7 Cara Investasi Pasar Modal, Panen Cuan di Masa Depan

7 Cara Investasi Pasar Modal, Panen Cuan di Masa Depan

Trend investasi online cukup viral belakangan ini, sudah banyak platform dan aplikasi jual beli saham yang terus bermunculan. Bahkan sudah banyak kaum milenial sekarang yang terjun di dunia trading, dan investasi.

Investasi pasar modal adalah tempat berinvestasi atau bertemunya investor dan emiten (badan usaha). Investasi pasar modal merupakan investasi jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal jangka waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu tahun.

Mempunyai investasi trading sukses tentu saja merupakan impian sebagian besar orang. Berinvestasi bisa dilakukan oleh siapa saja, anggapan bahwa investasi hanya untuk orang kaya tidaklah berlaku, bahkan sekarang kamu sudah bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp. 10.000 saja.

Saat ini kamu bisa menemukan banyak aplikasi untuk beli saham secara online, namun kamu juga perlu berhati-hati untuk berinvestasi karena saat ini banyak beredar broker atau perantara yang tidak dalam pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Cara Berinvestasi Di Pasar Modal Online

  1. Mendownload Aplikasi Jual Beli Saham Online Terbaik

Sekarang cukup banyak bermunculan aplikasi investasi. Sebelum mendownload pastikan kamu sudah mengetahui dan membaca terlebih dahulu deskripsi atau penjelasan, dan testimoni mengenai aplikasi tersebut, pilihlah aplikasi untuk berinvestasi yang sudah terdaftar pada OJK atau aplikasi investasi yang sudah legal.

  1. Daftarkan Diri

Setelah berhasil mengunduh aplikasi langkah selanjutnya juga cukup mudah, kamu tinggal mengisi daftar diri yang sudah disediakan. Pastikan kamu mengisinya dengan data yang benar sesuai dengan kartu identitas yang kamu punya.

Biasanya kamu akan disuruh untuk memasukan data diri, kondisi keuangan, rekening bank, isilah data diri seakurat mungkin untuk mempermudah kamu berinvestasi kedepannya.

  1. Deposit Awal

Setelah selesai melakukan semua registrasi dan akun kamu sudah jadi, selanjutnya kamu bisa mengisi atau menyetorkan dana deposit awal. Isi sesuai keinginan kamu pastikan kamu mengisi paling tidak sebesar minimal dana deposit awal yang telah ditetapkan oleh aplikasi atau platform tersebut.

  1. Pilih Pasar Modal
TRENDING :  5 Aplikasi Main Saham Terbaik dan Terpercaya

Dalam pasar modal kamu akan bertemu dengan banyak jenis dari pasar modal itu sendiri, seperti investasi reksadana, obligasi, saham, dan investasi lainnya. Ada beberapa aplikasi yang sudah menyediakan manajer investasi secara otomatis, jadi kamu akan dituntut untuk mengambil pasar modal secara otomatis sesuai dengan analisis kebutuhan kamu melalui daftar diri yang telah kamu daftarkan dan jumlah deposit kamu.

  1. Menganalisis Pasar Modal

Menganalisis pasar modal bukanlah hal yang cukup sulit, sebelum membeli kamu bisa melihat grafik pasar modal pada sebuah emiten yang sudah disediakan, pada dasarnya pasar modal adalah membeli dengan harga rendah dan menjual di harga tinggi.

Bagi kalian yang masih baru atau pemula, kalian bisa menggunakan fitur stock screener yang sudah disediakan oleh platform. Alangkah lebih baiknya jika kamu membaca atau memahami tentang investasi pasar  modal terlebih dahulu, untuk membantu pemahaman kamu.

  1. Transaksi beli saham

Jika kamu sudah mendapatkan emiten atau badan usaha yang cocok kamu bisa langsung membelinya. Pada setiap emiten memiliki minimal pembelian masing-masing pastikan kamu bijak dalam membeli saham.

  1. Lakukan Pengecekan

Sesudah membeli saham sesekali sebaiknya kamu melakukan pengecekan terhadap perkembangan saham, dan melakukan analisa agar bisa menjual saham pada waktu yang tepat dan mendapatkan untung yang maksimal.

Aplikasi Jual Beli Saham Online

Bagi kamu yang bingung untuk memilih aplikasi main saham terbaik berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi investasi yang bisa kamu coba dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan alias sudah legal.

  • IPOT

Indo Premier Online Technology atau IPOT adalah ekosistem aplikasi trading yang dikelola oleh PT. Indo Premier Sekuritas, aplikasi IPOT juga termasuk dalam salah satu aplikasi main saham online yang cukup populer. Di IPOT juga sudah tersedia investasi yang cukup lengkap mulai dari reksadana, exchange traded fund (ETF), saham, dan yang lainnya, pada aplikasi IPOT juga sudah tersedia robo trading.

  • Bibit 
TRENDING :  Gampang, Ini Cara Berinvestasi di Pasar Modal Untuk Pemula

Bisa dibilang aplikasi Bibit merupakan aplikasi investasi saham yang aman untuk pemula, pada aplikasi Bibit juga sudah tersedia  banyak pilihan investasi seperti reksadana, obligasi, pasar uang, sampai saham syariah. Biaya transaksi saham di aplikasi Bibit mulai dari Rp. 10.000 saja.

Bibit juga sudah menyediakan robot trading untuk membantu kamu mencari pasar saham yang tepat dan membantu kamu untuk meminimalisir kerugian, sistem pembayaran juga cukup mudah karena Bibit juga sudah didukung oleh beberapa e-wallet.

  • Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi saham komunitas online dari PT. Sinarmas Sekuritas. disini kamu bisa melakukan aktivitas jual beli langsung, dengan keamanan yang terjamin dengan fitur Touch ID. Aplikasi ini juga menyediakan fitur simulasi trading dan virtual trading sesuai data real time bursa saham di Indonesia.

  • Mandiri Online Stock (MOST)

Aplikasi MOST ini cocok bagi pemula, namun harga yang ditawarkan juga cukup tinggi, untuk bisa berinvestasi di MOST pertama kamu harus menjadi nasabah di Mandiri Sekuritas. MOST juga menjadi salah satu broker saham terbesar yang ada di Indonesia. Fee untuk menjual saham akan dikenakan 0,28 persen untuk setiap transaksi, dan fee untuk membeli akan dikenakan sebesar 0,18 persen untuk setiap transaksi.

  • Bareksa 

Di aplikasi bareksa juga menyediakan berbagai investasi reksadana dan SBN online, aplikasi ini juga cukup simple karena semua bisa dilakukan secara online. Kamu bisa memilih lebih dari 150 produk reksadana baik konvensional hingga syariah, serta tersedia lebih dari 50 manajer investasi yang siap membantu kamu untuk berinvestasi.

Kelebihan Investasi Pasar Modal Online

  • Banyak Pilihan

Pada investasi pasar modal kamu bisa menemui banyak jenis pilihan untuk berinvestasi seperti pada reksadana, saham, obligasi, ETF, dan investasi lainnya. Kamu juga bisa memilih investasi yang mempunyai kadar risiko yang rendah seperti reksadana.

  • Diawasi OJK
TRENDING :  5 Aplikasi Main Saham Terbaik dan Terpercaya

Pada pasar modal emiten yang terdaftar dibawah pengawasan langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Sehingga kamu bisa dengan tenang dan aman untuk berinvestasi.

  • Mudah Untuk diprediksi

Kamu bisa menganalisis dengan cukup mudah  bahkan bagi para pemula yang belum terlalu paham, kamu bisa menggunakan manajer trading atau investasi. Jangan lupa untuk tetap mempelajari beberapa teknik analisis seperti analisa fundamental, risk management, analisa teknikal, dan teknik analaisa yang lain.

  • Fleksibel

Berinvestasi di pasar modal cukup fleksibel, kamu bisa membeli maupun menjual aset kapan saja dengan aman, juga dengan berbagai pilihan investasi kamu cukup bebas berinvestasi, serta kemudahaan transaksi yang ditawarkan.

Nah demikian pembahasan mengenai aplikasi jual beli saham online lengkap dengan cara buka rekening saham yang cukup mudah, serta cara berinvestasi, dan daftar aplikasi yang cocok untuk kamu juga.

Jadi tunggu apalagi ayo mulai berinvestasi mulai dari sekarang dan jangan lupa juga untuk tetap mempelajari teknik analisis, cara menanam saham di bank, dan investasi lainnya, terimakasih.

Kata Kunci

cara membeli reksadana etf-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *