site traffic analytics
Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

8 Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam: Solusi Ampuh yang Wajib Dicoba

Haii teman Radar, kali ini kami akan membahas cara mengatasi HP kena air dengan baterai tanam. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan HP terkena air, seperti terjatuh ke dalam air, terkena hujan atau cipratan air minum. Tidak sedikit orang yang merasa putus asa ketika HP-nya terkena air, apalagi jika baterai HP tersebut tanam atau tidak dapat dilepas. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP kena air dengan baterai tanam. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jangan Nyalakan HP Terlebih Dahulu

Jika HP Anda terkena air, jangan langsung menyalakannya terlebih dahulu. Ini sangat penting karena jika HP masih dalam kondisi menyala dan terkena air, maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada komponen-komponen di dalam HP. Oleh karena itu, segeralah matikan HP Anda dan jangan mencoba untuk menyalakannya kembali. Tunggu beberapa saat hingga HP Anda benar-benar kering dan pastikan tidak ada lagi air di dalamnya sebelum menyalakannya kembali.

2. Cepat Tindakan Segera

Ketika HP terkena air, tindakan yang cepat sangat diperlukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar HP cepat kering dan tidak terjadi kerusakan lebih lanjut. Yang pertama, segera keluarkan baterai HP Anda dan lap dengan kain yang kering. Setelah itu, Anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan HP Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan hair dryer pada suhu rendah agar tidak merusak komponen di dalam HP. Selain itu, jangan terlalu dekatkan hair dryer pada HP Anda. Lebih baik, gunakan jarak yang aman sekitar 20-30 cm.

3. Simpan HP dalam Wadah Beras

Jika HP Anda terkena air dan tidak bisa dilepas baterainya, Anda bisa mencoba cara ini. Pertama-tama, siapkan wadah yang berisi beras. Letakkan HP Anda di dalam wadah tersebut dan pastikan HP tertutupi dengan beras. Biarkan HP Anda dalam wadah beras selama minimal 24 jam. Beras akan menyerap air yang ada di dalam HP dan membantu mengeringkan HP dengan cepat. Setelah itu, coba hidupkan HP Anda kembali. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi HP kena air dengan baterai tanam.

TRENDING :  Cara Cek Golongan Darah di HP Tanpa Suntik

4. Gunakan Alkohol Isopropil

Alkohol isopropil merupakan cairan yang biasanya digunakan untuk membersihkan komponen elektronik. Anda bisa mencoba menggunakan alkohol isopropil untuk membersihkan HP Anda yang terkena air. Namun, pastikan untuk menggunakan alkohol isopropil yang murni atau memiliki kadar alkohol yang tinggi, karena alkohol yang mengandung air bisa memperparah kerusakan pada HP Anda. Pertama-tama, siapkan kain yang bersih dan celupkan ke dalam alkohol isopropil. Lalu, laplah HP Anda secara perlahan dengan menggunakan kain tersebut. Setelah itu, biarkan HP Anda dalam keadaan terbuka dan biarkan alkohol menguap selama beberapa saat. Jangan lupa untuk menyalakan HP Anda setelah itu untuk memastikan apakah HP Anda sudah benar-benar kering dan tidak ada lagi kerusakan pada komponen di dalamnya.

5. Gunakan Keringanan Udara

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP kena air dengan baterai tanam adalah menggunakan keringanan udara. Caranya, cukup siapkan hair dryer atau kipas angin yang memiliki pengaturan kecepatan rendah. Letakkan HP Anda di atas permukaan yang datar dan kering, lalu atur pengaturan kecepatan rendah pada hair dryer atau kipas angin. Biarkan HP Anda di dalam arus udara yang lembut selama beberapa jam hingga benar-benar kering. Ingat, jangan terlalu dekatkan hair dryer atau kipas angin pada HP Anda dan pastikan jarak yang aman sekitar 20-30 cm.

6. Gunakan Vakum

Jika HP Anda terkena air dan ada banyak air yang masuk ke dalamnya, Anda bisa mencoba menggunakan vakum. Caranya, cukup siapkan vakum atau mesin penyedot debu dan atur pengaturan kecepatannya menjadi rendah. Lalu, letakkan HP Anda di atas permukaan yang datar dan kering, dan atur pengaturan kecepatan rendah pada vakum. Biarkan vakum menghisap udara dari HP Anda selama beberapa menit. Cara ini cukup efektif untuk mengeluarkan air yang ada di dalam HP dan membantu mengeringkan HP dengan cepat.

TRENDING :  Cara Update Saldo e Money di HP tanpa NFC

7. Gunakan Kertas Tisu atau Kapas

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan kertas tisu atau kapas. Caranya, cukup siapkan kertas tisu atau kapas yang bersih dan laplah HP Anda secara perlahan. Setelah itu, letakkan HP Anda di atas permukaan yang datar dan kering, dan biarkan kertas tisu atau kapas menyerap air yang ada di dalam HP. Anda bisa mengganti kertas tisu atau kapas secara berkala hingga HP Anda benar-benar kering. Namun, pastikan untuk tidak terlalu menekan HP Anda agar tidak merusak komponen di dalamnya.

8. Gunakan Dry Bag

Jika Anda sering beraktivitas di tempat yang berisiko HP terkena air, seperti di pantai atau saat melakukan olahraga air, sebaiknya Anda menggunakan dry bag. Dry bag adalah tas yang dilengkapi dengan sistem kedap air, sehingga HP Anda akan tetap aman meskipun terkena air. Anda bisa membeli dry bag di toko-toko outdoor atau toko online dengan harga yang terjangkau.

Orang Juga Bertanya:

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah HP yang kena air masih bisa diperbaiki? Ya, HP yang kena air masih bisa diperbaiki tergantung dari tingkat kerusakannya. Namun, sebaiknya segera membawa ke tukang servis terpercaya agar tidak semakin parah kerusakannya.
2 Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki HP yang kena air? Biaya untuk memperbaiki HP yang kena air bervariasi tergantung dari tingkat kerusakan dan jenis HP Anda. Namun, biaya yang harus dikeluarkan biasanya cukup tinggi karena harus mengganti komponen yang rusak.
3 Bagaimana cara mencegah HP kena air? Anda bisa mencegah HP kena air dengan menggunakan case atau pelindung HP yang tahan air. Selain itu, hindari membawa HP saat berenang atau berada di area yang memiliki risiko tinggi terkena air.
4 Apakah merendam HP dalam nasi bisa memperbaiki kerusakan akibat air? Merendam HP dalam nasi sebenarnya tidak efektif untuk memperbaiki kerusakan akibat air. Hal ini hanya akan membuat kotoran masuk ke dalam HP dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
5 Apakah memasukkan HP ke dalam freezer bisa memperbaiki kerusakan akibat air? Tidak, memasukkan HP ke dalam freezer justru akan memperparah kerusakan pada HP Anda. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada komponen di dalamnya.
TRENDING :  Cara Join Breakout Room Zoom

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi HP kena air dengan baterai tanam. Jika HP Anda terkena air, jangan panik dan segera ikuti tips yang kami berikan di atas untuk memperbaiki HP Anda. Namun, jika kerusakan terlalu parah, sebaiknya segera bawa ke tukang servis terpercaya agar tidak semakin parah kerusakannya. Selain itu, lakukan pencegahan agar HP Anda tidak kena air dengan menggunakan pelindung HP yang tahan air dan hindari membawa HP saat berenang atau berada di area yang memiliki risiko tinggi terkena air. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman Radar dan jangan lupa ikuti kami di Google News