site traffic analytics

Cek Hardisk GPT atau MBR: Panduan Lengkap dalam Mengatur Partisi Hardisk

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cek hardisk GPT atau MBR”. Pengetahuan tentang jenis partisi hardisk ini sangat penting dalam mengatur partisi hardisk Anda. Apakah Anda juga ingin mengetahui apakah hardisk Anda menggunakan GPT atau MBR? Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Apa itu Partisi Hardisk?

Sebelum memahami perbedaan antara GPT dan MBR, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu partisi hardisk. Partisi hardisk adalah pembagian ruang penyimpanan pada hardisk fisik yang berfungsi untuk membuat beberapa bagian terpisah di dalamnya. Setiap partisi dapat dianggap sebagai hardisk virtual yang independen dengan sistem file sendiri.

Perbedaan antara GPT dan MBR

Ada dua jenis partisi hardisk yang umum digunakan, yaitu GPT (GUID Partition Table) dan MBR (Master Boot Record). GPT adalah standar partisi yang lebih baru dan lebih disarankan, sedangkan MBR adalah standar partisi yang sudah lama digunakan.

GPT menggunakan GUID (Globally Unique Identifier) untuk mengidentifikasi setiap partisi, sehingga dapat mendukung partisi hardisk dengan kapasitas lebih dari 2 TB. Selain itu, GPT juga menyimpan salinan cadangan partisi terakhir di bagian akhir hardisk, sehingga lebih aman jika kesalahan terjadi.

Di sisi lain, MBR menggunakan sistem partisi legacy yang hanya mendukung hingga 2 TB. MBR juga hanya menyediakan entri partisi utama dan beberapa entri partisi tambahan. Jika terjadi kesalahan pada MBR, risiko hilangnya data lebih tinggi dibandingkan dengan GPT.

Cara Mengecek Jenis Partisi Hardisk

1. Menggunakan Command Prompt

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.

TRENDING :  15 Inovasi yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Mudah

Selanjutnya, ketikkan perintah “diskpart” dan tekan Enter. Setelah muncul tanda prompt “DISKPART>”, ketikkan perintah “list disk” dan tekan Enter.

Setelah itu, akan muncul daftar disk yang terhubung ke komputer Anda. Perhatikan ukuran hardisk yang ingin Anda cek, lalu catat nomor disknya.

Lalu, ketikkan perintah “select disk [nomor disk]” (misalnya “select disk 0”) dan tekan Enter.

Terakhir, ketikkan perintah “list partition” dan tekan Enter. Jika partisi ditampilkan dengan label “GPT” atau “MBR”, maka sudah dapat dipastikan jenis partisi hardisknya.

2. Menggunakan Disk Management

Cara lain untuk memeriksa jenis partisi hardisk adalah melalui Disk Management.

Pertama, tekan tombol Windows + X lalu pilih “Disk Management” dari menu yang muncul.

Setelah itu, akan muncul daftar hardisk dan partisi yang terhubung ke komputer Anda.

Perhatikan label “GPT” atau “MBR” di bagian Status dari setiap partisi hardisk. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui jenis partisi hardisknya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu GPT dan MBR?

GPT (GUID Partition Table) dan MBR (Master Boot Record) adalah dua jenis partisi hardisk yang umum digunakan.

2. Apa perbedaan utama antara GPT dan MBR?

GPT dapat mendukung partisi hardisk dengan kapasitas lebih dari 2 TB, sedangkan MBR hanya mendukung hingga 2 TB.

3. Bagaimana cara mengetahui jenis partisi hardisk?

Anda dapat menggunakan Command Prompt atau Disk Management untuk memeriksa jenis partisi hardisk.

4. Apa kelebihan GPT dibandingkan MBR?

GPT lebih aman karena menyimpan salinan cadangan partisi terakhir di bagian akhir hardisk.

5. Apakah mungkin mengubah jenis partisi hardisk dari GPT ke MBR atau sebaliknya?

Ya, Anda dapat mengubah jenis partisi hardisk dengan menggunakan utilitas partisi seperti AOMEI Partition Assistant.

TRENDING :  Apa Saja Komponen Utama dalam Machine Learning?

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah membahas tentang cek hardisk GPT atau MBR. Pengetahuan tentang jenis partisi hardisk ini sangat penting agar Anda dapat mengatur partisi hardisk dengan baik. GPT dan MBR memiliki perbedaan utama dalam kapasitas dukungan dan keamanan data.

Anda dapat dengan mudah mengecek jenis partisi hardisk menggunakan Command Prompt atau Disk Management. Jika Anda ingin mengubah jenis partisi hardisk, gunakan utilitas partisi yang aman dan andal.

Pastikan Anda memilih jenis partisi hardisk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cek hardisk GPT atau MBR.