site traffic analytics

Cara Membuat ATM BRI

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membuat ATM BRI. Bagi kalian yang ingin memiliki ATM BRI pribadi, sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam membuatnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat ATM BRI dengan mudah dan praktis. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Persiapan yang Diperlukan

Persiapan merupakan langkah awal yang perlu dilakukan sebelum membuat ATM BRI. Beberapa persiapan yang perlu diperhatikan antara lain:

1.1. Persyaratan untuk Membuat ATM BRI

Sebelum membuat ATM BRI, pastikan kamu memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh bank. Beberapa persyaratan umumnya meliputi:

– Memiliki rekening tabungan BRI.
– Membawa KTP asli.
– Menyerahkan dokumen pendukung seperti NPWP atau Kartu Keluarga (KK).
– Mengisi formulir pembuatan ATM BRI.

1.2. Mengunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Setelah mempersiapkan persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor cabang BRI terdekat. Pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk menghindari antrian yang terlalu panjang.

1.3. Mengisi Formulir Pembuatan ATM BRI

Di kantor cabang BRI, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan ATM. Pastikan untuk mengisi dengan lengkap dan benar agar proses pembuatan ATM berjalan lancar.

1.4. Menyerahkan Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir, serahkan dokumen pendukung seperti KTP asli, NPWP, atau KK sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh bank. Pastikan dokumen-dokumen tersebut masih berlaku dan sesuai dengan data yang tercantum di formulir pembuatan ATM.

1.5. Pembayaran Biaya Pembuatan ATM BRI

Setelah melengkapi proses administrasi, kamu akan diminta untuk membayar biaya pembuatan ATM BRI. Pastikan untuk membayar sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh petugas bank.

TRENDING :  Mengenal Kode Kliring Bank Mandiri dan Kaitannya dalam Transaksi Keuangan

1.6. Menerima Buku Tabungan dan Kartu ATM BRI

Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan diberikan buku tabungan dan kartu ATM BRI yang sudah aktif. Pastikan untuk menjaga keamanan kartu ATM dan jangan membagikan PIN kepada siapapun.

2. Penggunaan ATM BRI

Setelah memiliki ATM BRI, kamu dapat menjalankan berbagai transaksi keuangan seperti:

2.1. Penarikan Uang Tunai

Salah satu fitur utama ATM BRI adalah kemampuannya dalam melakukan penarikan uang tunai. Kamu dapat mengambil uang secara tunai melalui ATM BRI yang tersebar di berbagai lokasi.

2.2. Transfer Uang

Dengan ATM BRI, kamu dapat mentransfer uang ke rekening bank lain dengan mudah. Cukup masukkan nomor rekening dan jumlah uang yang ingin ditransfer, maka proses transfer akan segera dilakukan.

2.3. Cek Saldo

ATM BRI juga memudahkan kamu untuk mengecek saldo tabungan. Cukup masukkan kartu ATM dan PIN, lalu pilih menu “Cek Saldo” untuk mengetahui sisa saldo yang kamu miliki.

2.4. Pembayaran Tagihan

ATM BRI dapat digunakan untuk membayar tagihan seperti listrik, air, telepon, dan lain-lain. Kamu tinggal memasukkan nomor rekening atau nomor identitas yang terkait dengan tagihan yang ingin dibayarkan.

2.5. Mengganti PIN

Jika kamu ingin mengubah PIN ATM, kamu dapat melakukannya melalui menu “Ubah PIN” yang tersedia di ATM BRI. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan pada layar untuk mengganti PIN sesuai dengan keinginanmu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah harus memiliki rekening tabungan BRI untuk membuat ATM BRI?

Ya, salah satu persyaratan untuk membuat ATM BRI adalah memiliki rekening tabungan BRI.

2. Apakah bisa mengurus pembuatan ATM BRI secara online?

Saat ini, pembuatan ATM BRI masih dilakukan secara langsung di kantor cabang BRI terdekat. Belum ada layanan pembuatan ATM BRI secara online.

TRENDING :  Cara Bayar Shopee Pakai OVO

3. Berapa biaya pembuatan ATM BRI?

Biaya pembuatan ATM BRI bervariasi tergantung jenis kartu yang dipilih. Pastikan untuk memeriksa informasi terbaru mengenai biaya pembuatan di situs resmi BRI atau langsung ke kantor cabang terdekat.

4. Apakah ATM BRI bisa digunakan di luar negeri?

Ya, kartu ATM BRI bisa digunakan di luar negeri dengan catatan kartu kamu sudah diaktifkan untuk digunakan di luar negeri dan ada logo jaringan internasional seperti Visa atau Mastercard.

5. Apakah bisa mengganti PIN ATM BRI melalui internet banking?

Ya, kamu dapat mengganti PIN ATM BRI melalui fitur internet banking yang disediakan oleh BRI. Pastikan kamu telah mendaftar dan mengaktifkan layanan internet banking sebelumnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, cara membuat ATM BRI cukup mudah dan praktis. Dengan memenuhi persyaratan, mengunjungi kantor cabang BRI terdekat, dan melengkapi proses administrasi, kamu dapat memiliki ATM BRI pribadi dengan cepat. Setelah memiliki ATM BRI, kamu bisa menggunakan berbagai layanan seperti penarikan uang tunai, transfer uang, cek saldo, pembayaran tagihan, dan lain-lain. Pastikan untuk menjaga keamanan kartu ATM dan PIN dengan baik agar transaksi keuanganmu tetap aman.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang cara membuat ATM BRI, jangan ragu untuk menghubungi pihak BRI atau mengunjungi kantor cabang terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu kamu dalam membuat ATM BRI. Selamat mencoba!