Cara Buka Saham Online yang Harus Anda Ketahui

Investasi saham sangat diminati untuk saat ini, karena memiliki kemudahan dan imbal hasil yang besar dalam kurun waktu yang relatif singkat. Hal ini tergantung pada kinerja perusahaan yang akan anda investasikan. Seiring perkembangan teknologi, anda tidak perlu bingung lagi karena telah banyak penyedia jual beli saham online. Buat anda yang ingin berinvestasi saham, anda tidak perlu bingung dengan cara buka saham online, karena prosesnya sudah memberikan banyak kemudahan untuk para pengguna saham online. Berikut pembahasan seputar saham online.

Salah satu hal yang perlu anda persiapkan untuk membuka rekening saham, berikut 4 langkah yang harus anda lakukan.

  1. Dokumen pribadi

Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah adalah beberapa dokumen pribadi seperti foto copy kartu identitas diri, seperti kartu tanda penduduk, atau paspor untuk warga negara asing beserta foto copy nomor peserta wajib pajak NPWP. Bagi anda yang belum mempunyai kartu pajak dapat melampirkan NPWP orang tua atau suami maupun istri. Hal lainnya adalah siapkan fotocopy cover buku tabungan dengan melampirkan materai 6.000 minimal dua buah.

  1. Memiliki sekuritas

Langkah selanjutnya adalah menentukan perusahaan sekuritas atau perusahaan yang telah diawasi oleh otoritas jasa keuangan atau OJK untuk kegiatan perdagangan.

  1. Mengisi formulir perusahaan sekuritas

Formulir ini ada dua jenis yaitu, rekening untuk transaksi jual dan transaksi beli yang diterima maupun yang dibayar secara tunai pada tempo waktu yang sudah ditentukan. Untuk mem cara buka saham online dengan rekening saham saat ini sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi tanpa dokumen fisik.

  1. Deposit awal

Dengan menyetor deposit awal, masing-masing perusahaan sudah mempunyai syarat yang bermacam-macam pula. Setoran awal biasanya akan masuk ke RDI milik investor yang anda akan investasikan.

TRENDING :  Tips Simpel Memilih Saham yang Aman Untuk Pemula, Menghindari Rugi Di Awal

Trading Saham Online

Bagi kamu yang sudah sering di dunia investasi terutama saham, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah trading. Istilah ini dipakai untuk kegiatan dengan selisih harga beli dan harga jual di dunia pasar modal. Perbedaan trading saham dengan investasi saham adalah di waktu, dimana jika investasi saham, investor cenderung menahannya dalam waktu yang lama. Proses ini diharapkan akan mendapat keuntungan dari pembagian dividen.

Dividen saham adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham yang didasarkan pada banyaknya jumlah saham yang anda miliki. Pembagian ini pula yang akan kas dan laba yang tersedia bagi sebuah perusahaan yang kita investasikan. Tujuan dari pembagian ini sendiri adalah memberikan kepuasan pada investor yang sudah membeli saham perusahaan tersebut.

Perusahaan yang menjadi pembagi dividen ini adalah yang telah memiliki return of equity atau ROE dalam jumlah yang besar. Namun jika dividen sedang dalam proses penahanan oleh perusahaan, biasanya akan digunakan untuk mengembangkan usaha atau melunasi hutang piutang perusahaan tersebut.

Demikianlah pembahasan kita seputar cara buka saham online beserta data yang anda perlukan. Untuk anda yang sedang tertarik untuk berinvestasi, informasi ini dapat anda gunakan. Beberapa istilah dalam dunia investasi juga dapat menjadi referensi yang berguna untuk anda.