site traffic analytics

Cara SS Panjang di iPhone

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara ss panjang di iPhone.

1. Menggunakan Fitur Tampilan Penuh di Safari

Untuk melakukan screenshot dengan panjang yang lebih dari satu layar pada iPhone, Anda dapat memanfaatkan fitur tampilan penuh di Safari. Caranya sangat mudah, pertama buka Safari dan kunjungi halaman yang ingin Anda ambil screenshot-nya.

a. Aktifkan Mode Tampilan Penuh

Di pojok kanan atas Safari, tap tombol “AA” dan pilih “Tampilkan Situs Web di Tampilan Penuh”. Hal ini akan mengubah tampilan situs web menjadi full screen tanpa batasan.

b. Ambil Screenshot Panjang

Setelah mode tampilan penuh aktif, gulir ke bagian halaman yang ingin Anda capture. Selanjutnya, tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan untuk mengambil screenshot-nya.

c. Akses Screenshot di Galeri

Screenshot yang Anda ambil akan secara otomatis tersimpan di Aplikasi Foto. Buka aplikasi Foto, pilih album “Screenshots”, dan temukan screenshot panjang yang baru saja Anda ambil.

d. Crop dan Bagikan

Jika Anda ingin memotong atau mengedit screenshot tersebut, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur editing foto di aplikasi Foto atau aplikasi pihak ketiga. Setelah itu, Anda dapat langsung membagikan screenshot tersebut melalui pesan, email, atau media sosial.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengambil screenshot panjang di iPhone. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan salah satu aplikasi tersebut:

a. Unduh dan Instal Aplikasi

Kunjungi App Store dan cari aplikasi screenshot panjang seperti “Tailor” atau “Stitch It!”. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih.

b. Buka Aplikasi dan Mulai Tangkap

Buka aplikasi yang telah diinstal, ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses tangkapan screenshot. Biasanya, Anda perlu membuka Safari atau aplikasi lainnya di dalam aplikasi screenshot panjang ini.

TRENDING :  Cara Memasukkan Video ke PPT

c. Lakukan Screenshot Panjang

Saat berada di aplikasi yang ingin Anda screenshot, ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi screenshot panjang. Biasanya, Anda perlu menggeser layar atau menggunakan tombol khusus di aplikasi tersebut untuk mengambil screenshot panjang.

d. Crop dan Bagikan

Setelah berhasil mengambil screenshot panjang, Anda dapat memotong, mengedit, atau membagikan hasil tangkapan tersebut sesuai keinginan Anda.

3. Memanfaatkan Fitur Penangkapan Layar di iOS 13 atau Lebih Baru

Untuk pengguna iPhone dengan iOS 13 atau versi lebih baru, Apple telah menyediakan fitur penangkapan layar dengan kemampuan tangkapan panjang bawaan di sistem operasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Aktifkan Fitur Penangkapan Layar

Pergi ke Pengaturan > Pemberitahuan > Layar > Penangkapan Layar. Pastikan fitur ini diaktifkan dengan menggeser tombol di sebelahnya ke posisi ON.

b. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Buka aplikasi atau halaman yang ingin Anda ambil screenshot-nya dengan panjang lebih dari satu layar.

c. Mulai Penangkapan Layar Panjang

Tekan dan tahan tombol Volume Up atau tombol sisi jika menggunakan iPhone dengan tombol sisi. Sambil terus menahan tombol tersebut, geser jari Anda dari atas ke bawah layar untuk membuat tangkapan layar panjang.

d. Akses Screenshot di Galeri

Screenshot yang diambil akan otomatis tersimpan di Aplikasi Foto. Buka aplikasi Foto, pilih album “Screenshots”, dan cari screenshot panjang yang telah Anda ambil.

e. Sunting dan Bagikan

Jika perlu, Anda dapat menggunakan fitur editing foto di aplikasi Foto atau aplikasi pihak ketiga untuk memotong atau mengedit screenshot. Setelah itu, Anda dapat membagikan screenshot tersebut ke teman atau melalui media sosial.

4. Cara Traditional: Capture Screenshot dan Potong-potong

Jika tidak ingin menggunakan metode di atas, masih ada cara tradisional yaitu dengan mengambil beberapa screenshot biasa dan memotongnya menjadi satu. Berikut langkah-langkahnya:

a. Ambil Screenshot Biasa

Saat berada di layar yang ingin Anda tangkap, tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan untuk mengambil screenshot.

TRENDING :  Membahas Cards Bootstrap4 untuk Tampilan Website yang Menarik

b. Ulangi Proses untuk Screenshot Selanjutnya

Gulir ke layar berikutnya dan ulangi langkah a untuk mengambil screenshot berikutnya.

c. Potong dan Gabungkan Screenshot

Buka aplikasi Foto dan pilih screenshot pertama yang telah Anda ambil. Gunakan fitur potong untuk memotong bagian yang ingin Anda tangkap dan ubah ke tata letak yang diinginkan. Ulangi proses ini untuk semua screenshot yang telah diambil. Setelah itu, Anda dapat menggabungkan semua potongan screenshot menggunakan aplikasi pengeditan foto atau aplikasi pihak ketiga.

d. Simpan dan Bagikan

Setelah Anda puas dengan hasil screenshot panjang yang telah dibuat, simpan dan bagikan screenshot tersebut sesuai keinginan Anda.

5. Gunakan Fitur AssistiveTouch

Bagi pengguna iPhone yang mengalami kendala dalam menekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan, Anda dapat memanfaatkan fitur AssistiveTouch. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Aktifkan AssistiveTouch

Pergi ke Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > AssistiveTouch. Geser tombol AssistiveTouch ke posisi ON.

b. Tambahkan Tombol Screenshot Panjang

Pilih “Customize Top Level Menu” di menu AssistiveTouch. Ketuk tanda tambah (+) dan pilih “Screenshot Panjang” dari daftar opsi yang tersedia.

c. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Buka aplikasi atau halaman yang ingin Anda ambil screenshot-nya dengan panjang lebih dari satu layar.

d. Tekan Tombol AssistiveTouch

Tekan tombol AssistiveTouch yang muncul di layar. Pilih opsi “Screenshot Panjang” yang telah Anda tambahkan sebelumnya.

e. Akses Screenshot di Galeri

Screenshot yang diambil akan tersimpan di Aplikasi Foto. Buka aplikasi Foto, pilih album “Screenshots”, dan temukan screenshot panjang yang telah Anda ambil.

f. Edit dan Bagikan

Jika perlu, edit screenshot tersebut menggunakan fitur editing foto di aplikasi Foto atau aplikasi pihak ketiga. Setelah itu, Anda dapat langsung membagikan screenshot panjang tersebut melalui pesan, email, atau media sosial.

TRENDING :  Cara Kirim File dari iPhone ke Android

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Apakah semua versi iPhone memiliki fitur screenshot panjang bawaan?

Tidak, fitur screenshot panjang bawaan hanya tersedia di iPhone dengan sistem operasi iOS 13 atau yang lebih baru.

2. Bisakah saya menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot panjang di iPhone lama?

Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Tailor” atau “Stitch It!” untuk mengambil screenshot panjang di iPhone dengan sistem operasi lama.

3. Apakah ada batasan jumlah layar yang bisa saya screenshot dengan metode tampilan penuh di Safari?

Tidak, Anda dapat mengambil screenshot dengan metode ini sebanyak yang Anda inginkan, asalkan halaman tersebut memungkinkan untuk digulir.

4. Bisakah screenshot panjang diambil di semua aplikasi?

Tidak, tidak semua aplikasi mendukung tangkapan layar panjang. Beberapa aplikasi mungkin memiliki batasan atau pembatasan tertentu terkait tangkapan layar.

5. Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot panjang di iPhone?

Selain metode yang telah dijelaskan, tidak ada cara bawaan lain untuk mengambil screenshot panjang di iPhone. Namun, Anda selalu dapat mencari aplikasi pihak ketiga lainnya yang mungkin menawarkan fitur serupa.

Kesimpulan

Mengambil screenshot panjang di iPhone dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur tampilan penuh di Safari atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Tailor” atau “Stitch It!”. Pengguna iPhone dengan iOS 13 atau versi lebih baru juga dapat memanfaatkan fitur penangkapan layar dengan tangkapan panjang bawaan. Bagi yang ingin tetap menggunakan cara tradisional, Anda dapat menggabungkan beberapa screenshot biasa menjadi satu menggunakan fitur editing foto di iPhone. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch jika Anda mengalami kendala dalam menekan tombol Volume Up dan tombol Power. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengambil screenshot panjang di iPhone!