Tips Simpel Memilih Saham yang Aman Untuk Pemula, Menghindari Rugi Di Awal

Saham masih menjadi instrumen investasi yang menarik bagi banyak orang. Tidak heran banyak orang mulai membeli dan bermain saham dengan tujuan investasi. Namun seperti instrumen investasi yang lainnya. Saham tidak hanya bisa memberikan keuntungan namun juga kerugian. Sebenarnya ada banyak pilihan saham yang aman untuk pemula. Namun terkadang para pemula kurang berhati-hati karena ingin mengejar keuntungan yang besar.

Para pemula bisa mengalami kerugian hanya karena hal-hal yang sederhana, loh. Karena itu berikut ini adalah tips beli saham yang aman untuk pemula dan memilih saham yang tepat agar pemula bisa menghindari dari kerugian di awal.

1. Menghitung Keuntungan dan Kerugian Di Awal

Seperti yang dituliskan sebelumnya bahwa saham bisa mendatangkan kerugian maupun keuntungan bagi pelakunya. Namun kerugian yang sangat besar dan keuntungan yang maksimal bisa didapatkan bila dilakukan perhitungan yang baik. Karena itu ketika ada tertarik dengan suatu produk saham hitunglah dulu perkiraan keuntungan dan kerugiannya sebelum benar-benar membeli saham tersebut.

2. Memilih Saham yang Sesuai Kemampuan

Saham yang aman untuk pemula tentu saja adalah saham yang sesuai dengan kemampuan ekonomi pemula. Ada banyak varian produk saham yang dijual mulai dari harga yang sangat fantastis sampai yang murah. Harga saham yang tinggi bukan berarti saham tersebut menjanjikan keuntungan yang besar. Begitupula saham yang murah belum tentu tidak terlalu menguntungkan.

Lebih baik untuk memilih saham yang sesaui dengan budget dan kemampuan yang ada saja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli saham yang berharga mahal. Atau membeli saham dalam jumlah lot banyak.

3. Membeli Saham Melalui Akses yang Terpercaya

Kemajuan teknologi memberikan manusia banyak kemudahan dalam bertransaksi tidak terkecuali dalam membeli saham. Bahkan sudah ada banyak aplikasi jual beli saham yang bisa digunakan banyak orang. Kegiatan membeli sahampun mudah dan dalam jangkauan setiap orang.

TRENDING :  Investasi Pasar Modal Adalah? Simak Jawabannya di Sini

Namun tidak semua aplikasi atau penghubung penjualan saham merupakan pihak yang dapat dipercaya. Karena itu belilah saham melalui akses yang terpercaya, khususnya para pemula belilah saham yang sudah menjadi bagian indeks LQ45 atau IDX30 saja.
Itulah tips simpel pilih saham yang aman untuk pemula, hanya sedikit dan sangat sederhana bukan? Namun masih banyak pemula yang mengabaikan hal tersebut dan akhirnya mengalami kerugian yang besar. Membeli saham bukan hanya soal menanamkan modal dan mendapatkan keuntungan kembali.

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan ketika seseorang ingin membeli saham. Tips di atas bisa menjadi panduan cara beli saham yang aman untuk pemula. Dengan begitu para pemula sangat mungkin untuk meraih keuntungan maksimal di awal. Kemudian terus meningkatkan keuntungannya pada masa yang mendatang. Selamat berinvestasi!.