Dividen Saham Adalah Bentuk Pembayaran Dividen. Simak Informasinya!

Dividen Saham Adalah Bentuk Pembayaran Dividen. Simak Informasinya!

Dividen saham adalah bentuk sebuah pembayaran saham kepada pemegang saham dan dalam bentuk saham. Hal ini bertujuan yaitu untuk bisa mempertahankan lagi tingkat modal perusahaan dan dividen seperti ini juga dapat memberikan keuntungan kepada penerimanya, sebab dapat mengurangi jumlah pajak yang nantinya harus dibayarkan. Untuk itu, jika penasaran dengan dividen saham ini dan ingin mengetahui pula tentang aplikasi main saham online terpercaya maka berikut ini bisa anda lihat ulasannya.

Apa itu Dividen Saham ?

Bagi anda yang belum mengetahui tentang dividen saham maka disini anda bisa melihatnya dengan jelas. Jadi, dividen saham adalah sebuah pembayaran dividen yang nantinya dibayarkan kepada pemegang saham dalam bentuk saham dan bukan dalam bentuk uang tunai. Selain itu, dividen saham ini juga memiliki keuntungan tersendiri, karena nantinya bisa memberikan penghargaan khususnya untuk para pemegang saham.

Tak hanya itu saja, dividen saham ini dilakukan yaitu sebagai salah satu pembagian saham kepada para pemegang saham dan ini bisa disebut juga sebagai pengganti dividen uang tunai. Oleh karena itu, jenis dividen seperti ini tentu saja dapat dibuat oleh perusahaan, terutama pada saat perusahaan ingin memberikan sebuah penghargaan kepada pihak investor.

Bagaimana Cara Kerja Dividen Saham ini?

Seperti yang anda lihat sebelumnya diatas bahwa dividen saham merupakan distribusi saham yang diberikan kepada pemegang saham yang ada dan hal ini tentu saja sebagai pengganti dividen tunai. Untuk itu, ketika dividen saham tersebut nantinya dibagikan kepada para pemegang saham maka dengan secara otomatis saham yang ada akan bisa bertambah.

Meskipun demikian, tentu saja dividen saham tidak akan mengubah kapitalisasi pasar. Mengapa bisa begitu? Karena nantinya akan dilakukan dengan menambahkan jumlah saham, yang mana akan diiringi pula dengan pengurangan nilai-nilai dari saham yang ada.

TRENDING :  Tiga Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik dan Terpercaya Saat Ini

Tak hanya itu saja, sebelum anda melakukan pembelian saham melalui aplikasi beli saham Indonesia maka anda perlu mengetahui pula bagaimana cara kerja dividen ini. Jadi, perusahaan pada umumnya akan membayar dividen secara tunai ke rekening pialang para pemegang saham. Kemudian perusahaan juga bisa menawarkan program reinvestasi dividen yakni DRIP atau Dividend Reinvestment Plan. Disini dapat memungkinkan para investor untuk melakukan investasi kembali ke dividen dalam bentuk perusahaan.

Selain itu, dewan direksi perusahaan juga harus menyetujui hal ini tepatnya untuk setiap dividen. Setelah itu, perusahaan akan mengumumkan beberapa informasi seperti kapan dan jumlah dividen yang harus dibayarkan hingga tanggal ex-dividen.

Untuk itu, penting anda ingat lagi, bahwa tanggal ex-dividen ini tentu saja sangat penting bagi investor, karena investor harus memiliki saham sesuai tanggal yang telah ditetapkan untuk tujuan menerima dividen. Namun, bagaimana jika sudah melewati tanggal ex-dividen? Tentu saja tidak bisa, karena investor tersebut sudah tidak memenuhi syarat lagi untuk menerima dividen.

Rekomendasi Aplikasi Dividen Saham Terbaik 

Bagi investor saham yang ingin bergabung ke dalam dividen saham, tentu saja keberadaan aplikasi  pembelian saham online sangat membantu sekali. Untuk itu, hanya dengan memilih satu aplikasi saja, anda sudah bisa melakukan pendaftaran serta melakukan jual-beli saham. Berikut ini ada beberapa aplikasi untuk melakukan dividen saham yang bisa anda pilih :

  1. Stockbit

Aplikasi yang pertama ini yaitu Stockbit dan menjadi forum yang sangat bermanfaat bagi investor, karena disini para investor nantinya bisa saling bertukar informasi tentang rekomendasi saham dan emiten. Tak hanya itu saja, ada kelebihan tersendiri yang ditawarkan oleh aplikasi untuk menanam saham ini yaitu seperti :

  • Bisa melakukan online trading saham.
  • Tersedia fitur belajar saham dana forum diskusi mengenai saham.
  • Tersedia pula chart saham hingga technical indicator.
  • Menyediakan data fundamental.
  1. IPOT
TRENDING :  Gampang, Ini Cara Berinvestasi di Pasar Modal Untuk Pemula

Berikutnya ada juga aplikasi saham terbaik yaitu IPOT atau Indo Premier Online Technology. Untuk aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi saham yang kini terbilang sangat populer di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk itu, pada aplikasi beli saham ojk dari IPOT ini juga memiliki kelebihan tersendiri, seperti :

  • Pendaftaran akun IPOT dapat dilakukan secara online dan tanpa harus tatap muka.
  • Tersedia berbagai fitur sehingga memudahkan investor melakukan transaksi saham.
  • Tidak adanya minimum deposit pada saat membuka akun saham.
  • Tersedianya charting stock & fund secara lengkap.

Untuk fee jual saham disini sebesar 0,29% per transaksi, sedangkan untuk fee beli saham sebesar 01,9% per transaksi.

  1. RTI Business

Cara buka saham online pada dasarnya bukan suatu hal yang sulit. Namun, yang paling sulit yaitu memilih aplikasi saham terbaik. Untuk itu, bagi pemula terutama bagi perusahaan yang ingin melakukan dividen saham maka RTI Business juga bisa menjadi pilihan anda. Sebab aplikasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi yang sangat membantu sekali para investor saham terutama dalam merancang strategi jual-beli saham.

Menariknya lagi, aplikasi jual beli saham terpercaya ini juga menawarkan fitur IDX virtual online trading sehingga bagi anda yang ingin mengetahui terlebih dahulu tentang seluk beluk trading saham maka anda bisa memanfaatkan fitur tersebut. Selain itu, RTI Business ini juga menampilkan beberapa fitur dan informasi lainnya seperti data keuangan, charts, IHSG hingga kurs.

  1. MOST Mandiri

MOST merupakan aplikasi trading saham yang memang disediakan oleh Mandiri Sekuritas dan aplikasi ini juga termasuk ke dalam salah satu broker saham terbaik dan terbesar di Indonesia. Selain itu, aplikasi jual beli saham terbaik ini menawarkan fee  jual saham sebesar 0,28% per transaksi dan untuk fee jual saham sebesar 0,18% per transaksi.

TRENDING :  3 Tips Simpel Tapi Penting Investasi Trading Sukses, Pemula Wajib Tahu!

Kelebihan yang ditawarkan dari MOST Mandiri ini antara lain :

  • Pendaftaran untuk membuka akun dapat anda lakukan secara online.
  • Akses penuh ke riset harian terutama dari para analis handal Mandiri Sekuritas.
  • Tersedia pula pelatihan tatap muka dan online bagi para investor saham.
  1. Nasdaq

Nasdaq merupakan salah satu pasar saham elektronik pertama dan tertua di dunia serta kini menjadi bursa saham terbesar di Amerika Serikat. Nasdaq ini tidak memiliki lokasi yang menjadi lantai bursa ataupun pusat perdagangan. Jadi, bursa saham dari Nasdaq ini akan menggunakan sistem perdagangan secara otomatis, multiple dealer trading sistem, pasar terbuka hingga banyak pula pelaku pasar bersaing yang nantinya menangani transaksi masing-masing saham individual.

Selain itu, jika berbicara mengenai bagaimana cara beli saham Nasdaq? Tentu ada beberapa hal yang harus diketahui, pertama anda bisa melakukan pendaftaran dan membuka rekening di Nasdaq. Lalu setor dana dan beli saham sesuai dengan keinginan anda.

Terlepas dari itu semua, penting untuk anda ketahui pula bahwa aplikasi beli saham terbaik seperti Nasdaq juga menawarkan fee jual dan beli saham. Untuk itu, mengenai hal ini harus anda ketahui dengan baik sebelum anda melakukan investasi atau dividen saham.

Jadi, dividen saham adalah pembayaran dividen yang nantinya akan dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk saham tambahan dan bukan dalam bentuk pembayaran tunai. Untuk itu, semoga informasi seperti diatas bisa bermanfaat buat anda terutama bagi para investor saham atau dividen saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.