Mak Comblang Digital, 6 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik 2022

Tinder merupakan salah satu aplikasi terpopuler di dunia sekaligus aplikasi dating atau cari jodoh paling dikenal. Kesederhanaan menjadi salah satu hal yang membuat Tinder banyak digunakan. Namun, tidak sulit untuk merasa bosan dengan Tinder.

Umumnya, pengguna bosan karena pilihan “calon pasangan” yang itu-itu saja atau tidak adanya “match” atau kecocokan. Untungnya di luar sana ada banyak alternatif aplikasi cari jodoh serupa Tinder yang tak kalah menarik. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Bumble

play.google.com

Bumble diciptakan oleh mantan karyawan Tinder dan dibuat dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan gender dalam aplikasi cari jodoh. Bumble secara garis besar sama seperti Tinder, tetapi dengan keunikan dalam kecocokan heteroseksual, perempuan menjadi yang pertama yang melakukan pergerakan atau mengirim pesan dan laki-laki punya waktu 24 jam untuk merespons sebelum kecocokan itu dihilangkan.

Selain berinteraksi via chat, Bumble juga menyediakan opsi untuk bercakap-cakap via panggilan suara atau video.

2. Hinge

play.google.com

Hinge tampil berbeda dibanding yang lainnya karena menggambarkan dirinya sebagai “aplikasi cari jodoh yang dirancang untuk dihapus”. Ketika pertama kali digunakan, Hinge akan meminta pengguna untuk mengisi profil terperinci tentang diri pengguna.

Selain foto, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan menarik yang disediakan juga sangat penting untuk membuat profil pengguna makin menarik. Alih-alih hal keseluruhan, kecocokan di Hinge dapat terpicu ketika pengguna menyukai bagian tertentu dari profil seseorang.

3. OkCupid

play.google.com

OkCupid mengalami cukup banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir dan algoritma barunya kini membuatnya jadi salah satu aplikasi cari jodoh terbaik. Tidak hanya algoritma anyar, OkCupid kini juga memiliki desain yang lebih menarik di samping menawarkan lebih banyak opsi terhubung dengan calon pasangan potensial.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Ikon Wi-Fi yang Hilang di Taskbar Windows 10

OkCupid membantu pengguna menemukan tambatan hatinya berdasarkan minat yang sama (seperti hobi atau hewan peliharaan misalnya) dan jawaban atas beragam pertanyaan yang diberikan.

4. Badoo

play.google.com

Badoo tak jauh berbeda dengan Tinder, tetapi menawarkan filter sehingga proses mencari calon pasangan bisa lebih terperinci dan sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, ada pula fitur verifikasi untuk memastikan jika orang yang cocok merupakan orang asli dan pengguna juga bisa melakukan interaksi via panggilan video, di samping perpesanan teks.

Salah satu fitur terbaik Badoo yang jarang ditemukan di aplikasi cari jodoh lain adalah dukungan untuk secara otomatis memberi sensor terhadap konten eksplisit yang dikirim via chat.

5. Happn

play.google.com

Happn menarik dan cukup keren karena aplikasi cari jodoh yang satu ini akan menampilkan profil dari pengguna lain yang kebetulan atau tidak sengaja berpapasan di jalan atau di tempat umum.

Dari situ, pengguna bisa melihat profil pengguna lain secara jelas dan mengetahui secara kasar di area mana “papasan” itu terjadi. Jika ternyata sama-sama suka, Happn akan memberi notifikasi “crush” dan dari situ, pengguna bisa mulai melakukan interaksi. Seperti halnya Tinder, Happn juga bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

6. Taaruf ID

play.google.com

Kemudian ada Taaruf ID yang merupakan aplikasi jodoh Islami yang mengusung konsep mencari pasangan seperti ajaran agama Islam.

Developer dari aplikasi cari jodoh Islam ini pun mengharuskan pengguna yang mendaftar adalah mereka yang sudah siap untuk menikah, mulai dari proses taaruf, khitbah, hingga akad.

Sama seperti aplikasi lainnya, Taaruf ID akan merekomendasikan calon pasangan aktif dengan lokasi terdekat. Jadi nggak perlu khawatir bertemu pasangan yang jauh lokasinya, geng.

TRENDING :  Cara Mengetahui Jika Akun Facebookmu Telah Diretas