site traffic analytics

Cara Membuka Blokir ATM BNI Tanpa ke Bank

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membuka blokir ATM BNI tanpa harus ke bank. Tentu saja ini merupakan informasi penting bagi Anda yang mengalami masalah blokir ATM BNI dan kesulitan untuk pergi ke bank untuk mengurusnya. Blokir ATM bisa terjadi karena berbagai alasan seperti salah memasukkan PIN, kartu ATM rusak, atau bahkan lupa PIN. Untuk lebih jelasnya, silakan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Perhatikan Cara Blokir ATM

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara blokir ATM BNI. Ada dua cara yang dapat menyebabkan blokir ATM ini yaitu blokir PIN dan blokir kartu.

Blokir PIN

Blokir PIN terjadi ketika Anda salah memasukkan kode PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Ketika hal ini terjadi, maka akan ada pesan peringatan yang muncul di layar ATM. Jika Anda salah memasukkan PIN lagi sebanyak 3 kali, maka kartu akan terblokir.

Blokir Kartu

Blokir kartu terjadi ketika Anda melakukan transaksi yang tidak wajar seperti tarikan uang tunai yang besar atau penggunaan kartu di luar negeri tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke pihak bank.

2. Solusi untuk Membuka Blokir ATM BNI Tanpa ke Bank

Untuk membuka blokir ATM BNI tanpa harus ke bank, ada beberapa solusi atau cara yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuka blokir ATM BNI:

Menunggu Waktu yang Ditetapkan

Jika terjadi blokir PIN, maka Anda tidak perlu panik. Setelah beberapa jam, biasanya kartu ATM akan aktif kembali dan dapat digunakan seperti sedia kala.

Menghubungi Call Center BNI

Anda juga dapat menghubungi nomor call center BNI untuk mendapatkan bantuan dan penjelasan lebih lanjut mengenai cara membuka blokir ATM BNI. Anda bisa menghubungi nomor call center BNI di 1500046 atau +62 21 1500046 dari luar negeri.

TRENDING :  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13

Melalui Aplikasi BNI Mobile Banking

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi BNI Mobile Banking. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pastikan bahwa Anda telah mendaftar dan memiliki akun internet banking BNI. Setelah itu, silakan unduh aplikasi tersebut dari Play Store atau App Store. Setelah terpasang, buka aplikasi dan masuk menggunakan user ID dan password yang sudah didaftar. Selanjutnya, pilih menu “Kartu Blokir” atau “Kartu Terblokir” untuk membuka blokir ATM BNI.

Melalui BNI Internet Banking

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke bank, maka alternatif lainnya adalah dengan membuka blokir ATM BNI melalui BNI Internet Banking. Caranya mudah, Anda hanya perlu login ke BNI Internet Banking dan memilih menu “Kartu Terblokir”. Lalu, ikuti petunjuk yang sudah ditentukan untuk membuka blokir ATM BNI.

Mengunjungi Kantor Cabang atau ATM BNI Terdekat

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi kantor cabang atau ATM BNI terdekat dan meminta bantuan petugas untuk membuka blokir ATM BNI.

3. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Setelah ATM Terbuka Kembali

Setelah berhasil membuka blokir ATM BNI, jangan lupa untuk melakukan cek saldo dan mengganti PIN secara berkala guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Saldo

Setelah blokir ATM diaktifkan kembali, pastikan untuk melakukan cek saldo terlebih dahulu agar Anda mengetahui jumlah uang yang tersisa di rekening Anda.

Ganti PIN

Selanjutnya, pastikan untuk mengganti kode PIN ATM secara berkala agar keamanan transaksi Anda terjamin. Jangan menggunakan kode PIN yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nomor yang mudah diingat orang lain.

Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Yang terakhir, pastikan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi seperti nomor PIN dan rekening bank agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

TRENDING :  Kelebihan dan Kekurangan Wiko View 4: Review Lengkap

4. Apakah Bisa Menghindari Blokir ATM?

Tentu saja bisa. Salah satu cara untuk menghindari blokir ATM adalah dengan memasukkan PIN dengan benar dan teliti. Selain itu, pastikan bahwa kartu ATM dalam keadaan baik dan tidak rusak. Hindari melakukan transaksi di ATM atau merchant yang tidak terpercaya atau meminta informasi pribadi seperti nomor PIN dan sejenisnya. Jangan juga meminjamkan kartu ATM ke orang lain untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan.

5. Apa yang Harus Dilakukan jika ATM Terblokir Kembali Setelah Dibuka?

Apabila ATM BNI terblokir kembali setelah dibuka, maka Anda dapat mengikuti cara yang telah disebutkan di atas untuk membuka blokir ATM kembali. Namun, pastikan untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan seperti salah memasukkan PIN atau melakukan transaksi yang mencurigakan.

FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka blokir ATM BNI melalui aplikasi mobile banking?

Waktu untuk membuka blokir ATM BNI melalui aplikasi mobile banking relatif lebih cepat dan efektif, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit jika tidak ada kendala teknis dalam proses tersebut.

2. Apakah ada biaya yang dikenakan jika membuka blokir ATM BNI melalui kantor cabang atau ATM BNI terdekat?

Biaya yang dikenakan untuk membuka blokir ATM BNI melalui kantor cabang atau ATM BNI terdekat diatur oleh masing-masing cabang BNI. Namun, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu mengenai biaya yang dikenakan sebelum melakukan proses tersebut.

3. Apakah pinjaman atau cicilan yang belum lunas dapat menjadi penyebab terblokirnya kartu ATM?

Ya, pinjaman atau cicilan yang belum lunas dapat menjadi salah satu penyebab terblokirnya kartu ATM. Pastikan untuk selalu membayar cicilan atau pinjaman tepat waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

TRENDING :  Cara Mudah Menyimpan Video Instagram

4. Apakah semua jenis transaksi dapat dilakukan setelah blokir ATM BNI diaktifkan kembali?

Setelah blokir ATM BNI diaktifkan kembali, seharusnya semua jenis transaksi dapat dilakukan seperti biasa. Namun, pastikan untuk selalu melebihkan batas transaksi ataupun menggunakan PIN yang mudah ditebak.

5. Apakah ada batasan waktu untuk membuka blokir ATM BNI?

Tidak ada batasan waktu untuk membuka blokir ATM BNI. Namun, sebaiknya untuk segera memperbaiki kesalahan yang terjadi dan membuka blokir ATM BNI secepat mungkin agar tidak mengganggu transaksi Anda di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang cara membuka blokir ATM BNI tanpa ke bank. Ada beberapa cara yang bisa dicoba seperti menunggu waktu yang ditetapkan, menghubungi call center BNI, memanfaatkan aplikasi mobile banking atau BNI Internet Banking, dan mengunjungi kantor cabang atau ATM BNI terdekat. Selain itu, juga dijelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan setelah ATM terbuka kembali seperti cek saldo, mengganti PIN, dan menjaga kerahasiaan data pribadi. Diharapkan dengan informasi ini, Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan kartu ATM dan menghindari terjadinya masalah blokir ATM BNI di kemudian hari.