site traffic analytics
Cara Memasang M.2 SSD di PS5
Cara Memasang M.2 SSD di PS5

Cara Memasang M.2 SSD di PS5

Haii, teman Radar! Apakah kamu pengguna PS5 yang senang bermain game? Jika iya, kamu pasti ingin meningkatkan performa konsolmu dengan memasang M.2 SSD. Namun, mungkin kamu masih bingung bagaimana caranya. Tenang saja, karena dalam artikel ini kita akan membahas cara memasang M.2 SSD di PS5 secara lengkap.

Persyaratan M.2 SSD untuk PS5

Sebelum kita mulai memasang M.2 SSD di PS5, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama-tama, pastikan M.2 SSD yang kamu beli mendukung PCIe Gen4. Konsol PS5 hanya mendukung SSD dengan standar tersebut. Selain itu, kapasitas minimum SSD yang direkomendasikan adalah 250 GB, namun lebih baik jika kamu membeli SSD dengan kapasitas yang lebih besar agar dapat menampung lebih banyak game.

Cara Memasang M.2 SSD di PS5

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Kamu memerlukan obeng yang cocok untuk membuka bagian belakang PS5, M.2 SSD yang sudah dibeli, serta heatsink untuk mendinginkan SSD. Setelah semua bahan siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan PS5 dan cabut kabel daya dari stop kontak.
  2. Letakkan PS5 di atas permukaan datar dan empuk untuk menghindari goresan pada permukaannya.
  3. Buka tutup belakang PS5 dengan menggunakan obeng yang sesuai.
  4. Lepaskan heatsink yang ada di dalam PS5 dengan hati-hati.
  5. Pasang M.2 SSD yang sudah dibeli ke slot yang tersedia dengan posisi yang benar. Pastikan SSD terpasang dengan sempurna dan tidak tergoyang.
  6. Pasang heatsink pada M.2 SSD dengan memastikan heatsink terpasang dengan rapat dan tidak bergoyang.
  7. Pasang kembali tutup belakang PS5 dan kencangkan obengnya.
  8. Sambungkan kabel daya ke stop kontak dan hidupkan PS5.
TRENDING :  Cara Menonaktifkan Facebook Mode Gratis

Mengaktifkan M.2 SSD di PS5

Setelah berhasil memasang M.2 SSD di PS5, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan M.2 SSD:

  1. Hidupkan PS5 dan masuk ke menu pengaturan.
  2. Pilih opsi “Penyimpanan” dan tekan “Tambah Penyimpanan Eksternal”.
  3. PS5 akan mendeteksi M.2 SSD yang kamu pasang dan menanyakan apakah kamu ingin menggunakannya sebagai penyimpanan eksternal. Pilih “Ya”.
  4. Setelah M.2 SSD berhasil diaktifkan, kamu bisa mulai mengunduh dan memindahkan game ke SSD untuk mendapatkan waktu loading yang lebih cepat dan pengalaman bermain yang lebih lancar.

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memasang M.2 SSD di PS5

Sebelum kamu memasang M.2 SSD di PS5, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa PS5 kamu sudah memiliki pembaruan sistem terbaru yang mendukung M.2 SSD. Kedua, pastikan M.2 SSD yang kamu beli mendukung PCIe Gen4 dan kapasitas minimum 250 GB. Ketiga, pastikan SSD yang kamu beli sudah dilengkapi dengan heatsink yang sesuai agar SSD tidak overheat.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara memasang M.2 SSD di PS5. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa meningkatkan performa konsol PS5 dan mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Namun, pastikan kamu memeriksa persyaratan dan hal-hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum memasang SSD di PS5. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, teman Radar! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.