site traffic analytics

Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membuat wallpaper video tanpa menggunakan aplikasi. Mungkin ada beberapa dari kalian yang ingin mengganti wallpaper biasa dengan yang lebih keren dan menarik perhatian. Nah, kita akan memberikan tips-tips sederhana dalam buat wallpaper video yang menakjubkan. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Pilihlah Video yang Sesuai

Sebelum memulai, pastikan memilih video yang cocok untuk dijadikan wallpaper. Video yang dipilih harus menampilkan gambar yang menarik serta durasinya tidak terlalu lama agar keberadaan wallpaper tidak mengganggu penggunaan smartphone. Pilih video dengan format .mp4 atau .mov untuk hasil terbaik.

2. Siapkan Aplikasi Video Editor

Untuk dapat memberikan efek tambahan pada video, kita memerlukan aplikasi video editor seperti iMovie atau Adobe Premiere sebagai media editing. Namun, jika tidak ingin mengunduh aplikasi tersebut, kamu bisa mencoba menggunakan online video editor.

3. Potong Durasi Video Sesuai Ukuran Wallpaper

Setelah video yang dipilih siap, mulai untuk potong durasi videonya agar terlihat lebih singkat. Selanjutnya, ubah ukuran videonya sesuai resolusi layar smartphonemu. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak edit, aplikasi atau melakukannya secara manual menggunakan Microsoft Paint lewat pengaturan resolusinya.

4. Tambahkan Efek dan Filter pada Video

Setelah video dikurangi durasinya dan disisipkan ukuran yang tepat, selanjutnya kamu bisa menambahkan efek atau filter pada videonya. Kamu bisa menyesuaikan warna, saturasi, atau kiasenja pada pemilihan filter yang tepat agar videonya terlihat lebih menarik.

5. Simpan dan Terapkan sebagai Wallpaper

Setelah semua proses editing selesai, simpan video sebagai file gif atau video, tergantung dengan kompatibilitas smartphone. Kamu bisa menempatkannya di smartphone Android dalam folder “wallpaper” dan pada iPhone bisa diatur dengan memilih “Set as Wallpaper”.

TRENDING :  Cara Beli Pertalite Pakai Aplikasi: Hemat Waktu dan Uangmu!

FAQ

1. Apa keuntungan menggunakan wallpaper video dibandingkan dengan wallpaper biasa?

Keuntungan utama dari wallpaper video adalah kesan visual yang lebih menarik dan kreatif dibandingkan dengan wallpaper biasa. Selain itu, kamu bisa memilih video yang kamu sukai kemudian mengedit sesuai keinginan.

2. Apakah ada aplikasi yang disarankan untuk membuat wallpaper video?

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat wallpaper video seperti iMovie, Adobe Premiere, dan VideoShow. Namun, ada juga aplikasi online yang dapat di akses secara gratis seperti Animaker dan Kapwing.

3. Apakah harus mengganti wallpaper video secara teratur?

Tidak ada aturan harus mengganti wallpaper secara teratur, namun jika kamu bosan dengan tampilan wallpaper yang saat ini digunakan, kamu bisa mencoba untuk mengganti kembali hasil karyamu.

4. Bisa diaplikasikan dalam berbagai smartphone?

Iya, bisa. Kamu hanya harus memproduksi video dengan resolusi sesuai dengan layar smartphonemu agar nantinya bisa diaplikasikan sebagai wallpaper.

5. Bisa menggunakan video apa saja sebagai wallpaper video?

Iya, bisa. Kamu dapat menggunakan video apapun yang kamu sukai. Namun video tersebut harus memenuhi kriteria visual yang memikat untuk dijadikan wallpaper video.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu sekarang tahu cara membuat wallpaper video tanpa menggunakan aplikasi. Sesuai penjelasan diatas, kamu dapat menggunakan software online maupun aplikasi edit video untuk menghasilkan video yang kekinian sesuai dengan layar smartphonemu. Selamat mencoba!