site traffic analytics

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh

Haii, Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi iPhone tidak bisa disentuh. Berbagai masalah dengan layar sentuh iPhone bisa terjadi, seperti tidak merespons, tidak dapat menggesek, atau bahkan layar yang sepenuhnya mati. Tentu saja, hal ini bisa sangat mengganggu dalam penggunaan sehari-hari. Namun, jangan khawatir! Kami akan menyediakan solusi-solusi yang sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Restart iPhone Anda

Pertama, tekan dan tahan tombol daya (power) dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan opsi Restart di Settings. Caranya adalah buka Settings, lalu pilih General. Gulir ke bawah dan ketuk Shut Down. Nyalakan kembali iPhone setelah beberapa detik.

Jika restart biasa tidak berhasil, coba lakukan Force Restart.

Caranya tergantung pada jenis iPhone yang Anda miliki. Untuk iPhone 6S ke atas, tekan dan tahan tombol daya dan tombol home secara bersamaan. Untuk iPhone 7 atau 7 Plus, tekan tombol power dan tombol volume bawah. Sedangkan untuk iPhone 8 atau model yang lebih baru, tekan dan lepaskan tombol volume atas, lalu tekan dan lepaskan tombol volume bawah, kemudian tahan tombol daya.

Jika layar sentuh masih tidak berfungsi setelah restart, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Bersihkan Layar dan Konektor

Kotoran atau minyak pada layar dapat mengganggu respons layar sentuh.

Gunakan kain mikrofiber yang lembut dan bersih untuk membersihkan layar dengan lembut. Pastikan Anda juga membersihkan konektor di bagian bawah iPhone dengan hati-hati, karena kotoran pada konektor juga dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh.

Jika masalah belum teratasi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Perbarui Perangkat Lunak

iPhone yang menjalankan versi perangkat lunak yang lama bisa mengalami masalah dengan layar sentuh.

Periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak terbaru untuk iPhone Anda. Buka Settings, pilih General, dan kemudian tap Software Update. Jika ada pembaruan tersedia, instal pembaruan tersebut dan periksa apakah masalahnya teratasi.

TRENDING :  Cara Bayar Listrik Online: Mudah dan Praktis

Jika masalah masih belum terselesaikan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Setel Ulang Pengaturan

Resetting all settings can help resolve software-related issues.

Go to Settings, select General, scroll down and tap Reset. Choose Reset All Settings and enter your passcode, then follow the on-screen instructions.

Be aware that this will erase your personalized settings, but your data and media files will be kept intact.

If the problem persists, proceed to the next step.

5. Hubungi Layanan Teknis Apple

Jika semua langkah di atas belum berhasil, masalah mungkin terkait dengan hardware.

Kunjungi Apple Store terdekat atau hubungi layanan teknis Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dengan masalah layar sentuh iPhone Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan tas tangan atau sarung layar pada iPhone saya ketika layar tidak bisa disentuh?

Tidak dianjurkan menggunakan tas tangan atau sarung layar saat masalah layar sentuh terjadi. Sebaiknya cari tahu penyebab masalahnya terlebih dahulu dan ikuti solusi yang telah disediakan.

2. Apakah saya harus membayar jika saya membawa iPhone saya ke Apple Store untuk diperbaiki?

Biaya perbaikan tergantung pada garansi yang Anda miliki dan jenis kerusakan yang terjadi pada iPhone. Jika masih dalam garansi dan kerusakan termasuk dalam cakupan garansi, Anda mungkin tidak perlu membayar. Namun, jika garansi telah habis atau kerusakan tidak termasuk dalam garansi, Anda mungkin dikenakan biaya perbaikan.

3. Apakah perangkat lunak pihak ketiga dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh iPhone?

Iya, aplikasi atau perangkat lunak pihak ketiga yang tidak kompatibel dengan iOS terbaru dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh. Pastikan aplikasi Anda selalu diperbarui ke versi terbaru agar kompatibel dengan sistem operasi iPhone Anda.

TRENDING :  Cara Menyalakan Hotspot iPhone XR

4. Apakah layar sentuh iPhone rusak jika tidak berfungsi?

Tidak selalu. Masalah dengan layar sentuh iPhone bisa disebabkan oleh masalah perangkat lunak, kotoran, atau penyebab lainnya. Jika masalahnya persisten dan tidak dapat diatasi dengan solusi-solusi di atas, layar sentuh mungkin mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki atau diganti.

5. Apakah langkah-langkah di atas juga berlaku untuk iPad atau iPod Touch?

Secara umum, langkah-langkah di atas dapat diterapkan pada iPad dan iPod Touch juga. Namun, perlu diingat bahwa ada perbedaan dalam tombol pada perangkat-perangkat tersebut, jadi pastikan mengikuti instruksi yang sesuai dengan model perangkat Anda.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah iPhone yang tidak bisa disentuh. Jika masalah persisten, konsultasikan dengan ahli teknis atau hubungi layanan pelanggan resmi Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi masalah dengan layar sentuh iPhone Anda. Terima kasih telah membaca!