site traffic analytics
Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas
Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Haii teman Radar, kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi HP mati total yang tidak bisa dicharge atau dicas. Masalah ini memang cukup umum terjadi pada smartphone, terutama yang sudah cukup lama digunakan atau sering terjatuh. Sebelum membawa HP Anda ke tempat reparasi yang memakan biaya mahal, ada beberapa cara yang bisa dicoba terlebih dahulu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Cek Charger dan Kabel USB

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa charger dan kabel USB yang digunakan. Pastikan bahwa charger dan kabel USB yang digunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Anda juga bisa mencoba mengganti charger dan kabel USB dengan yang baru atau menggunakan charger dan kabel USB dari teman atau keluarga untuk menguji apakah masalahnya pada charger atau kabel USB.

Orang Juga Bertanya:

Pertanyaan Jawaban
Apakah bisa menggunakan charger HP yang berbeda merk dengan HP-nya? Bisa, asalkan charger yang digunakan memiliki output yang sesuai dengan kebutuhan HP.
Apakah penggunaan powerbank bisa menyebabkan HP mati total? Tidak, penggunaan powerbank tidak akan menyebabkan HP mati total asalkan powerbank yang digunakan berkualitas baik dan memiliki daya yang cukup.
Apakah penggunaan casing HP bisa mempengaruhi masalah mati total pada HP? Tidak, penggunaan casing HP tidak akan mempengaruhi masalah mati total pada HP.

2. Cek Baterai

Setelah memeriksa charger dan kabel USB, langkah selanjutnya adalah memeriksa baterai HP. Baterai yang sudah rusak atau habis daya bisa menyebabkan HP mati total dan tidak bisa dicharge. Untuk menguji apakah masalahnya pada baterai, Anda bisa mencoba mengganti baterai dengan yang baru atau menggunakan baterai dari teman atau keluarga. Jika HP bisa menyala dengan baterai yang baru, maka masalahnya memang pada baterai.

TRENDING :  Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Galaxy M04

3. Coba Charge dengan Komputer atau Laptop

Jika masalah masih terjadi meskipun sudah mencoba langkah pertama dan kedua, coba untuk mencoba charge HP dengan menggunakan komputer atau laptop. Caranya sangat mudah, cukup hubungkan HP ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB dan tunggu beberapa saat. Jika HP bisa dicharge dengan komputer atau laptop, kemungkinan besar masalahnya ada pada charger atau kabel USB yang digunakan sebelumnya.

4. Bersihkan Port Charging

Port charging pada HP yang kotor atau tertersumbat bisa menyebabkan masalah pada pengisian daya. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan port charging pada HP. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas yang lembut untuk membersihkan bagian dalam port charging, kemudian tiup sisa-sisa debu atau kotoran yang ada di dalamnya. Jangan gunakan benda tajam atau benda logam yang bisa merusak port charging.

5. Gunakan Wireless Charger

Jika semua langkah di atas sudah dicoba dan masalah masih terjadi, coba untuk mengisi daya HP dengan menggunakan wireless charger. Wireless charger merupakan alat yang digunakan untuk mengisi daya HP tanpa menggunakan kabel. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menempatkan HP pada wireless charger dan tunggu beberapa saat hingga HP terisi daya.

6. Lakukan Hard Reset

Jika masalah tetap tidak teratasi meskipun sudah mencoba semua langkah di atas, Anda bisa mencoba untuk melakukan hard reset pada HP. Namun, sebelum melakukan hard reset pastikan untuk membackup data penting yang ada di HP karena melakukan hard reset akan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Setiap merek dan tipe HP memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hard reset, Anda bisa mencari informasi mengenai cara melakukan hard reset pada HP Anda di internet.

TRENDING :  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

7. Bawa ke Service Center

Jika semua cara di atas sudah dicoba dan masalah masih terjadi, maka kemungkinan besar masalahnya bukan pada charger, kabel USB, baterai, atau port charging. Ada kemungkinan bahwa masalahnya ada pada hardware atau komponen lain yang memerlukan penanganan dari ahli. Sebaiknya Anda membawa HP Anda ke service center terdekat untuk mendapatkan perbaikan yang tepat dan menghindari kerusakan yang lebih parah.

Orang Juga Bertanya:

No. Pertanyaan
1. Apakah selalu bisa mengatasi masalah HP mati total dengan cara di atas?
2. Apa penyebab HP mati total tidak bisa dicharge?
3. Bisakah HP mati total diatasi tanpa membawa ke service center?

1. Tidak selalu. Namun, langkah-langkah di atas adalah cara-cara umum yang bisa dicoba terlebih dahulu sebelum membawa HP ke service center. Ada kemungkinan bahwa masalah pada HP Anda memerlukan penanganan yang lebih spesifik dan hanya bisa dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

2. Penyebab HP mati total tidak bisa dicharge bisa bervariasi, mulai dari masalah pada baterai, charger, kabel USB, atau port charging. Selain itu, masalah bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada hardware atau komponen lain pada HP.

3. Tergantung pada masalah yang terjadi pada HP Anda. Jika masalahnya hanya pada baterai atau kabel USB, kemungkinan besar bisa diatasi dengan cara-cara di atas. Namun, jika masalahnya lebih kompleks dan memerlukan penanganan khusus, maka sebaiknya membawa HP ke service center untuk diperbaiki.

Kesimpulan

HP mati total yang tidak bisa dicharge atau dicas bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan dan membingungkan. Namun, Anda tidak perlu panik atau langsung membawa HP ke service center. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, seperti memeriksa charger dan kabel USB, membersihkan port charging, menggunakan wireless charger, melakukan hard reset, dan membawa HP ke service center jika semua cara di atas sudah dicoba namun masalah masih terjadi.

TRENDING :  Cara Melihat Orang yang Menyimpan Foto Kita di Instagram

Jangan lupa, selalu lakukan langkah-langkah tersebut dengan hati-hati dan perhatikan petunjuk yang terdapat pada manual pengguna HP Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah pada HP mati total yang tidak bisa dicharge atau dicas. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!