Review Mullvad VPN

Review Mullvad VPN

VPN mencegah lalu lintas website Kamu supaya tidak diintip, mempersulit mata- mata serta pengiklan buat melacak Kamu secara online. Sejauh ini bagus. Masalahnya yakni bahwa dunia VPN membingungkan serta kacau, dipenuhi dengan klaim muluk dan praktik curang.

Namun Mullvad VPN berbeda. Ini sangat fokus buat menawarkan perlindungan VPN yang nyaman serta terjangkau dari perusahaan yang sangat transparan. Kamu tidak akan mendapatkan peningkatan penjualan, variasi server yang besar, ataupun antarmuka yang luar biasa, tetapi Kamu bakal mendapatkan privasi online yang lebih bagus dengan sedikit uang. Faktanya, Mullvad merupakan VPN pemenang Pilihan Editor kami yang paling terjangkau.

KELEBIHAN

  • Tidak memerlukan email atau informasi akun
  • Sangat terjangkau
  • Sangat transparan
  • Beberapa fitur lanjutan, seperti koneksi multihop

KEKURANGAN

  • Antarmuka desktop yang canggung
  • Server di sejumlah kecil negara
  • Sistem nomor rekening dapat membingungkan beberapa pelanggan

SPESIFIKASI MULLVAD VPN

  • Blokir Iklan : Tidak
  • Versi gratis : Tidak
  • Koneksi VPN Simultan : 5
  • 500+ Server : Ya
  • Lokasi Server : 38 Negara
  • Server yang Beragam Secara Geografis : Tidak
  • Batas Data Versi Gratis : Tidak Ada Versi Gratis

Berapa Biaya Mullvad VPN?

Mullvad memutuskan persaingan dengan menawarkan satu harga. Tidak terdapat tingkatan harga, tidak terdapat peningkatan penjualan tambahan, serta tidak ada versi gratis. Hanya terdapat satu harga: 5EU per bulan, yang pada saat penulisan ini kurang lebih$5, 72. Kamu bisa membayar akun Mullvad Kamu dengan kartu kredit utama, PayPal, Swish, dan—dengan diskon 10%—bitcoin.

Mullvad juga membolehkan Kamu membayar melalui transfer bank ataupun uang tunai yang dikirim langsung ke kantor perusahaan di Swedia. Walaupun transaksi tunai bersifat anonim, perusahaan mencatat kalau memakai transfer kawat memungkinkan untuk melacak akun Mullvad VPN Kamu secara langsung kepada Kamu. IVPN mempunyai opsi serupa, yang jarang terlihat di industri.

Biaya€5 itu jauh lebih kecil dari harga bulanan pada umumnya VPN yang sudah kita bahas, yang disaat ini berada di$10, 05 per bulan. Hanya sebagian VPN berbayar, seperti Kaspersky Secure Connection, yang lebih murah. Banyak layanan VPN yang pantas mengenakan biaya lebih dari rata- rata—dan jauh lebih mahal dari Mullvad—tetapi mereka menyeimbangkan biaya itu dengan fitur bonus serta pengalaman pengguna yang luar biasa. Pemenang Surfshark dan Pilihan Editor NordVPN, misalnya, keduanya menggunakan biaya$11, 95 per bulan, namun mereka juga menawarkan banyak alat privasi tambahan yang tidak dijumpai di Mullvad.

Mullvad sangat murah, tapi itu bukan VPN paling murah yang layak dipertimbangkan. Ada beberapa VPN gratis yang bisa Anda coba juga. Ada yang bagus tapi terbatas. Langganan gratis TunnelBear, pemenang Pilihan Editor, membatasi Anda hingga 500MB per bulan, misalnya, sementara Hotspot Shield menaikkan batas menjadi 500MB per hari. Pemenang Pilihan Editor ProtonVPN , bagaimanapun, tidak memiliki batasan data pada langganan gratisnya, dan ia juga menawarkan tingkatan berbayar yang terjangkau yang dapat mengakomodasi sebagian besar kebutuhan.

Kecuali Mullvad—yang, sebagaimana disebutkan tidak memiliki penawaran harga atau tingkatan—sebagian besar VPN menawarkan langganan jangka panjang dengan diskon besar. Mempertimbangkan semua layanan yang telah kami ulas, ini menghasilkan rata-rata $69,10 per tahun, di muka. Selama setahun, Mullvad sedikit lebih murah, sekitar $68,64—meskipun tidak menawarkan kesepakatan apa pun.

Bagaimanapun, kami menyarankan pembaca untuk menghindari langganan jangka panjang—setidaknya pada awalnya. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menggunakan langganan gratis atau jangka pendek untuk menguji layanan di lingkungan rumah Anda sebelum Anda membuat komitmen yang lebih lama.

Apa yang Anda Dapatkan Dengan Mullvad

Dengan biaya yang relatif rendah, Mullvad memungkinkan Anda menghubungkan lima perangkat secara bersamaan dengan satu akun. Itu rata-rata industri, tetapi beberapa perusahaan akhir-akhir ini mulai menawarkan opsi yang lebih menggiurkan. Avira Phantom VPN , Ghostery Midnight, IPVanish VPN , Surfshark VPN, dan Windscribe VPN semuanya tidak membatasi jumlah perangkat yang dapat Anda gunakan dalam satu waktu.

Meskipun Mullvad akan melindungi koneksi Anda dengan VPN, itu tidak menyertakan alat tambahan untuk meningkatkan privasi dan keamanan. Misalnya, NordVPN, ProtonVPN, dan VPNArea menyediakan akses mudah ke jaringan anonimisasi Tor gratis melalui server VPN mereka. Namun, Anda tidak memerlukan VPN untuk mengakses Tor.

Mullvad memang menyediakan koneksi multihop dengan mengaktifkan mode bridge di aplikasinya. Koneksi multihop berarti data Anda melewati dua server sebelum keluar ke internet, bukan hanya satu. Ini dapat digunakan untuk menghindari pemblokiran VPN dan juga untuk menambahkan lapisan keamanan ke koneksi Anda. Kami suka bahwa Mullvad menyertakan fitur ini, tetapi mengaksesnya agak membingungkan.

ProtonVPN dan layanan VPN lainnya juga menawarkan tunneling terpisah. Ini memungkinkan Anda menentukan aplikasi mana yang mengirim datanya melalui koneksi VPN dan berguna untuk mengakses layanan yang memblokir VPN—seperti bank atau Netflix Anda. Max tidak melihat fitur ini di Windows selama pengujian kami, tetapi Mullvad mengatakan fitur ini tersedia di platform lain dan akan diluncurkan lebih luas.

Beberapa perusahaan VPN, termasuk NordVPN dan TunnelBear, telah mulai menggabungkan ekstra bersama dengan alat VPN utama. Mullvad tidak memiliki aspirasi seperti itu. VPN-nya adalah satu-satunya produk. Layanan ini mengizinkan akses P2P dan BitTorrent, tetapi tidak menyediakan malware atau pemblokiran iklan di tingkat jaringan. Poin terakhir itu tidak masalah, karena kami lebih menyukai fleksibilitas pemblokir iklan yang berdiri sendiri.

TRENDING :  Bagaimana Cara Mengetahui Apakah HP Sudah diretas?

VPN adalah alat yang sangat kuat untuk meningkatkan privasi online Anda, terutama saat Anda menggunakan Wi-Fi publik. Namun, mereka tidak dapat melindungi dari setiap penyakit. Kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan antivirus lokal , membuat kata sandi yang unik dan kompleks dengan pengelola kata sandi , dan mengaktifkan otentikasi dua faktor jika memungkinkan.

Protokol VPN Apa yang Ditawarkan Mullvad?

Ada banyak cara untuk membuat koneksi VPN. OpenVPN adalah pilihan utama dalam industri VPN selama bertahun-tahun, tetapi protokol WireGuard yang lebih baru telah melihat adopsi yang lebih luas baru-baru ini. Mullvad, pada kenyataannya, adalah salah satu perusahaan pertama yang sepenuhnya menerimanya.

Seperti OpenVPN, WireGuard adalah open-source dan dapat dipilih untuk setiap potensi kerentanan. Tidak seperti OpenVPN, WireGuard menggunakan teknologi enkripsi yang lebih baru dan cenderung berdampak lebih kecil pada kecepatan internet Anda.

Server dan Lokasi Server Mullvad VPN

Mullvad memiliki server di 38 negara di seluruh dunia. Itu penawaran yang layak, tetapi jauh di bawah rata-rata 49 negara yang pernah kami lihat di antara para pesaing. Mullvad juga tidak memiliki keragaman yang sangat besar di antara penawaran servernya, dengan hanya satu negara di Amerika Selatan dan tidak ada cakupan di seluruh Afrika—benua yang sering diabaikan oleh perusahaan VPN.

Distribusi server yang besar diinginkan, karena memberi pelanggan lebih banyak pilihan untuk memalsukan lokasi mereka dan juga meningkatkan kemungkinan menemukan server VPN terdekat. ExpressVPN memimpin di antara VPN yang telah kami ulas, menawarkan server di 94 negara.

Secara total, Mullvad memiliki 762 server di seluruh dunia. Banyak perusahaan VPN lain menaungi jumlah server secara keseluruhan. NordVPN memiliki sekitar 5.500, sedangkan CyberGhost menawarkan koleksi terbesar, dengan sekitar 6.800 server. Armada yang lebih besar tidak selalu sama dengan kinerja yang lebih baik, tetapi memiliki banyak server untuk dipilih berarti lebih banyak peluang untuk menemukan yang sesuai untuk Anda.

Sebuah server perangkat keras tunggal dapat memainkan host ke banyak server virtual yang ditentukan perangkat lunak. Lokasi virtual adalah server yang dikonfigurasi untuk muncul di tempat lain selain lokasi fisiknya. Keduanya sangat berguna, tetapi kami lebih suka perusahaan mengomunikasikan dengan jelas di mana server mereka sebenarnya berada—apakah mereka virtual atau tidak. Ini bukan masalah bagi Mullvad, Seorang perwakilan perusahaan mengatakan kepada saya bahwa itu hanya menggunakan server khusus yang terletak persis di tempat yang mereka katakan.

Itu awal yang sangat baik, tetapi Mullvad melangkah lebih jauh dalam hal memberi tahu Anda tentang ke mana arah data Anda. Daftar servernya menunjukkan kepada Anda negara dan kota servernya, serta perusahaan yang mengoperasikan pusat data dan apakah Mullvad menyewakan server tersebut atau memilikinya secara langsung . Beberapa VPN dapat menandingi tingkat transparansi ini.

Privasi Anda Dengan Mullvad VPN

Saat Anda menggunakan VPN, perusahaan berpotensi memiliki akses ke semua lalu lintas web Anda. Untuk semua ulasan kami, kami berbicara dengan perusahaan dan memeriksa kebijakan privasinya untuk melihat upaya apa yang dilakukan untuk melindungi privasi pelanggan. Hasilnya adalah bahwa Mullvad VPN tampaknya tidak melakukan sesuatu yang berbahaya, meskipun penilaian yang pasti hampir tidak mungkin—seperti halnya dengan semua VPN. Jika Anda merasa tidak dapat memercayai VPN karena alasan apa pun, cari di tempat lain; ada banyak pilihan.

Lebih khusus lagi, Mullvad menangani masalah privasi yang pelik dengan transparansi radikal , memberikan contoh bagi orang lain untuk mengikuti kebijakan privasinya. Membacanya adalah pengalaman yang luar biasa dan mendidik. Kelemahannya adalah Anda harus melewati banyak informasi yang sangat teknis. Perusahaan melakukan pekerjaan yang mengagumkan dalam menyampaikan semuanya dalam bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti, tetapi singkatnya bukanlah hal yang tepat. Sepanjang, Mullvad tegas bahwa itu tidak mencatat lalu lintas pengguna, permintaan DNS, segala jenis stempel waktu koneksi, alamat IP, atau penggunaan bandwidth. Itu semua sangat bagus, dan ini mengalahkan sebagian besar kompetisi dalam hal sedikitnya informasi yang dikumpulkan atau disimpan.

Mullvad juga sangat jelas tentang praktik bisnisnya . Seperti IVPN, perusahaan tidak membayar untuk ulasan atau mendukung mitra afiliasi. Ketika kami bertanya apakah Mullvad memiliki pendapatan dari sumber di luar langganan VPN, jawabannya adalah “Tidak”. Mullvad diatur di bawah perusahaan induk Amagicom AB, dan berbasis di Gothenburg, Swedia, dan beroperasi di bawah hukum Swedia. Memahami undang-undang apa yang berlaku untuk penyedia VPN Anda berguna untuk memahami bagaimana data Anda dilindungi. Mullvad jauh melampaui orang lain dengan menawarkan daftar ekstensif undang-undang yang berlaku untuk perusahaan .

Perusahaan mengatakan bahwa sementara itu akan mematuhi permintaan hukum untuk informasi oleh penegak hukum, itu hanya akan melakukannya setelah menyelidiki klaim tersebut. Mullvad juga menunjukkan bahwa sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh. Mullvad bahkan berkomitmen untuk ” mematikan layanan ” jika diperlukan secara hukum untuk memata-matai penggunanya. Kami belum pernah melihat perusahaan lain membuat komitmen yang sama.

TRENDING :  Mengenal Aplikasi Jual Beli Saham yang Lagi Kekinian

Yang mengatakan, Mullvad tidak menyusun laporan transparansi interaksinya dengan penegak hukum, juga tidak mempertahankan surat perintah . Perwakilan Mullvad mengatakan kepada saya bahwa mereka merasa laporan ini tidak berguna karena tidak dapat divalidasi. Kami tidak dapat tidak setuju dengan itu, dan upaya transparansi perusahaan yang ekstensif menutupi kekurangan tersebut.

Banyak perusahaan VPN telah menugaskan audit pihak ketiga untuk membangun kepercayaan mereka. Secara umum, ini merupakan perkembangan yang baik untuk industri, meskipun tidak semua audit sama . Mullvad terakhir diaudit pada tahun 2018 oleh Cure53, yang berfokus pada pengujian penetrasi aplikasi Mullvad ( tautan PDF ). Itu menjalani audit lain oleh Cure53 pada tahun 2020 mengevaluasi infrastruktur perusahaan . Ini luar biasa, dan Mullvad telah berkomitmen untuk audit tahunan, sebuah janji yang juga dibuat oleh TunnelBear .

Mozilla telah memilih Mullvad VPN untuk menyediakan dukungan backend bagi VPN Mozilla, sebuah mosi percaya bagi Mullvad.

Hands On Dengan Mullvad VPN untuk Windows

Mullvad menawarkan aplikasi untuk Linux, macOS, dan Windows, dengan instruksi tentang cara mengonfigurasi perangkat lain untuk menggunakan layanan VPN. Max menguji Mullvad pada desktop Intel NUC Kit NUC8i7BEH (Bean Canyon) yang menjalankan versi terbaru Windows 10 dan tidak mengalami masalah saat memasang aplikasi.

Membuat akun dan masuk adalah cerita yang berbeda. Mullvad menghindari nama pengguna dan kata sandi dan sebaliknya hanya mengeluarkan satu pengenal: nomor akun yang sangat panjang. Ini jauh lebih sederhana daripada kata sandi dan nama pengguna tetapi tidak dikenal, dan prosesnya bisa membingungkan jika Anda tidak mengharapkannya. IVPN menggunakan sistem serupa.

Di situs webnya, Mullvad mendukung manfaat privasi dari sistem ini: “Kami tidak meminta email, nomor telepon, informasi pribadi apa pun.” Kami pikir ini mungkin membuat pemulihan akun menjadi tidak mungkin, tetapi kami terkejut menemukan Mullvad memiliki berbagai cara untuk mendapatkan kembali akun Anda . Sebagian besar sensitif terhadap waktu, dan banyak yang lebih terlibat daripada pemulihan kata sandi sederhana. Ini bisa menjadi masalah bagi siapa pun yang gugup tentang teknologi. TunnelBear adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk pemula keamanan.

Situs web Mullvad membuat Max terkesan dengan grafiknya yang bersih, yang sedikit bergaya kartun. Mereka lebih menyenangkan daripada NordVPN, tetapi tidak semanis TunnelBear. Max mengharapkan aplikasi akan menawarkan pengalaman serupa tetapi kecewa.

Tombol besar dan teks aplikasi akan bagus di ponsel, yang memiliki layar kecil yang berjarak cukup jauh dari wajah Anda, tetapi ini adalah aplikasi desktop. Lebih buruk lagi, aplikasi dibaut ke sudut bawah layar. Hasilnya adalah pengalaman yang sempit dan hampir sesak. Seolah-olah Anda sedang melihat aplikasi melalui lubang mouse di alas tiang, dan Anda harus memanipulasinya dengan tongkat panjang. Desain yang koheren di seluruh platform adalah hal yang hebat untuk diperjuangkan, tetapi aplikasi ini membutuhkan ruang untuk bernafas.

Saat Anda meluncurkan aplikasi, itu langsung terhubung. Max memiliki perasaan campur aduk tentang ini. Di satu sisi, ini adalah pengalaman tanpa gesekan. Di sisi lain, mungkin tidak jelas bagi pengguna bahwa aplikasi melakukan apa pun, karena mereka belum mengklik apa pun. Juga, aplikasi terhubung ke server di Swedia secara default, yang agak membingungkan. Anda dapat menonaktifkan perilaku ini di pengaturan. Salah satu alat yang berguna adalah tombol Segarkan yang memungkinkan Anda mengatur ulang koneksi jika ada yang tidak berfungsi dengan benar.

Anda mengklik tombol Ganti Lokasi untuk menemukan server di tempat lain. Anda disajikan dengan daftar negara, yang dapat diperluas untuk menunjukkan kota, dan kota pada gilirannya terbuka untuk menampilkan server individu di area tersebut. Kami sangat menyukai tingkat kontrol yang memungkinkan.

Jika Anda menemukan diri Anda diblokir menggunakan satu server, Anda dapat melihat-lihat dan menemukan server yang berfungsi. Akan lebih baik jika aplikasi Mullvad menyertakan informasi tentang setiap server, seperti beban pengguna saat ini. Semua yang ditawarkan aplikasi sekarang adalah titik hijau (Anda dapat menggunakannya) atau titik merah (lebih baik tidak). Juga akan berguna untuk dapat memfavoritkan server tersebut sehingga Anda dapat kembali lagi nanti.

Dari menu Pengaturan aplikasi, Anda dapat mengaktifkan berbagi jaringan lokal, mengubah protokol VPN, dan mengaktifkan Kill Switch, yang memutuskan koneksi internet Anda jika VPN terputus secara tidak sengaja. Apa yang tidak akan Anda temukan adalah alat tambahan seperti split-tunneling, atau pengaturan jaringan lanjutan. Mengingat harga Mullvad yang rendah, sulit untuk menyalahkannya karena kekurangan fitur ini.

Agar VPN bermanfaat, VPN perlu menjaga agar informasi IP dan DNS Anda aman dari pengintaian. Menggunakan Alat Uji Kebocoran DNS , Max mengonfirmasi bahwa Mullvad tidak membocorkan permintaan DNS dan mengubah alamat IP publik. Perhatikan bahwa dia hanya menguji satu server di armada Mullvad. Lainnya mungkin salah dikonfigurasi.

Sayangnya, Mullvad VPN memiliki beberapa masalah saat bekerja dengan Netflix. Dalam pengujian, Max menemukan bahwa meskipun Netflix tidak diblokir saat dia terhubung ke server lokal AS, dia hanya dapat melihat konten Netflix Originals. Namun, ini mungkin tidak bertahan lama. kami telah menemukan bahwa VPN yang berfungsi hari ini mungkin tidak berfungsi besok, dan sebaliknya. Kesan-nya adalah bahwa Mullvad jauh lebih peduli dengan penyediaan layanan VPN yang aman dan terjangkau daripada layanan yang memungkinkan Anda menonton, katakanlah, BBC secara gratis. Bagi sebagian orang, itu baik-baik saja, tetapi jika mengakses konten yang dikunci wilayah adalah tujuan Anda, Mullvad mungkin bukan pilihan terbaik.

TRENDING :  Apa Itu Web 3.0 dan Bagaimana Dia Membantu Kita?

Kecepatan dan Performa

VPN membuat lalu lintas internet Anda melewati lebih banyak rintangan, yang hampir selalu berarti peningkatan kinerja. Untuk mencoba dan merasakan dampak itu, kami menggunakan alat uji kecepatan Ookla untuk menemukan persentase perubahan dengan dan tanpa VPN. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang pengujian kami di Bagaimana Kami Menguji VPN .

Tahun ini, Mullvad tampil sangat baik. Ini mengurangi hasil tes kecepatan unduh hanya sebesar 19%—hasil yang luar biasa. Ini mengurangi hasil tes kecepatan unggah sebesar 47%, dan meningkatkan latensi sebesar 33,3%. Kami mengonfigurasi Mullvad VPN untuk menggunakan WireGuard untuk pengujian kecepatan kami.

Di masa lalu, kami menguji banyak produk VPN secara bersamaan untuk menentukan VPN tercepat. Tahun ini kami menggunakan model pengujian bergulir, yang memberikan hasil yang lebih segar. Ini juga merupakan pengakuan atas terbatasnya akses kami ke PCMag Labs karena epidemi COVID-19 . Ya, kita semua bekerja dari rumah hampir sepanjang waktu, sekarang juga. Bagan di bawah ini menunjukkan hasil tes kecepatan terbaru.

Hands On Dengan Mullvad VPN untuk iPhone

VPN iPhone Mullvad memiliki antarmuka biru tua dan header merah cerah yang berubah menjadi hijau saat VPN aktif, sehingga memudahkan Anda mengetahui kapan VPN melindungi privasi Anda. Saat Anda membuka aplikasi untuk pertama kalinya, ia memeriksa untuk memastikan Anda ingin tetap anonim dan menyatakan komitmennya terhadap privasi Anda.

Selanjutnya, Anda memilih lokasi server VPN Anda. Namun, tidak seperti layanan versi desktop Windows, versi iPhone tidak mengizinkan Anda memilih server individual, atau bahkan kota. Anda baru saja mendapatkan daftar negara, dan aplikasi memilih kota dan server untuk Anda.

Setelah Anda mengaktifkannya dan menjalankannya, aplikasi iPhone Mullvad VPN sangat mudah dan mudah digunakan, dan kami tidak menemukan penjelajahan yang terasa lebih lambat. Kami juga mengonfirmasi bahwa permintaan DNS kami tidak bocor dengan Alat Uji Kebocoran DNS. Namun, perhatikan bahwa ia memiliki menu Pengaturan yang sangat terbatas. Anda dapat mengakses informasi akun dan kunci WireGuard Anda, tetapi tidak memiliki Kill Switch, split-tunneling, atau pengaturan jaringan lanjutan apa pun. Namun, ini berfungsi dengan baik sebagai opsi VPN saat bepergian.

Hands On Dengan Mullvad VPN untuk Mac

Kami menguji VPN macOS Mullvad menggunakan MacBook Air (M1, 2020) yang menjalankan Big Sur versi 11.2.2. Aplikasi ini tidak tersedia di Apple Appstore, tetapi Anda dapat mengunduhnya dari situs Mullvad sendiri. Setelah kami masuk dengan Nomor Akun, aplikasi menampilkan server VPN terakhir dari pengujian iOS kami sebagai opsi utama, menyarankannya menyinkronkan informasi pengguna di seluruh platform.

Aplikasi macOS Mullvad sangat mudah digunakan. Anda masuk, pilih lokasi, lalu klik tombol hijau besar. Anda memiliki banyak pilihan dalam hal lokasi server, karena aplikasi ini memungkinkan Anda memilih negara, kota, dan server tertentu melalui serangkaian menu. Aplikasi itu sendiri cukup kecil. Aplikasi ini memiliki pengaturan untuk protokol VPN, mode Bridge, dan menampilkan kunci WireGuard Anda.

Saat kami menguji aplikasi macOS untuk kebocoran DNS, itu tidak membocorkan informasi DNS. Itu juga memiliki sedikit dampak kinerja dalam penggunaan normal. Bahkan saat menggunakan server VPN yang berlokasi di Madrid, Spanyol, kami tidak kesulitan menonton video YouTube tanpa jeda atau gangguan. Kami bahkan menonton beberapa video BTS di Weverse untuk ukuran yang baik tanpa mengalami perlambatan atau gangguan streaming.

Hands On Dengan Mullvad VPN untuk Android

Aplikasi VPN Android Mullvad cukup mendasar dari segi desain, terutama dibandingkan dengan peta animasi TunnelBear yang rumit dan lucu, atau grafik lalu lintas waktu nyata ProtonVPN. Ini adalah aplikasi luar biasa untuk orang yang ingin menggunakan VPN tanpa membaca banyak jargon teknis atau melihat grafik yang rumit. Kami menguji aplikasi pada model Samsung A71 5G, menjalankan Android versi 10.

Aplikasi Mullvad VPN Android memiliki menu Pengaturan terbatas, tetapi memiliki satu fitur yang hilang dari versi iPhone: split-tunneling. Seperti fitur “SplitBear” TunnelBear, Anda dapat memilih aplikasi untuk keluar dari terowongan VPN. Tidak seperti aplikasi versi iPhone, versi Android memungkinkan Anda memilih negara, kota, dan server individu yang ingin Anda gunakan.

Menggunakan DNSLeakTest.com, kami menentukan alamat IP asli kami disembunyikan, dan informasi DNS kami tidak bocor. Perhatikan bahwa kami hanya melakukan pengujian ini pada satu server yang berlokasi di Republik Ceko; mungkin ada kebocoran dengan server VPN Mullvad lainnya.

Kami tidak kesulitan mengakses YouTube dan menonton video saat terhubung ke server Mullvad yang berbasis di Praha. Aliran Twitch membutuhkan waktu beberapa detik untuk dimuat, tetapi kami tidak mengalami kelambatan atau masalah konektivitas lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.