site traffic analytics

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri.

Pendahuluan

Sebagai pemilik kartu ATM Mandiri, Anda dapat dengan mudah membayar iuran BPJS melalui mesin ATM Mandiri. Prosesnya sangat cepat dan praktis, tanpa perlu antri di kantor BPJS atau membayar melalui metode lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Masukkan Kartu ATM

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kartu ATM Mandiri ke mesin ATM yang tersedia. Pastikan untuk memasukkan kartu dengan benar dan mengatur PIN Anda dengan aman.

Langkah 2: Pilih Menu “Pembayaran”

Setelah memasukkan kartu, pilih menu “Pembayaran” yang tersedia di layar ATM. Biasanya, menu ini akan ditandai dengan logo atau ikon yang jelas.

Langkah 3: Pilih Kategori “BPJS”

Setelah masuk ke menu “Pembayaran”, cari dan pilih kategori “BPJS” dari daftar yang tersedia. Pastikan untuk membaca dengan teliti agar tidak memilih kategori yang salah.

Langkah 4: Masukkan Nomor Virtual Account

Setelah memilih kategori “BPJS”, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor Virtual Account BPJS yang terkait dengan kartu BPJS Anda. Nomor ini biasanya terdiri dari 13 digit dan dapat ditemukan di pemberitahuan pembayaran BPJS Anda.

Langkah 5: Konfirmasi Pembayaran

Setelah memasukkan nomor Virtual Account dengan benar, ATM akan menampilkan rincian pembayaran BPJS Anda. Pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang ditampilkan sebelum melanjutkan.

Langkah 6: Masukkan Jumlah Pembayaran

Jika rincian pembayaran sudah benar, masukkan jumlah pembayaran BPJS yang ingin Anda bayarkan. Pastikan untuk memasukkan jumlah yang sesuai dengan iuran BPJS yang harus Anda bayar.

Langkah 7: Konfirmasi Pembayaran

Setelah memasukkan jumlah pembayaran, konfirmasikan pembayaran dengan memilih opsi “Ya” atau “Lanjutkan”. ATM akan memproses pembayaran Anda dan memberikan terima kasih atas transaksi yang telah dilakukan.

TRENDING :  Cara Isi Saldo ShopeePay Lewat SeaBank

FAQ

1. Apakah saya dapat membayar BPJS lewat ATM Mandiri jika saya tidak memiliki kartu ATM Mandiri?

Tidak, Anda harus memiliki kartu ATM Mandiri untuk dapat membayar BPJS lewat ATM Mandiri. Namun, Anda dapat mencoba metode pembayaran lainnya seperti melalui internet banking atau aplikasi mobile banking.

2. Bagaimana cara mengetahui nomor Virtual Account BPJS saya?

Anda dapat mengetahui nomor Virtual Account BPJS Anda melalui pemberitahuan pembayaran BPJS yang dikirimkan melalui email atau SMS. Jika Anda tidak menerima pemberitahuan tersebut, segera hubungi BPJS untuk memperoleh informasi yang lebih lanjut.

3. Apakah ada biaya tambahan yang dikenakan jika saya membayar BPJS lewat ATM Mandiri?

Tidak, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan jika Anda membayar BPJS lewat ATM Mandiri. Jumlah yang Anda bayarkan akan sesuai dengan iuran BPJS yang harus Anda bayar.

4. Apakah proses pembayaran BPJS lewat ATM Mandiri dapat dilakukan 24 jam?

Iya, Anda dapat membayar BPJS lewat ATM Mandiri kapan pun Anda inginkan. Layanan pembayaran melalui ATM Mandiri tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

5. Apakah saya dapat membayar BPJS lewat ATM dari bank lain selain Mandiri?

Tidak, Anda hanya dapat membayar BPJS lewat ATM Mandiri jika Anda memiliki kartu ATM Mandiri. Namun, Anda dapat menggunakan bank lain untuk membayar BPJS melalui metode lainnya seperti internet banking atau aplikasi mobile banking.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, membayar BPJS lewat ATM Mandiri adalah pilihan yang sangat praktis dan efisien. Prosesnya mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membayar iuran BPJS dengan cepat dan tanpa kerumitan. Pastikan untuk memastikan nomor Virtual Account BPJS yang Anda masukkan benar agar pembayaran Anda berhasil diproses. Jika Anda mengalami kesulitan atau pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi bank atau pihak BPJS untuk memperoleh bantuan lebih lanjut.

TRENDING :  Cara Cek Bukti Transfer BRI