site traffic analytics

Contoh Grafik Saham: Apa Itu dan Bagaimana Membacanya?

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang contoh grafik saham. Apakah kamu pernah terdengar kata-kata seperti “investasi saham”? Atau mungkin kamu sedang memikirkan untuk memulainya, tapi bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu memahami tentang grafik saham, bagaimana membacanya, serta contoh-contohnya di Indonesia.

Apa itu Saham?

Saham merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia. Setiap orang bisa membeli atau menjual saham dari suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam membeli saham, seseorang akan menjadi bagian pemilik suatu perusahaan, tergantung dari jumlah saham yang dibeli.

Ketika seseorang membeli saham, maka dia akan terlibat dalam kegiatan investasi dalam pasar saham. Di pasar saham, pergerakan harga saham dari suatu perusahaan dapat dilihat pada grafik saham. Sebelum mencermati grafik saham, ada baiknya kamu memahami beberapa terminologi dasar dalam pasar saham:

Istilah-Istilah Penting dalam Saham

1. Saham: Surat berharga yang menunjukkan kepemilikan peserta atas suatu perusahaan.

2. Harga saham: Harga jual dan beli saham pada suatu waktu tertentu.

3. IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) : Indeks yang merepresentasikan pergerakan harga saham dari semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

4. Dividen: Bagian laba yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham.

5. Capital Gain: Selisih antara harga beli dan harga jual saham di pasar.

6. IPO (Initial Public Offering): Proses pertama kali saham dari suatu perusahaan dijual ke publik melalui pasar saham.

Bagaimana Membaca Grafik Saham?

Ada tiga jenis grafik saham yang sering digunakan, yaitu: line chart, bar chart, dan candlestick chart. Namun kali ini, kita hanya akan membahas tentang candlestick chart. Candlestick chart digunakan untuk memperlihatkan pergerakan harga saham pada suatu periode tertentu, seperti harian, mingguan, atau bulanan.

TRENDING :  Saham Pupuk Indonesia: Peluang Investasi Menjanjikan di Pasar Modal

Candlestick chart memiliki bagian yang disebut dengan “body” dan “shadow”. Badan (body) disebut juga dengan batang dan mewakili selisih antara harga pembukaan (open) dan harga penutupan (close). Sementara itu, shadow di atas dan bawah badan adalah bayangan yang merepresentasikan selisih antara harga tertinggi (high) dan harga terendah (low). Berikut beberapa pola candlestick yang sering muncul pada grafik saham:

Pola-Pola Candlestick

1. Bullish: membentuk badan panjang dengan shadow di bawah badan.

2. Bearish: membentuk badan panjang dengan shadow di atas badan.

3. Hammer: membentuk bayangan panjang di bawah badan.

4. Shooting star: membentuk bayangan panjang di atas badan.

Jika kamu melihat grafik saham dengan pola bullish, artinya harga saham pada periode tersebut sedang menguat. Sebaliknya, jika kamu melihat pola bearish, artinya harga saham sedang melemah.

Contoh Grafik Saham di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Beberapa perusahaan tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Berikut ini adalah contoh grafik saham dari PT Bank Mandiri Tbk selama periode tiga bulan:

Tanggal Harga Buka Harga Tertinggi Harga Terendah Harga Tutup
1/1/21 6.480 6.495 6.190 6.275
1/2/21 6.210 6.275 6.070 6.130
1/3/21 6.055 6.150 5.930 6.005

Contoh grafik saham ini menunjukkan pergerakan harga saham dari PT Bank Mandiri Tbk selama tiga bulan pertama tahun 2021. Dari grafik, terlihat bahwa harga saham sempat mengalami kenaikan pada bulan Januari, kemudian mengalami penurunan pada bulan Februari dan Maret.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa saja keuntungan berinvestasi saham?

Berinvestasi saham memberikan kesempatan pada investor untuk memperoleh keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Di samping itu, investor juga bisa memperoleh dividen dari perusahaan.

TRENDING :  Grafik Saham UNTR: Bagaimana Performa Terbaru?

Apa saja risiko yang harus diperhatikan ketika berinvestasi saham?

Investor harus memperhatikan risiko kerugian yang mungkin terjadi ketika harga saham terus turun. Selain itu, keuntungan yang dihasilkan dari investasi saham tidak tetap dan bisa berubah-ubah sesuai kondisi pasar saham.

Bagaimana cara memprediksi pergerakan harga saham di masa mendatang?

Tidak ada cara pasti untuk memprediksi pergerakan harga saham di masa mendatang. Namun, investasi saham yang baik adalah yang dilakukan dalam jangka panjang dan dilakukan dengan membaca laporan keuangan perusahaan serta kondisi ekonomi saat ini.

Apakah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mengeluarkan dividen?

Tidak semua perusahaan memiliki dividen. Dividen dihasilkan dari keuntungan perusahaan yang bersangkutan dan dapat dibagikan kepada pemegang saham.

Berapa minimal modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi saham?

Tergantung dari jumlah saham yang ingin dibeli dan harga saham perusahaan yang ingin diinvestasikan. Namun, menurut pengalaman investor, sebaiknya memulai investasi saham dengan modal minimal 5 juta rupiah.

Bagaimana cara membeli saham suatu perusahaan?

Untuk membeli saham, seorang investor harus terlebih dahulu memiliki rekening saham pada perusahaan sekuritas. Setelah memiliki rekening saham, investor bisa melakukan transaksi jual beli saham melalui perusahaan sekuritas tersebut.

Kesimpulan

Investasi saham adalah salah satu bentuk investasi yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam berinvestasi saham, penting untuk memahami tentang grafik saham dan bagaimana membacanya. Melalui grafik saham, investor bisa melakukan analisis terhadap pergerakan harga saham dari suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Tidak ada cara pasti untuk memprediksi pergerakan harga saham di masa mendatang, tapi keuntungan dari investasi saham bisa didapatkan dengan membaca laporan keuangan perusahaan serta kondisi pasar saham saat ini. Melalui artikel ini, kami berharap kamu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang contoh grafik saham dan bisa memulai investasi saham dengan lebih percaya diri.

TRENDING :  Rumus Return Saham: Cara Menghitung dan Mengoptimalkan Keuntungan Investasi di Pasar Saham