site traffic analytics
Cara Menggunakan DATEDIF: Menghitung Selisih Tanggal dengan Mudah
Cara Menggunakan DATEDIF: Menghitung Selisih Tanggal dengan Mudah

Cara Menggunakan DATEDIF: Menghitung Selisih Tanggal dengan Mudah

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang DATEDIF. Apa itu DATEDIF? DATEDIF merupakan sebuah fungsi di Excel yang digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal. Fungsi ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti dalam pembuatan laporan keuangan, penghitungan umur, dan sebagainya. Mari kita pelajari cara menggunakan DATEDIF dengan mudah.

Langkah 1: Memahami Argumen DATEDIF

Sebelum kita mulai menggunakan DATEDIF, kita perlu memahami terlebih dahulu argumen yang digunakan dalam fungsi ini. DATEDIF memiliki tiga argumen, yaitu tanggal awal, tanggal akhir, dan satuan waktu. Tanggal awal dan tanggal akhir harus dalam format tanggal yang benar, sedangkan satuan waktu dapat berupa “d”, “m”, atau “y” yang masing-masing mewakili hari, bulan, dan tahun.

Langkah 2: Menggunakan DATEDIF

Setelah memahami argumen DATEDIF, kita dapat mulai menggunakan fungsi ini. Untuk menggunakan DATEDIF, kita perlu memasukkan argumen yang diperlukan ke dalam fungsi. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF untuk menghitung selisih antara tanggal 1 Januari 2022 dan 31 Maret 2022 dalam satuan bulan:

=DATEDIF(“1/1/2022″,”31/3/2022″,”m”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan selisih antara tanggal awal dan tanggal akhir dalam satuan bulan. Dalam contoh di atas, hasilnya adalah 2 karena selisih antara Januari dan Maret adalah dua bulan.

Langkah 3: Memperhatikan Format Tanggal

Ketika menggunakan DATEDIF, kita perlu memperhatikan format tanggal yang digunakan. Format tanggal yang benar di Indonesia adalah DD/MM/YYYY. Jadi, jika kita ingin menghitung selisih antara tanggal 1 Januari 2022 dan 31 Maret 2022, maka kita perlu menuliskan tanggal tersebut dalam format DD/MM/YYYY.

TRENDING :  Cara Instal Windows 7

Langkah 4: Contoh Penggunaan DATEDIF dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain dalam pengolahan data di Excel, DATEDIF juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kita ingin menghitung umur seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF untuk menghitung umur seseorang:

=DATEDIF(“1/1/2000″,TODAY(),”y”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan umur seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Dalam contoh di atas, tanggal lahir yang digunakan adalah 1 Januari 2000 dan tanggal akhir yang digunakan adalah hari ini atau tanggal saat ini yang dapat diambil dari fungsi TODAY(). Satuan waktu yang digunakan adalah “y” yang artinya tahun. Sehingga hasil dari rumus tersebut adalah umur seseorang dalam tahun.

Langkah 5: Contoh Penggunaan DATEDIF dalam Laporan Keuangan

DATEDIF juga dapat digunakan dalam pembuatan laporan keuangan. Misalnya, ketika kita ingin menghitung selisih antara tanggal pembelian dan tanggal jatuh tempo sebuah piutang. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF dalam laporan keuangan:

=DATEDIF(B2,C2,”d”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan selisih antara tanggal pembelian dan tanggal jatuh tempo sebuah piutang dalam satuan hari. Tanggal pembelian dapat dituliskan di dalam sel B2, sedangkan tanggal jatuh tempo dapat dituliskan di dalam sel C2.

Langkah 6: Contoh Penggunaan DATEDIF dalam Proyek

DATEDIF juga dapat digunakan dalam proyek untuk menghitung selisih antara dua tanggal penting dalam proyek tersebut. Misalnya, ketika kita ingin menghitung selisih antara tanggal mulai proyek dan tanggal selesai proyek. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF dalam proyek:

=DATEDIF(B2,C2,”d”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan selisih antara tanggal mulai proyek dan tanggal selesai proyek dalam satuan hari. Tanggal mulai proyek dapat dituliskan di dalam sel B2, sedangkan tanggal selesai proyek dapat dituliskan di dalam sel C2.

TRENDING :  Cara Mengecek Keadaan Layar HP Asus

Langkah 7: Menghitung Selisih Tanggal dengan DATEDIF dalam Satuan Tahun

Salah satu kegunaan DATEDIF adalah untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan tahun. Untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan tahun, kita perlu menuliskan “y” pada argumen ke-3. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF untuk menghitung selisih antara tanggal 1 Januari 2000 dan 31 Desember 2021 dalam satuan tahun:

=DATEDIF(“1/1/2000″,”31/12/2021″,”y”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan selisih antara tanggal awal dan tanggal akhir dalam satuan tahun. Dalam contoh di atas, hasilnya adalah 21 karena selisih antara tahun 2000 dan tahun 2021 adalah 21 tahun.

Langkah 8: Menghitung Selisih Tanggal dengan DATEDIF dalam Satuan Bulan

Selain dalam satuan tahun, DATEDIF juga dapat digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan bulan. Untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan bulan, kita perlu menuliskan “m” pada argumen ke-3. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF untuk menghitung selisih antara tanggal 1 Januari 2000 dan 31 Desember 2021 dalam satuan bulan:

=DATEDIF(“1/1/2000″,”31/12/2021″,”m”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan selisih antara tanggal awal dan tanggal akhir dalam satuan bulan. Dalam contoh di atas, hasilnya adalah 252 karena selisih antara tanggal 1 Januari 2000 dan 31 Desember 2021 adalah 252 bulan.

Langkah 9: Menghitung Selisih Tanggal dengan DATEDIF dalam Satuan Hari

Terakhir, DATEDIF juga dapat digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan hari. Untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan hari, kita perlu menuliskan “d” pada argumen ke-3. Berikut ini adalah contoh penggunaan DATEDIF untuk menghitung selisih antara tanggal 1 Januari 2000 dan 31 Desember 2021 dalam satuan hari:

TRENDING :  Cara Mengalihkan Panggilan: Panduan Praktis dalam Berkomunikasi

=DATEDIF(“1/1/2000″,”31/12/2021″,”d”)

Jika kita mengetik rumus di atas di dalam sebuah sel, maka hasilnya akan menunjukkan selisih antara tanggal awal dan tanggal akhir dalam satuan hari. Dalam contoh di atas, hasilnya adalah 8032 karena selisih antara tanggal 1 Januari 2000 dan 31 Desember 2021 adalah 8032 hari.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan DATEDIF dalam Microsoft Excel. DATEDIF sangat berguna untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam berbagai satuan waktu, seperti tahun, bulan, dan hari. Namun, perlu diingat bahwa DATEDIF hanya dapat digunakan dalam versi Excel yang lebih lama, seperti Excel 2003 dan sebelumnya. Jika Anda menggunakan versi Excel yang lebih baru, seperti Excel 2010 atau yang lebih baru, maka DATEDIF tidak akan tersedia.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dan menguji kemampuan Anda dalam menggunakan DATEDIF dalam Microsoft Excel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman Radar dalam mengoptimalkan penggunaan Microsoft Excel untuk keperluan sehari-hari. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!