 atau 3 terdaftar di PS5, yang lebih dikenal sebagai Open, Moderate dan Strict. Dalam bentuknya yang paling sederhana, Jenis NAT menentukan koneksi yang dapat Anda buat dari konsol Anda: Open (1) dapat terhubung ke semuanya, Moderate (2) dapat terhubung ke Open dan Moderate, dan Strict (3) hanya dapat terhubung ke Open.

Ini tidak hanya akan menentukan teman yang dapat Anda mainkan dalam judul multipemain daring, tetapi juga fitur sederhana seperti obrolan suara. Jika Anda menggunakan tipe NAT Ketat, Anda tidak akan dapat mendengar teman di tipe NAT Ketat atau Sedang lainnya dalam obrolan grup, membuat pengalaman yang agak canggung.

Namun, jika Anda menggunakan Open NAT dan masih mengalami masalah, kemungkinan itu terkait dengan hal lain – mungkin koneksi Wi-Fi Anda atau Jaringan PlayStation (atau server game tertentu yang Anda coba akses) sedang down.

Bagi mereka yang menjalankan NAT Sedang atau Ketat, Anda harus menggunakan proses yang disebut Penerusan Port untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara menggunakan Penerusan Port di PS5

Bagi mereka yang baru mengenal dunia jaringan, Port Forwarding memungkinkan Anda untuk membuka berbagai port digital pada router Anda yang bertanggung jawab atas aliran data yang masuk dan keluar. Masalah yang dimiliki banyak gamer adalah konsol termasuk PS5 dan Xbox Series X ingin menggunakan port yang biasanya ditutup pada router, yang menyebabkan masalah NAT yang mungkin Anda hadapi.

Untuk mendapatkan Open NAT di PS5 Anda, Anda harus membuka berbagai port di router Anda. Masalahnya adalah mengakses area admin router Anda, dan menu Port Forwarding khususnya, bervariasi dari produsen ke produsen sehingga kami hanya dapat memberikan garis besar proses.

  1. Buka halaman admin router Anda dan masuk menggunakan detail Anda.
  2. Akses menu Penerusan Port.
  3. Tambahkan Port baru menggunakan detail berikut:
    TCP: 1935, 3478-3480
    UDP: 3074, 3478-3479
  4. Anda mungkin juga memerlukan alamat IP dan alamat MAC konsol Anda saat ini – keduanya dapat ditemukan di menu yang sama dengan Jenis NAT Anda di PS5.
    Simpan pengaturan dan mulai ulang router Anda.
  5. Mulai ulang PS5 Anda.
  6. Uji koneksi internet PS5 Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang sama di bagian di atas.
TRENDING :  Petunjuk Misi Request Naruto Shippuden Ultimate Ninja 5

Jenis NAT Anda sekarang harus Terbuka, siap memainkan game multipemain online tanpa masalah konektivitas. Jika tetap tidak berubah, pastikan Anda memasukkan detail yang benar di menu Penerusan Port – bahkan satu nomor yang salah akan menghentikannya bekerja seperti yang direncanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *