site traffic analytics
Cara Mengukur Jarak di Google Maps
Cara Mengukur Jarak di Google Maps

Cara Mengukur Jarak di Google Maps

Haii teman Radar, apakah kamu sering menggunakan Google Maps untuk mencari rute perjalanan atau mengetahui lokasi tertentu? Google Maps memang menjadi aplikasi peta online yang sangat populer dan mudah digunakan. Selain itu, fitur Google Maps juga sangat lengkap, salah satunya adalah fitur pengukuran jarak. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengukur jarak di Google Maps dengan mudah dan akurat. Yuk, simak tutorialnya!

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Maps

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Maps. Kamu bisa membuka aplikasi ini melalui browser di PC atau laptop, maupun melalui aplikasi Google Maps di smartphone kamu. Jika belum menginstal aplikasi Google Maps, kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store atau App Store.

Langkah 2: Pilih Titik Awal

Setelah membuka aplikasi Google Maps, langkah selanjutnya adalah memilih titik awal yang akan diukur jaraknya. Kamu bisa memilih titik awal dengan cara mengetikkan alamat atau lokasi pada kolom pencarian di bagian atas aplikasi. Kamu juga bisa memilih titik awal dengan menandai lokasi pada peta dengan menekan dan menahan jari di titik yang diinginkan.

Langkah 3: Tandai Titik Akhir

Setelah memilih titik awal, langkah selanjutnya adalah menandai titik akhir yang akan diukur jaraknya. Kamu bisa menandai titik akhir dengan cara yang sama seperti saat memilih titik awal. Ketikkan alamat atau lokasi pada kolom pencarian atau tekan dan tahan jari di lokasi yang diinginkan pada peta.

Langkah 4: Tampilkan Menu Pengukuran

Setelah menandai titik awal dan titik akhir, langkah selanjutnya adalah menampilkan menu pengukuran. Kamu bisa menampilkan menu ini dengan menekan ikon pensil yang terletak di bagian kiri bawah layar. Setelah menekan ikon pensil, pilih opsi “Ukur jarak”.

Langkah 5: Ukur Jarak

Setelah menampilkan menu pengukuran, langkah terakhir adalah mengukur jarak antara titik awal dan titik akhir. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menandai jalur yang ingin diukur jaraknya dengan menekan dan menahan jari di sepanjang jalur tersebut. Google Maps akan secara otomatis menghitung jarak antara titik awal dan titik akhir.

TRENDING :  Cara Redirect Domain Tanpa Hosting

Langkah 6: Pilih Satuan Jarak

Setelah mengukur jarak, kamu bisa memilih satuan jarak yang ingin ditampilkan. Google Maps menyediakan beberapa pilihan satuan jarak, seperti kilometer, mil, atau meter. Kamu bisa memilih satuan jarak yang diinginkan dengan menekan ikon satuan yang terletak di bagian bawah layar.

Langkah 7: Menampilkan Informasi Jarak

Setelah memilih satuan jarak, Google Maps akan menampilkan informasi jarak antara titik awal dan titik akhir. Informasi jarak ini akan muncul di bagian atas layar, lengkap dengan nama jalan atau rute yang ditempuh. Kamu juga bisa melihat jalur yang telah kamu tandai pada peta, beserta jaraknya.

Langkah 8: Membagikan Hasil Pengukuran

Jika kamu ingin membagikan hasil pengukuran jarak ke orang lain, Google Maps menyediakan opsi untuk membagikan hasil pengukuran melalui aplikasi lain atau media sosial. Kamu bisa menekan ikon “Bagikan” yang terletak di bagian atas layar, lalu pilih opsi yang diinginkan.

Langkah 9: Mengulang Pengukuran

Jika kamu ingin mengukur jarak lagi antara titik awal dan titik akhir yang sama, kamu bisa mengulang pengukuran dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Kamu hanya perlu menekan ikon pengukuran di bagian kiri bawah layar, lalu pilih opsi “Ukur jarak”.

Langkah 10: Mengukur Jarak Berkelok-kelok

Jika kamu ingin mengukur jarak berkelok-kelok, misalnya mengukur jarak di sepanjang jalur yang tidak lurus atau menyeberangi beberapa jalan, kamu bisa menggunakan opsi “Lukis dan ukur jarak” pada menu pengukuran. Dengan opsi ini, kamu bisa menggambar jalur sesuai dengan rute yang diinginkan, dan Google Maps akan menghitung jarak antara titik awal dan titik akhir secara akurat.

Langkah 11: Menggunakan Fitur My Maps

Google Maps juga menyediakan fitur My Maps, yang memungkinkan kamu untuk membuat peta kustom dengan menambahkan lokasi dan informasi lainnya. Jika kamu ingin mengukur jarak di beberapa titik yang berbeda, kamu bisa menggunakan fitur My Maps untuk menandai titik-titik tersebut dan mengukur jaraknya.

TRENDING :  Mengenal Carousel Bootstrap 4 untuk Menjadikan Website Lebih Interaktif dan Menarik

Langkah 12: Menambahkan Titik di My Maps

Untuk menambahkan titik di My Maps, kamu bisa membuka menu My Maps di aplikasi Google Maps, lalu menekan ikon “+” di bagian kanan bawah layar. Kamu bisa menandai titik dengan mengetikkan alamat atau lokasi pada kolom pencarian, atau menandai titik secara manual pada peta.

Langkah 13: Mengukur Jarak di My Maps

Setelah menandai titik di My Maps, langkah selanjutnya adalah mengukur jarak antara titik-titik tersebut. Caranya sama seperti saat mengukur jarak di Google Maps, yaitu dengan menampilkan menu pengukuran dan menandai jalur yang ingin diukur jaraknya.

Langkah 14: Menyimpan Peta My Maps

Jika kamu telah selesai mengukur jarak di My Maps dan ingin menyimpannya, kamu bisa menekan ikon “Simpan” yang terletak di bagian kanan atas layar. Kamu juga bisa memberi judul dan deskripsi pada peta tersebut, serta memilih opsi privasi (apakah ingin membagikan peta ke publik atau hanya ke beberapa orang tertentu).

Langkah 15: Berbagi Peta My Maps

Jika kamu ingin membagikan peta My Maps ke orang lain, kamu bisa menekan ikon “Bagikan” yang terletak di bagian kanan atas layar. Kamu bisa memilih opsi untuk membagikan peta melalui email atau menyalin tautan yang bisa dibagikan ke aplikasi lain atau media sosial.

Langkah 16: Mengakses Peta My Maps

Setelah menyimpan peta My Maps, kamu bisa mengaksesnya kapan saja melalui menu My Maps di aplikasi Google Maps. Kamu juga bisa mengedit atau membagikan peta kapan saja.

Langkah 17: Menggunakan Fitur Google Earth

Selain Google Maps, Google juga menyediakan aplikasi Google Earth yang memungkinkan kamu untuk melihat tampilan bumi dari sudut pandang yang berbeda. Google Earth juga memiliki fitur untuk mengukur jarak antara dua titik, dengan cara yang mirip seperti saat mengukur jarak di Google Maps.

TRENDING :  Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Langkah 18: Menggunakan Fitur Ruler di Google Earth

Untuk mengukur jarak di Google Earth, kamu bisa membuka menu Ruler di bagian atas layar. Kemudian, kamu bisa menandai titik awal dan titik akhir di peta dengan mengklik pada peta. Google Earth akan menampilkan jarak antara titik-titik tersebut secara real-time.

Langkah 19: Menyimpan Hasil Pengukuran di Google Earth

Jika kamu ingin menyimpan hasil pengukuran di Google Earth, kamu bisa menekan ikon “Save” yang terletak di bagian bawah layar. Kamu juga bisa memberi judul dan deskripsi pada pengukuran tersebut, serta memilih opsi privasi.

Langkah 20: Mengakses Hasil Pengukuran di Google Earth

Setelah menyimpan hasil pengukuran di Google Earth, kamu bisa mengaksesnya kapan saja melalui menu “My Places”. Hasil pengukuran juga bisa diubah atau dihapus kapan saja.

Sekarang kamu sudah tahu cara mengukur jarak di Google Maps dan Google Earth. Dengan fitur ini, kamu bisa memperkirakan jarak antara dua titik, baik untuk keperluan perjalanan atau penelitian. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur My Maps untuk mengukur jarak antara beberapa titik yang berbeda dan menyimpan hasil pengukuran untuk digunakan kapan saja. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur pengukuran jarak di Google Maps dan Google Earth ya, teman Radar! Sampai jumpa kembali di artikel menrik lainnya yang menarik di kemudian hari.