Bagaimana Cara Menjaga PC Tetap Dingin untuk Kinerja Terbaik

Bagaimana Cara Menjaga PC Tetap Dingin untuk Kinerja Terbaik

PC desktop memiliki dua musuh utama: debu dan panas. Panas bisa sulit untuk didiagnosis karena Anda tidak dapat melihatnya seperti yang Anda bisa dengan debu. Kunci untuk menghindari masalah yang berhubungan dengan panas (selain secara teratur membersihkan PC Anda ) tetap berpegang pada beberapa prinsip pendinginan yang telah dicoba dan benar. Jika Anda mengikuti dasar-dasarnya, kemudian menyesuaikannya dengan lingkungan lokal Anda dan tuntutan PC Anda, Anda akan baik-baik saja.

Bagaimana mengukur suhu

Cara terbaik untuk mengukur dengan mudah apakah PC Anda menjadi terlalu panas adalah dengan memantau suhu yang dilaporkan oleh CPU dan GPU. Jika kedua komponen ini berada dalam kisaran suhu yang disarankan, maka yang lainnya akan baik-baik saja.

Untuk CPU, ini berarti menjaga prosesor Anda di bawah 80 derajat Celcius saat di bawah beban, tetapi sebaiknya jauh lebih rendah. Suhu operasi maksimum CPU tertentu seringkali lebih tinggi dari 80 derajat, tetapi ini adalah tolok ukur umum yang baik.

Ada banyak program yang memungkinkan Anda memantau suhu CPU, tetapi kami merekomendasikan Core Temp , karena ini adalah program ringan yang melakukan tugasnya dengan baik. Ini juga akan melaporkan pembacaan suhu untuk setiap inti CPU yang dapat Anda lihat sekilas di baki sistem PC Anda.

Kartu grafis bisa menjadi sedikit lebih panas daripada prosesor, tetapi idealnya mereka tetap di bawah 85 derajat Celcius. Lapisan perangkat lunak asli AMD dan Nvidia dapat melaporkan suhu kartu grafis Anda. Pilihan lain yang akan bekerja untuk semua orang adalah MSI’s Afterburner .

Intake dan outtake

Pendinginan PC dimulai dengan dua kipas casing. Anda dapat memiliki lebih dari itu, tetapi Anda menginginkan setidaknya dua. Beberapa desktop atau casing PC yang lebih murah hanya dilengkapi dengan satu kipas; Anda akan ingin menginstal kipas lain jika itu benar di sistem Anda. Satu perlu untuk asupan yang membawa udara dingin ke dalam kasus ini. Yang lainnya adalah untuk mengeluarkan atau memindahkan udara panas keluar dari kasing.

TRENDING :  Apakah Bluetooth Aman atau Apakah Radiasi Bluetooth Berbahaya?

Memiliki satu kipas yang melakukan salah satu saja akan meningkatkan suhu secara signifikan.

Di mana letak kipas ini tergantung pada casingnya, tetapi kipas outtake biasanya diposisikan di bagian belakang casing, di dekat CPU. Itu juga bisa di bagian paling atas kasing, tepat di atas CPU. Penempatan ini masuk akal karena CPU mengeluarkan banyak panas yang perlu dikeluarkan dari casing, dan generator panas utama lainnya, kartu grafis, tepat di bawahnya.

Kipas intake idealnya harus menarik udara dingin dari bagian depan casing, jauh dari tempat komponen (dan udara) yang lebih panas berada. Namun, ini semua tergantung pada casing Anda, karena penempatan kipas ditentukan oleh desain casing Anda.

Jika Anda hanya memiliki kipas dalam jumlah terbatas dan mereka tidak melakukan tugasnya, alternatifnya adalah dengan melihat kipas modulasi lebar pulsa (PWM). Kipas ini memerlukan header PWM yang kompatibel pada motherboard, dan memungkinkan untuk mengontrol kecepatan kipas melalui perangkat lunak atau BIOS motherboard Anda. Ini memungkinkan kipas untuk mempercepat saat terlalu panas dan melambat (atau bahkan berhenti) saat tidak diperlukan. Kipas PWM digunakan pada kartu grafis untuk efisiensi daya dan pendinginan yang lebih baik, dan kipas ini dapat melakukan hal yang sama untuk kebutuhan pendinginan sistem Anda.

Anda dapat menemukan kipas casing PC dasar tanpa embel-embel hanya dengan $5 di Amazon. Penggemar casing P12 yang senyap dari Antec adalah favorit internal dan Anda bisa mendapatkan bukan hanya satu, bukan dua, tetapi lima dengan harga di bawah $25 . Sementara itu, jika Anda ingin menambahkan sedikit bling ke pengaturan Anda, Anda juga dapat membeli lima pak kipas Antec dengan lampu RGB dan dukungan PWM seharga $60. Panduan kami untuk memasang kipas casing memiliki semua info yang Anda butuhkan untuk memastikan Anda memilih jenis yang tepat untuk pengaturan khusus Anda.

Tekanan

Fan case digunakan untuk mencapai salah satu dari beberapa situasi: baik tekanan positif, tekanan negatif, atau keseimbangan antara keduanya. Tekanan positif adalah ketika ada lebih banyak udara dingin yang masuk ke casing daripada yang keluar melalui kipas keluar. Negatif adalah kebalikannya.

TRENDING :  Cara Ampuh Mempercepat Koneksimu Untuk Kerja dan Belajar Online

PC yang dibuat tanpa banyak memperhatikan penempatan atau arah kipas biasanya berakhir dengan lingkungan bertekanan positif. Itu karena banyak sekali retakan, celah, dan lubang ventilasi yang tidak terpakai di dalam casing PC tempat udara bisa masuk.

Untuk mendapatkan pengaturan tekanan negatif, di mana lebih banyak udara yang didorong keluar daripada ditarik, Anda harus benar-benar memikirkan penempatan kipas dan arah putaran. Anda ingin sebagian besar kipas (jika Anda memiliki lebih dari dua) bertiup ke luar untuk mendorong semua udara panas menjauh dari komponen Anda.

Jenis tekanan apa yang Anda inginkan sangat tergantung pada kebutuhan Anda. Beberapa orang di lingkungan yang lebih kering, di mana debu mudah terakumulasi, bersumpah dengan lingkungan bertekanan negatif untuk PC mereka.

Kebanyakan orang harus mencari aliran udara yang positif. Namun, aliran tekanan positif dan negatif yang merata adalah pilihan terbaik bagi kebanyakan orang. Bila Anda memiliki cukup udara yang mengalir melalui casing dari luar, sambil mendorong udara yang benar-benar panas keluar, Anda mendapatkan manfaat dari pengurangan akumulasi debu sekaligus menjaga agar udara tetap bergerak. Kuncinya, bagaimanapun, adalah untuk memastikan bahwa Anda memiliki filter di dekat kipas intake untuk mencegah terlalu banyak debu masuk dengan udara Anda. Jika tidak ada filter bawaan untuk kasing Anda, Anda sering dapat membuatnya sendiri tanpa banyak kesulitan.

Meningkatkan pendinginan komponen

Kunci untuk pengaturan pendinginan di luar kipas dan aliran udara adalah perangkat pendingin yang Anda gunakan untuk GPU dan CPU Anda. Kartu grafis datang dengan penggemar mereka sendiri. Meskipun Anda dapat meningkatkan GPU ke pendingin cair , itu adalah topik lanjutan—dan mahal jika Anda mengacaukannya. Kebanyakan orang membiarkan pendingin GPU apa adanya dan mencari cara untuk meningkatkan pendingin CPU.

Banyak CPU datang dengan pendingin stok, atau jika Anda memiliki anggaran terbatas, Anda dapat membeli pendingin CPU termurah yang dapat Anda temukan. Tetapi membuat kipas CPU menjadi murah adalah kesalahan, karena mendapatkan pendingin CPU yang lebih baik dapat membantu menjaga suhu sistem secara keseluruhan lebih rendah.

TRENDING :  Cara Mengubah Browser Bawaan di Windows 11

Pendingin yang lebih baik dapat menyerap lebih banyak panas, dan mengarahkannya ke kipas keluaran sehingga seluruh sistem lebih efisien. Masalah dengan pendingin CPU yang lebih baik adalah mereka sering dapat menyebabkan masalah untuk kasus dengan izin rendah. Jika orientasinya salah, pendingin besar juga dapat mencegah RAM Anda dipasang dengan benar.

Salah satu alternatif efektif untuk pendingin CPU standar adalah pendingin cair all-in-one (AIO). AIO menghilangkan kekhawatiran tentang izin, dan sebagian besar kasing memiliki ruang untuk kipas yang dibutuhkan AIO. AIO kipas ganda adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga CPU Anda tetap dingin, dan saat ini harganya sering kali hampir sama dengan pendingin udara kelas atas.

Pertimbangan lainnya

Jika meningkatkan kipas casing Anda, tekanan negatif versus positif, dan pendingin komponen yang lebih baik tidak membantu situasi Anda, masih ada lebih banyak pertimbangan. Pertama, mungkin casing Anda tidak ideal untuk sistem Anda.

Pertimbangkan untuk membeli casing baru yang mengutamakan pendinginan dengan aliran udara yang lebih baik dan lebih banyak ruang untuk kipas. Anda bahkan mungkin harus menyerah untuk memiliki sisi transparan untuk mendapatkan lebih banyak ventilasi dan tempat untuk penggemar. Penjelasan kami tentang cara membeli casing PC dapat membantu Anda menemukan casing terbaik untuk Anda.

Perhatikan juga suhu lingkungan di dalam ruangan. Memindahkan PC ke ruangan dengan AC jika tersedia, atau ruangan di ruang bawah tanah di bawah tanah adalah ide yang bagus. Jika tidak ada pilihan, “arahkan kipas lantai ke filter intake” yang lama bisa sangat efektif.

Menjaga PC Anda tetap dingin tidak selalu merupakan urusan yang sederhana, tetapi bagi kebanyakan orang yang tidak melakukan overclocking yang ekstrem, langkah-langkah ini seharusnya cukup untuk menjaga agar tidak terlalu panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *