site traffic analytics

Cara Screenshot iPhone dengan Mudah

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot iPhone. Screenshot atau tangkapan layar merupakan fitur yang biasa digunakan oleh pengguna smartphone, termasuk iPhone. Dalam beberapa situasi, tangkapan layar sangat berguna untuk memperlihatkan kondisi layar di waktu tertentu atau untuk mengabadikan momen penting dalam bentuk screenshot.

Cara Screenshot iPhone dengan Tombol Bawaan

Langkah pertama dalam melakukan screenshot pada iPhone adalah menemukan tombol yang harus ditekan. Di iPhone, tombol yang harus ditekan adalah tombol power dan tombol home secara bersamaan. Caranya cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka layar aplikasi yang ingin Anda screenshot.

2. Tekan dan tahan tombol power dan tombol home secara bersamaan selama beberapa detik.

3. Layar akan berkedip secara singkat, dan suara shuter akan terdengar, ini menandakan bahwa layar telah berhasil di screenshot.

4. Untuk melihat foto tersebut, buka galeri foto di iPhone Anda.

5. Dalam galeri foto, foto tersebut akan terletak di bagian bawah album “Screenshots”.

6. Foto tangkapan layar siap digunakan atau di-share ke teman-teman Anda.

Cara Screenshot iPhone dengan AssistiveTouch

Jika tombol home atau tombol power Anda tidak berfungsi, atau Anda tidak ingin mencari tombol yang harus ditekan setiap kali melakukan screenshot, AssistiveTouch dapat menjadi solusi yang baik. AssistiveTouch adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal seperti melakukan tangkapan layar tanpa harus menekan tombol home atau tombol power secara bersamaan. Berikut adalah cara melakukan screenshot menggunakan AssistiveTouch:

1. Buka menu “Settings” pada iPhone Anda

2. Pilih “Accessibility”

3. Pilih “AssistiveTouch” dan aktifkan fitur tersebut.

TRENDING :  Kode Cek HP OPPO Touchscreen: Mengatasi Masalah Layar Sentuh dengan Mudah

4. Ketuk AssistiveTouch yang muncul pada layar Anda.

5. Pilih “Device”

6. Pilih “More”

7. Pilih “Screenshot”

8. Layar akan berkedip dan suara shuter akan terdengar yang menandakan bahwa layar telah berhasil di screenshot.

9. Foto tangkapan layar tersebut akan muncul di galeri foto dengan nama “Screenshots”

Cara Menghapus Foto Tangkapan Layar di iPhone

Setelah melakukan tangkapan layar, Anda mungkin akan ingin menghapus tangkapan layar yang Anda buat jika tidak diinginkan atau tidak terlalu penting dicadangkan. Berikut adalah cara menghapus foto tangkapan layar di iPhone:

1. Buka menu “Gallery Foto” pada iPhone Anda.

2. Cari foto tangkapan layar yang ingin Anda hapus.

3. Tekan dan tahan foto tersebut sampai menu pilihan muncul.

4. Pilih “Delete”

5. Konfirmasi bahwa Anda ingin menghapus foto tersebut dengan memilih “Delete Photo” atau batalkan dengan memilih “Cancel”

Cara Mengambil Screenshot pada iPhone tanpa Suara

Terlepas dari situasi, dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak ingin iphone Anda mengeluarkan suara pada saat melakukan tangkapan layar. Berikut adalah cara mengambil screenshot pada iPhone tanpa suara:

1. Buka menu “Settings” pada iPhone Anda.

2. Cari dan pilih “Sounds & Haptics”

3. Gulir ke bawah dan matikan suara pada pilihan “Ringer And Alerts”

4. Tanpa suara, Anda bisa dengan bebas mengambil tangkapan layar kapanpun Anda inginkan dengan cara seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Cara Membuat Screenshot Panjang di iPhone

Sometimes, you may need to take a longer screenshot which means capturing a longer image than one that completely fits on the screen. Ini sering digunakan ketika melakukan tangkapan layar pada halaman web yang cukup panjang atau pada percakapan chat. Berikut adalah cara membuat screenshot panjang di iPhone:

TRENDING :  Laptop Gaming Terbaik untuk eSports

1. Download aplikasi pihak ketiga seperti Tailor atau LongScreenshot dari App Store.

2. Buka halaman web atau percakapan chat yang ingin Anda screenshot.

3. Lakukan tangkapan layar biasa dengan menekan tombol power dan tombol home secara bersamaan.

4. Buka aplikasi Tailor atau LongScreenshot yang sudah di-download pada langkah pertama.

5. Foto tangkapan layar yang telah diambil akan terlihat di aplikasi Tailor atau LongScreenshot.

6. Pilih “Stitch” atau “Merge” dan aplikasi akan membuatkan gambar panjang dengan semua tangkapan layar yang telah diambil.

7. Foto tangkapan layar panjang siap digunakan atau di-share.

Frequently Asked Questions

1. Apa yang dimaksud dengan screenshot pada iPhone?

Screenshot pada iPhone adalah proses mengambil gambar atau menduplikat tampilan layar iPhone anda dengan menyimpannya sebagai foto.

2. Apakah cara melakukan screenshot pada setiap model iPhone sama?

Ya, untuk setiap model iPhone cara melakukan screenshot adalah sama. Namun, jika Anda menggunakan telepon dengan tombol virtual, seperti iPhone X dan seterusnya, Anda akan perlu menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar.

3. Mengapa saya tidak bisa melakukan screenshot pada iPhone saya?

Beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat melakukan screenshot pada iPhone Anda adalah karena tombol home atau tombol power Anda rusak, atau versi sistem operasi iPhone Anda tidak memungkinkan diperbolehkannya fitur screenshot. Pastikan tombol home dan tombol power berfungsi dengan baik dan gunakan sistem operasi yang tepat sebelum mencoba untuk melakukan screenshot.

4. Apakah saya bisa mengedit screenshot yang saya ambil pada iPhone?

Ya, Anda bisa mengedit screenshot yang telah diambil pada iPhone Anda. Anda dapat melakukan editing dengan aplikasi bawaan pada iPhone seperti markup atau app pihak ketiga untuk mengatur atau menambahkan efek pada tangkapan layar.

TRENDING :  Perbedaan Realme C55 NFC dan Realme 10

5. Berapa kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan tangkapan layar di iPhone?

Kapasitas penyimpanan yang diperlukan bergantung pada ukuran tangkapan layar. Setiap tangkapan layar biasanya hanya membutuhkan beberapa kilobyte, tetapi jika diambil secara berulang dan tidak dihapus dari galeri foto, dapat menghabiskan ruang penyimpanan di iPhone Anda.

Kesimpulan

Demikianlah cara melakukan screenshot pada iPhone dengan mudah. Meskipun tangkapan layar adalah salah satu fitur sederhana pada iPhone, namun tetap sangat bermanfaat bagi penggunanya. Screenshot dapat digunakan untuk testimoni pada aplikasi, media sosial, website, bahkan untuk alasan pribadi lainnya. Screenshot juga dapat dijadikan sebagai penyimpanan memorabilia, suatu cara untuk membuktikan suatu kejadian tertentu, atau dokumentasi.

Perlu diingat bahwa cara melakukan screenshot pada setiap model iPhone sama, tetapi ada beberapa alternatif yang berbeda bagi pengguna yang tidak bisa menekan tombol home atau tombol power. Anda juga dapat mengembangkan keterampilan Anda dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat screenshot yang panjang atau untuk mengedit tangkapan layar yang telah diambil.

Diharapkan artikel ini dapat membantu Anda melakukan screenshot dengan mudah pada iPhone. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!