site traffic analytics
Cara Menghapus Cache Android dengan Mudah
Cara Menghapus Cache Android dengan Mudah

Cara Menghapus Cache Android dengan Mudah

Haii teman Radar! Siapa di sini yang sering merasa smartphone Android-nya melambat? Pasti kamu pernah merasakan hal tersebut bukan? Nah, salah satu penyebab utama lambatnya smartphone Android adalah cache atau file sementara yang menumpuk. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menghapus cache Android dengan mudah. Yuk simak!

Apa itu Cache Android?

Sebelum kita membahas cara menghapus cache Android, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu cache Android. Cache Android adalah file sementara yang disimpan oleh aplikasi pada perangkat Androidmu. Tujuannya adalah agar ketika kamu membuka aplikasi tersebut lagi, aplikasi tersebut akan lebih cepat terbuka karena tidak perlu memuat data dari awal.

Meskipun cache memiliki manfaat, namun seiring waktu cache tersebut akan menumpuk dan menyebabkan perangkatmu melambat. Untuk itu, perlu dilakukan penghapusan cache secara berkala.

Cara Menghapus Cache Android di Pengaturan

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghapus cache Android adalah melalui pengaturan perangkatmu. Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi
  3. Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus Cachenya
  4. Pilih Penyimpanan
  5. Pilih Hapus Cache

Jika kamu ingin menghapus cache dari semua aplikasi sekaligus, kamu juga dapat memilih “Hapus Semua Data” pada langkah ke-5. Namun perlu diingat, dengan melakukan ini semua data pada aplikasi tersebut juga akan terhapus.

Cara Menghapus Cache Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara di atas, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus cache Android. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah “Clean Master”. Berikut cara menghapus cache menggunakan aplikasi “Clean Master”:

  1. Unduh dan Install Aplikasi “Clean Master”
  2. Buka Aplikasi
  3. Pilih “Junk Files”
  4. Pilih “Scan”
  5. Pilih “Clean Up”
TRENDING :  Kelebihan dan Kekurangan Advan Tab A8 2022

Setelah selesai membersihkan cache, kamu akan melihat hasil yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menghapus file sampah atau file yang tidak berguna lainnya menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Menghapus Cache Android dengan Menggunakan Recovery Mode

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menghapus cache Android adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Namun, cara ini sedikit berbeda dan sedikit rumit. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memahami dan mengerti betul sebelum melakukan cara ini. Berikut ini caranya:

  1. Matikan Perangkatmu
  2. Tahan Tombol Volume Atas + Tombol Power
  3. Tunggu hingga Muncul Logo pada Layar
  4. Pilih “Wipe Cache Partition” atau “Wipe Dalvik Cache”
  5. Konfirmasi Pilihanmu
  6. Tunggu Hingga Proses Selesai
  7. Pilih “Reboot System Now”

Dalam proses ini, cache dari semua aplikasi akan dihapus. Namun perlu diingat, cara ini dapat menghapus data penting dan mereset pengaturan perangkatmu. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan backup sebelum melakukan cara ini.

Kapan Sebaiknya Menghapus Cache Android?

Sebaiknya kamu menghapus cache Android secara berkala, terutama ketika perangkatmu sudah terasa melambat. Selain itu, kamu juga sebaiknya menghapus cache setelah melakukan update aplikasi atau update sistem operasi Android.

Namun, perlu diingat bahwa setelah kamu menghapus cache, ketika kamu membuka aplikasi tersebut lagi, aplikasi tersebut akan memuat data dari awal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hanya menghapus cache ketika perangkatmu sudah terasa melambat dan tidak saat sedang menggunakan aplikasi yang sering kamu gunakan.

Kesimpulan

Demikianlah cara menghapus cache Android dengan mudah. Ada tiga cara yang dapat kamu lakukan, yaitu melalui pengaturan perangkatmu, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan menggunakan Recovery Mode. Pastikan kamu menghapus cache secara berkala untuk menjaga performa perangkatmu tetap optimal. Selamat mencoba!

TRENDING :  Fungsi Flashdisk: Alat Penyimpan Data yang Praktis dan Berguna