site traffic analytics

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3 Tanpa Rumus

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus. Apakah Anda termasuk penggemar rubik, tetapi kesulitan dengan rumus yang membingungkan? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan cara mudah untuk menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus yang kompleks. Yuk, simak artikelnya secara menyeluruh!

Memahami Dasar-Dasar Rubik 3×3

Sebelum memulai langkah-langkah untuk menyelesaikan rubik 3×3, ada baiknya untuk memahami dasar-dasar rubik terlebih dahulu. Pada rubik 3×3, terdapat 6 sisi dengan warna yang berbeda, yaitu merah, biru, hijau, orange, kuning, dan putih. Setiap sisi terdiri dari 9 kotak yang dapat diputar secara horizontal atau vertikal. Cara menyelesaikan rubik adalah dengan mengembalikan setiap kotak ke sisi yang sama dengan warna yang sama.

Untuk mempermudah pemahaman, Anda bisa membuat skema atau diagram sederhana yang berisi letak kotak pada setiap sisi rubik.

Langkah Awal: Membuat Sisi Putih

Langkah pertama dalam menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus adalah membuat sisi putih terlebih dahulu. Cara yang paling mudah adalah dengan mencari kotak yang berjumlah empat yang memiliki warna putih dan membuatnya membentuk persegi. Setelah itu, Anda perlu memindahkan kotak-kotak yang bersebelahan dengan kotak sisi putih ke sisi yang tepat. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya.

Setelah sisi putih selesai dibentuk, Anda perlu membangun sisi kedua yang bersebelahan dengan sisi putih. Pilih kotak yang memiliki warna sama pada kedua sisinya dan masukkan ke sisi yang tepat. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya.

Setelah sisi kedua terbentuk, Anda perlu membentuk sisi ketiga. Pilih salah satu kotak yang memiliki tepi di sekelilingnya berwarna sama. Periksa letak kotak tersebut dan pindahkan ke sisi yang tepat. Lakukan hal yang sama hingga sisi ketiga terbentuk.

TRENDING :  Perbedaan Samsung Galaxy Z Flip4 dan Z Flip5

Setelah sisi ketiga terbentuk, langkah selanjutnya adalah membentuk sisi keempat. Pilih salah satu kotak yang memiliki diagonal di sekelilingnya berwarna sama. Periksa letak kotak tersebut dan pindahkan ke sisi yang tepat. Lakukan hal yang sama hingga sisi keempat terbentuk.

Langkah terakhir dalam membentuk sisi adalah membentuk sisi kelima. Pilih salah satu kotak yang memiliki segitiga di sekelilingnya berwarna sama. Periksa letak kotak tersebut dan pindahkan ke sisi yang tepat. Lakukan hal yang sama hingga sisi kelima terbentuk.

Langkah Berikutnya: Membuat Sisi Tengah

Setelah kelima sisi terbentuk, langkah selanjutnya adalah membentuk sisi tengah. Pilih salah satu sisi yang ingin dibentuk dan pindahkan kotak ke sisi yang tepat hingga membentuk sebuah pola. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain hingga sisi tengah terbentuk.

Langkah Terakhir: Membuat Sisi Terakhir

Langkah terakhir dalam menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus adalah membentuk sisi terakhir. Pilih salah satu sisi yang ingin dibentuk dan pindahkan kotak ke sisi yang tepat hingga semua kotak membentuk sisi yang sama. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain hingga seluruh sisi terhubung dan rubik terbentuk.

FAQ

1. Apakah langkah-langkah ini cocok untuk pemula?

Iya, langkah-langkah tersebut sangat mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun.

2. Apakah perlu menggunakan rumus dalam menyelesaikan rubik 3×3 ini?

Tidak, langkah-langkah tersebut tidak memerlukan rumus yang kompleks.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus?

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada kecepatan dan kemampuan Anda dalam memindahkan kotak dan membangun sisi rubik. Namun, dengan latihan yang cukup, Anda bisa menyelesaikan rubik 3×3 dalam waktu kurang dari 10 menit.

TRENDING :  Cara Memulihkan Akun WhatsApp yang Dinonaktifkan

4. Apa yang harus dilakukan jika menemukan kotak yang tidak sesuai saat membentuk sisi?

Anda perlu memutar kotak pada sisi lainnya dan mencari kotak yang tepat.

5. Apakah langkah-langkah tersebut bisa digunakan untuk jenis rubik yang berbeda?

Tidak, langkah-langkah tersebut hanya cocok digunakan untuk rubik 3×3.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus. Pada dasarnya, langkah-langkah tersebut hanya memerlukan kreativitas dalam memindahkan kotak dan membangun sisi rubik. Secara keseluruhan, menyelesaikan rubik 3×3 tanpa rumus merupakan sebuah tantangan menarik yang dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pemula maupun profesional. Selamat mencoba!