site traffic analytics

Cara Share Screen di Google Meet

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara share screen di Google Meet. Bagi kamu yang sering menggunakan Google Meet untuk keperluan rapat atau belajar online, fitur share screen ini sangat penting. Dengan share screen, kamu dapat membagikan tampilan layar laptop atau komputermu kepada peserta rapat atau siswa-siswi saat melakukan presentasi atau menjelaskan suatu tugas. Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak cara share screen di Google Meet berikut ini!

Apa itu Google Meet?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara share screen di Google Meet, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu Google Meet. Google Meet adalah layanan video conference atau pertemuan video yang disediakan oleh Google. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengadakan rapat online, presentasi, atau belajar jarak jauh melalui video conference dengan peserta lain yang terhubung melalui jaringan internet. Google Meet sangat populer digunakan sebagai alat komunikasi online terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Bagaimana Cara Share Screen di Google Meet?

Berikut adalah langkah-langkah cara share screen di Google Meet:

1. Pertama, buka aplikasi Google Meet dan masuk ke rapat atau pertemuan yang sudah diatur.

2. Pada tombol bawah layar, klik pada ikon “Present now” atau “Presentasi sekarang”.

3. Kemudian, pilih opsi “Aplikasi / Layar” untuk membagikan tampilan aplikasi tertentu atau layar keseluruhan, sesuai kebutuhanmu.

4. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu bagikan atau pilih “Layar Keseluruhan” untuk membagikan tampilan seluruh layar.

5. Setelah memilih, klik “Mulai Sekarang” untuk memulai share screen.

6. Apabila sudah selesai membagikan tampilan, klik “Selesai Presentasi” untuk menghentikan share screen.

TRENDING :  Cara Menambah RAM HP

7. Selamat, kamu telah berhasil melakukan share screen di Google Meet!

Mengapa Share Screen di Google Meet Penting?

Share screen di Google Meet sangat penting karena fitur ini memudahkan kamu dalam berkomunikasi atau berbagi informasi kepada peserta rapat atau siswa-siswi. Dengan membagikan tampilan layar, kamu dapat menunjukkan suatu presentasi, dokumen, atau gambar yang sedang kamu jelaskan secara visual. Hal ini akan membuat peserta rapat atau siswa-siswi lebih mudah memahami materi yang kamu sampaikan dan memudahkan proses pembelajaran atau berbagi informasi.

FAQ

1. Apakah setiap peserta rapat bisa melakukan share screen di Google Meet?

Tidak, hanya moderator rapat yang dapat melakukan share screen di Google Meet.

2. Apakah semua aplikasi bisa di-share screen di Google Meet?

Tidak semua aplikasi bisa di-share screen di Google Meet. Namun, sebagian besar aplikasi yang ada di komputer atau laptop dapat di-share screen di Google Meet.

3. Bisakah saya membagikan tampilan layar kedua saya di Google Meet?

Ya, kamu dapat membagikan tampilan layar kedua atau monitor tambahanmu di Google Meet. Pilih opsi “Layar Kedua” saat memilih aplikasi yang ingin di-share screen.

4. Apakah semua versi Google Meet mendukung fitur share screen?

Ya, semua versi Google Meet, baik itu versi gratis maupun versi premium, mendukung fitur share screen.

5. Apakah peserta rapat dapat melakukan anotasi pada tampilan yang sedang di-share screen?

Tidak, hanya pemilik atau moderator rapat yang dapat melakukan anotasi pada tampilan yang sedang di-share screen di Google Meet.

Kesimpulan

Dalam pembelajaran atau rapat online menggunakan Google Meet, share screen merupakan fitur yang sangat penting. Dengan cara share screen di Google Meet, kamu dapat membagikan tampilan layar laptop atau komputermu kepada peserta rapat atau siswa-siswi sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran atau berbagi informasi.

TRENDING :  Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis

Langkah-langkah cara share screen di Google Meet cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Google Meet, memilih opsi “Present now” atau “Presentasi sekarang”, memilih aplikasi atau tampilan layar yang ingin kamu bagikan, dan mulai membagikan tampilan tersebut. Setelah selesai, kamu dapat menghentikan share screen dengan mengklik “Selesai Presentasi”.

Jadi, bagi kamu yang sering menggunakan Google Meet, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur share screen ini ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam melakukan share screen di Google Meet. Terima kasih dan selamat mencoba!