site traffic analytics

Cara Beralih ke TV Digital Tanpa STB: Solusi Praktis yang Harus Dicoba

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara beralih ke tv digital tanpa stb. Trend TV digital saat ini memang semakin populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun sebenarnya penggunaan set top box atau STB sudah cukup umum digunakan, tapi ternyata masih banyak juga yang masih bingung mengenai cara beralih ke tv digital tanpa stb. Nah, untuk itu, kali ini kami akan mengulas berbagai solusi praktis yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Antena TV Digital

Jika kamu ingin beralih ke TV digital tanpa STB, maka solusi pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan antena TV digital. Antena ini sudah dirancang khusus untuk menangkap sinyal digital yang disiarkan oleh stasiun televisi yang telah beralih ke format digital. Kamu bisa membeli antena TV digital dengan berbagai model dan jenis, seperti indoor atau outdoor. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui frekuensi siaran yang disiarkan oleh stasiun TV di daerahmu agar antena dapat bekerja secara optimal

Contoh Solusi 1

Untuk menggunakan antena TV digital, kamu bisa membeli antena jenis indoor seperti Signal King atau MyTV indoor yang bisa ditempelkan di dinding atau langit-langit. Kamu cukup memasang antena ini ke TV digital, setelah itu kamu bisa mencari siaran TV digital terdekat dengan cara melakukan scan pada TV kamu. Apabila TV kamu dapat menangkap siaran dengan jelas, artinya antena tersebut sudah siap digunakan untuk menonton TV digital tanpa STB.

Contoh Solusi 2

Untuk pengguna yang tinggal di daerah perkotaan, kamu bisa mencoba menggunakan antena TV digital outdoor yang biasanya memiliki pilihan frekuensi yang lebih lengkap. Salah satu merek yang populer di Indonesia adalah antena TV merek G Plus atau Familia. Kamu cukup memasang antena tersebut di atap rumah atau tempat tinggalmu dan memasang kabel coaxial dari antena ke TV digital. Setelah itu kamu bisa mencari siaran TV digital terdekat dengan melakukan scan pada TV kamu.

2. Menggunakan Aplikasi TV Online

Solusi praktis selanjutnya untuk beralih ke TV digital tanpa STB adalah dengan menggunakan aplikasi TV online. Saat ini sudah banyak aplikasi TV online yang bisa kamu download dari playstore atau appstore, seperti Vidio, iFlix, Maxstream, dan lain sebagainya. Aplikasi TV online ini biasanya menyediakan berbagai acara TV secara streaming dengan kualitas yang cukup baik.

TRENDING :  Ciri-ciri Baterai HP Rusak

Contoh Solusi 1

Salah satu aplikasi TV online yang bisa kamu coba adalah Vidio. Kamu cukup download aplikasi Vidio di playstore atau appstore, kemudian login untuk membuat akun. Setelah itu, kamu bisa memilih siaran TV yang ingin ditonton dan menikmatinya dengan quality yang cukup baik. Pastikan jaringan internet kamu cukup kuat agar dapat streaming dengan lancar.

Contoh Solusi 2

Selain aplikasi Vidio, kamu juga bisa mencoba aplikasi Maxstream. Aplikasi ini menyediakan berbagai siaran TV dari berbagai channel, termasuk siaran TV lokal. Kamu cukup download aplikasi Maxstream di playstore atau appstore dan login untuk membuat akun. Setelah itu, kamu bisa langsung menikmati acara TV yang kamu inginkan dengan quality yang cukup baik.

3. Menggunakan TV Digital Built-In

Jika kamu ingin beralih ke TV digital tanpa STB, kamu juga bisa membeli TV digital built-in. TV digital built-in ini sudah dilengkapi dengan tuner TV digital, sehingga kamu tidak perlu menggunakan STB untuk menonton siaran TV digital. TV digital built-in ini biasanya memiliki harga yang cukup variatif sesuai dengan ukuran dan fiturnya.

Contoh Solusi 1

Jika kamu ingin beralih ke TV digital tanpa STB, kamu bisa membeli TV digital built-in dengan budget yang cukup terjangkau seperti merek Polytron. TV digital built-in buatan Polytron ini sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2 yang bisa menangkap siaran TV digital yang disiarkan oleh stasiun televisi dalam negeri. Selain itu, TV Polytron juga memiliki fitur seperti fitur USB Movie, HDMI, dan lain-lain yang bisa menambah pengalaman menontonmu.

Contoh Solusi 2

Bagi kamu yang ingin mencari TV digital built-in dengan harga lebih terjangkau, kamu bisa memilih TV buatan merek Coocaa yang sudah cukup populer di Indonesia. TV merk Coocaa ini menawarkan berbagai pilihan TV digital built-in dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah saja. Selain itu, TV Coocaa juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti fitur Smart TV, Bluetooth, dan lain-lainnya yang dapat kamu nikmati untuk menambah pengalaman menontonmu.

TRENDING :  Cara Mengembalikan Story IG yang Hilang

4. Menggunakan TV Streaming Box

Solusi lain bagi kamu yang ingin beralih ke TV digital tanpa STB adalah dengan menggunakan TV streaming box. TV streaming box ini berfungsi untuk menghubungkan TVmu ke internet dan biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Android TV, Wifi, HDMI, dan lain-lainnya. Solusi ini cukup praktis karena kamu hanya perlu membeli TV streaming box dan menyambungkannya ke TVmu.

Contoh Solusi 1

Salah satu merek TV streaming box yang populer di Indonesia adalah Xiaomi TV Box. TV streaming box merek Xiaomi ini dilengkapi dengan sistem operasi Android TV yang memungkinkan kamu untuk menjelajah internet melalui TVmu. Selain itu, TV streaming box ini bisa menghubungkan TVmu ke internet melalui Wifi atau ethernet, sehingga kamu bisa menonton berbagai siaran TV online dengan quality yang cukup baik.

Contoh Solusi 2

Solusi lainnya jika kamu ingin beralih ke TV digital tanpa STB adalah dengan menggunakan Google Chromecast. Google Chromecast merupakan perangkat yang bisa menghubungkan smartphone mu ke TVmu sehingga kamu bisa menonton siaran TV online langsung dari smartphone. Cukup colokkan Google Chromecast ke port HDMI di TVmu, pastikan jaringan wifi kamu cukup kuat, dan nikmati berbagai siaran TV online dengan mudah dan praktis.

5. Menggunakan DVD Player

Jika kamu ingin beralih ke TV digital tanpa STB dengan budget yang lebih terbatas, maka solusi terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan DVD Player. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari file-file video siaran TV digital di internet dan memutar file tersebut melalui DVD Player.

Contoh Solusi 1

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari file-file siaran TV digital di Internet. Kamu bisa mencari file-file tersebut dengan melakukan pencarian di Google atau menggunakan situs download seperti Indowebster dan lain-lainnya. Setelah itu, kamu bisa memasukkan file tersebut ke dalam DVD player dan memutar file tersebut melalui DVD player. Namun, pastikan file tersebut memiliki format dan ukuran yang sudah sesuai dengan DVD playermu.

TRENDING :  Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah dan Efektif

Contoh Solusi 2

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan membeli DVD player merek Sharp yang dilengkapi dengan fitur USB Movie. Dengan fitur ini, kamu bisa memutar file-file siaran TV digital yang kamu unduh dari Internet melalui USB Flashdisk atau harddisk tanpa harus membakarnya ke dalam DVD. Cukup colokkan USB Flashdisk atau harddisk ke DVD player dan nikmati siaran TV digital favoritmu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah saya menonton siaran TV digital tanpa antena TV digital?

Tidak bisa. Antena TV digital diperlukan untuk menangkap sinyal TV digital yang disiarkan oleh stasiun televisi di Indonesia.

2. Apakah semua TV digital sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2?

Tidak semua TV digital dilengkapi dengan tuner DVB-T2. Pastikan TV digitalmu sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2 sebelum mencoba cara-cara diatas.

3. Berapakah harga TV digital built-in?

Harga TV digital built-in bervariasi tergantung ukuran dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing merek. Harga dapat mulai dari 1 jutaan hingga di atas 5 jutaan. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan budgetmu.

4. Apa yang harus dilakukan jika siaran TV digital sering putus-putus?

Jika siaran TV digital sering putus-putus, coba lakukan posisi antena yang lebih tinggi ataupun mencari posisi yang lebih baik agar mendapatkan sinyal yang lebih kuat dan stabil.

5. Apakah TV streaming box bisa digunakan di TV biasa?

TV streaming box bisa digunakan di TV biasa dengan syarat TV tersebut memiliki port HDMI.

Kesimpulan

Dalam menghadapi era TV digital, banyak cara yang bisa dilakukan untuk beralih dari TV analog ke TV digital. Salah satu cara yang cukup praktis adalah dengan beralih ke TV digital tanpa STB. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa solusi praktis yang bisa kamu coba, mulai dari menggunakan antena TV digital, aplikasi TV online, TV digital built-in, TV streaming box, hingga DVD Player. Semua solusi ini sangat mudah untuk dijalankan dan bisa kamu sesuaikan dengan budgetmu. Semoga artikel kita kali ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menerapkan TV digital tanpa STB.