Gampang, Ini Cara Berinvestasi di Pasar Modal Untuk Pemula

Gampang, Ini Cara Berinvestasi di Pasar Modal Untuk Pemula

Investasi merupakan salah satu cara mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Bentuk investasi sangat beragam, yaitu deposito, properti, emas, hingga pasar modal. Sayangnya, masih banyak yang menganggap investasi hanya membuang uang saja. Padahal, cara berinvestasi di pasar modal itu cukup mudah.

Pasar modal sebagai sarana investasi yang bisa menghasilkan profit atau keuntungan yang besar. Produk pasar modal pun terbagi lagi atas saham, obligasi, reksa dana, dan produk derivatif. Memang berinvestasi tidak bisa dijalankan begitu saja. Melainkan, perlu dipelajari dengan cara yang tepat. Dengan begitu, lebih mudah berhasil dan mampu meminimalisir kerugian yang dapat terjadi kapan saja. Lalu, bagaimana cara investasi pasar modal?

Membuka Rekening Saham Sekuritas

Berinvestasi saham dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Sekarang sudah banyak anak muda yang mulai terjun ke dunia pasar modal ini. Sebagai pemula, Anda jangan sampai salah langkah. Hal pertama yang dilakukan adalah membuka rekening yang telah difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Anda bisa mendaftar secara online ataupun offline, tergantung dari bank apa yang akan dipilih. Setelah membuka rekening, Anda bisa langsung memulai investasi dengan melakukan top up dana ke rekening tersebut. Sekadar tips, pilihlah perusahaan sekuritas yang biaya transaksinya minim, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan.

Membeli Saham Dari BEI

Bagian penting lainnya adalah membeli saham yang telah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Mengapa ? Karena, BEI merupakan pihak resmi yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem sarana yang berhubungan antara pembeli dan penjualan efek yang telah terdaftar di bursa. Terdapat informasi dari website mengenai detail profil anggota bursa atau partisipan sebagai bahan pertimbangan. Jadi, sudah dipastikan cara berinvestasi di pasar modal aman.

TRENDING :  5 Aplikasi Main Saham Terbaik dan Terpercaya

Pelajari Grafik Saham

Membeli atau menjual saham membutuhkan analisa yang akurat. Sama halnya menjadi investor juga harus memperhatikan analisa grafik saham maupun membaca trend saham. Hasil analisa inilah yang digunakan untuk trading. Setelah mempelajari analisa tersebut, barulah Anda bisa memilih saham apa yang ingin dibeli.

Beli Saham Saat Harga Turun

Saat bermain saham, banyak investor pemula yang menghindari harga saham turun. Justru, pemahaman seperti ini tidak sepenuhnya benar. Bahkan, terdapat beberapa kasus ketika membeli saham yang harganya menurun, malah harganya naik kembali atau lebih tinggi dari perkiraan. Cara investasi menggunakan metode ini bisa memperoleh keuntungan yang besar. Tentu, hal ini membutuhkan perkiraan yang tepat. Perhatikan beberapa aspek lainnya, jangan sampai salah membeli saham meski harganya turun.

Pilih Investasi Dalam Jangka Panjang

Cara berikutnya adalah memilih investasi saham dalam jangka panjang karena lebih aman dan menguntungkan. Jenis investasi ini juga memiliki risiko yang rendah, sehingga meminimalisir hal-hal yang dapat terjadi. Namun, pastikan pula memilih perusahaan yang tepat. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi jual beli saham yang dapat dipantau setiap harinya.

Cara berinvestasi di pasar modal seperti ini bisa dilakukan pemula, tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *