site traffic analytics

Aplikasi Cek Bansos dan Cara Daftar Menjadi Penerima Bansos

Pemerintah beberapa hari ini akan mulai menyalurkan bantuan tunai kepada masyarakat, anggaran yang disiapkan pun tidaklah main-main dana yang disiapkan cukup besar yaitu nominalnya mencapai Rp.24,17 Triliun. Anggara tersebut dibagikan sebagian ke masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Senilai Rp.12,4 Triliun.

Bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah ini merupakan dampak dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) baru-baru ini, pemerintah mengharapkan dengan adanya bantuan ini para dapat meringankan dan membuat daya beli masyarakat tetap bisa stabil.

Ada beberapa keriteria masyarakat yang bisa mendapatkan basos ini atau kriteria masyarakan penerima manfaat (KPM), jumlanya adalah Rp.600.000.- diberikan secara tunai.

Cara pemberian bantuan basos ini dibagikan secara 2 kali pembagian, yaitu selama 3 bulan sekali sebanyak Rp.300.000.- dan sisanya dibayarkan 3 bulan selanjutnya sehingga bantuan yang didapat senilai Rp.600.000,-

Jumlah masyarakat yang akan merasakan manfaat dari bansos ini adalah sejumlah 20,6 juta masyarat. untuk mengetahui apakah anda merupakan salah satu penerima bantuan anda bisa melihatnya disini CEK NAMA PENERIMA BANTUAN

Adapun dalam proses penyalurannya pemerintah pusat mentargetkan secepatnya para penerima bantuan ini akan menrima uang tersebut, semoga dalam dua minggu ini para masyarakat sudah mulai mendapatkan Bansos Tunai ini katanya.

Selain BLT dan KPM pemerintah juga memberikan bantuan kepada para sejumlah 16 juta jiwa pekerja yang memiliki penghasilan maksimal sebesar 3,5juta Perbulan. Jumlah anggaran yang disiapkan pemerintah untuk basos pekerja ini adalah sebanyak Rp.9,6 triliun.

Syarat dan Cara Mendapakan BANSOS BBM Rp.600.000,-

  1. Masyarakat Miskin atau Masyarakat Rawan Miskin yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  2. Penerima Bansos Bukan ASN/PNS dan juga bukan anggota TNI atapun Polisi,
  3. Penerima harus merupakan masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM
  4. Masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  5. Penerima Bansos Program PKH
  6. Masyarakat/Pekerja yang memiliki upah/penghasilan dibawah Rp.35,5juta/perbulan
TRENDING :  Budidaya Pembibitan Bertujuan untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman

Untuk lebih jelasnya apakah anda termasuk kriteria penerima bantuan tersebut anda bisa cek di sini CEK NAMA PENERIMA BANSOS

Cara untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp.600.000,-

  1. Bantuan bisa diambil di Kantor Pos di wilayah tempat tinggal anda dengan membawa identitas dan bukti bahwa anda merupakan penerima Bansos terdapat di Aplikasi ini ;
  2. Bantuan bisa disalurkan melalui RT/RW kelurahan dan Kecamatan tempat tinggal anda;
  3. Bantuan diantar langsung kerumah bagi anda penerima disabilitas, Orangtua, dan warga yang pemukimannya jauh atau termasuk kedalam wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar)

Bagi yang belum terdaftar atau belum pernah sama sekali menerima bantuan Bansos dari Pemerintan Bisa Daftar Dengan Aplikasi dibawah ini, silahkan tinggal Download dan Install Aplikasinya!!!

Masyarakat bisa mendaftarkan dirinya jika selama ini belum sama sekali mendapatkan Bansos dari pemerintah melalui aplikasi Bansos, dengan ini masrayarkat juga bisa membantu pemerintah agar dana bansos ini bisa tepat sasaran, dengan aplikasi Bansos juga kamu bisa mengusulkan orang lain sebagai penerima bansos jika orang tersebut menurut anda merukapan orang yang berhak menerima Bantuan Sosial (Bansos ) dari pemerintah di sini Aplikasi Cek Bansos dan Daftar Bansos

Berikut ini cara untuk membuat akun di Apliaksi Cek Bansos

  1. Siapkan Email untuk verifikasi akun Bansos Anda dan Nomor Handphone (HP) anda yang masih aktif,
  2. Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Karna anda akan diminta untuk mengisi indentias anda di akun tersebut yang diharuskan sesuai KTP.
  3. Siapkan Kartu Keluarga (KK) Karna anda akan diminta untuk mengisi data no kartu keluarga dan status keluarga.
  4. Siapkan Foto KTP dan Foto Anda sedang memegang ktp (selfie) karna kamu akan diminta untuk Upload ke aplikasi Bansos.
  5. Setelah dokumen di upload dan seluruh data yang sudah di isi kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim melalu email yang sudah anda cantumkan.
  6. Masukan kode yang dikirim ke email ke menu verifikasi yang sudah ada diaplikasi sebagai tanda kamu telah berhasil membuat akun Aplikasi Bansos.
TRENDING :  Budidaya Belut dalam Tong: Cara Mudah dan Menguntungkan

Berikut ini link resmi Apliaksi Bansos dari pemerintah :

  • Download Aplikasi Cek Bansos :Download
  • Ukuran file : 6,3 MB
  • Versi : 1.0.7
  • Android Versi : 5.0 dan yang lebih tinggi

Atau anda bisa langsung download/ Install Aplikasinya Dibawah ini!

Download Aplikasi Cek Bansos