site traffic analytics

Cara Menonaktifkan Google Chrome Update

Haii, Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara menonaktifkan google chrome update”. Bagi kamu yang ingin menghentikan update otomatis di Google Chrome, artikel ini akan memberikan panduan yang lengkap dan mudah dipahami. Baca terus untuk informasi selengkapnya!

1. Menggunakan Group Policy Editor

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan Google Chrome update adalah dengan menggunakan Group Policy Editor. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Langkah pertama adalah membuka Group Policy Editor dengan cara menekan tombol “Windows + R” pada keyboard, kemudian ketik “gpedit.msc”. Setelah itu, tekan Enter.

Langkah 2:

Setelah jendela Group Policy Editor terbuka, pergi ke “Computer Configuration” > “Administrative Templates” > “Google” > “Google Update”.

Langkah 3:

Pilih “Update policy override” di panel sebelah kanan, lalu klik kanan dan pilih “Edit”.

Langkah 4:

Pada jendela yang muncul, pilih “Enabled” dan atur “Updates disabled” di bawahnya. Setelah itu, klik “Apply” dan “OK”.

2. Menggunakan Registry Editor

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan Registry Editor untuk menonaktifkan update Chrome. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Buka Registry Editor dengan menekan tombol “Windows + R” pada keyboard, kemudian ketik “regedit”. Tekan Enter untuk membuka Registry Editor.

Langkah 2:

Dalam Registry Editor, pergi ke “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Google\Update”. Jika direktori tersebut tidak ada, kamu dapat membuatnya dengan klik kanan dan pilih “New” > “Key”, lalu beri nama “Google”. Setelah itu, klik kanan pada folder “Google” yang baru dibuat dan pilih “New” > “Key” lagi, lalu beri nama “Update”.

Langkah 3:

Pada folder “Update” yang baru dibuat, klik kanan di panel sebelah kanan dan pilih “New” > “DWORD (32-bit) Value”. Beri nama DWORD tersebut “UpdateDefault” dan set nilainya menjadi “0”.

TRENDING :  Cara Sembunyikan Foto di iPhone

Langkah 4:

Setelah itu, restart komputer kamu untuk mengaktifkan perubahan yang telah kamu lakukan.

3. Menggunakan Group Policy Editor (Google Chrome Enterprise)

Jika kamu menggunakan Google Chrome Enterprise, langkah-langkah untuk menonaktifkan update Chrome sedikit berbeda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Buka Group Policy Editor dengan menekan tombol “Windows + R” pada keyboard, kemudian ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter.

Langkah 2:

Pada jendela Group Policy Editor, pergi ke “Computer Configuration” > “Administrative Templates” > “Classic Administrative Templates (ADM) > “Google” > “Google Update”.

Langkah 3:

Pilih “Auto-update check period override” di panel sebelah kanan, klik kanan dan pilih “Edit”.

Langkah 4:

Pada jendela yang muncul, pilih “Enabled”, lalu atur “Check period in minutes” menjadi “0”. Klik “Apply” dan “OK”.

4. Menggunakan Google Update Policy Template

Jika kamu ingin menonaktifkan update Chrome untuk pengguna tertentu pada komputer yang terhubung ke jaringan, kamu dapat menggunakan Google Update Policy Template. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Unduh dan instal Google Update Policy Template untuk Google Chrome dari halaman resmi Google.

Langkah 2:

Buka Group Policy Editor dengan menekan “Windows + R” pada keyboard, ketik “gpedit.msc”, dan tekan Enter.

Langkah 3:

Pada jendela Group Policy Editor, pergi ke “Computer Configuration” > “Administrative Templates” > “Classic Administrative Templates (ADM)” > “Google” > “Google Update”.

Langkah 4:

Pilih “Update policy override” di panel sebelah kanan, klik kanan dan pilih “Edit”.

Langkah 5:

Pilih “Enabled” pada jendela yang muncul, lalu klik “Show” dan masukkan ID pengguna atau grup pengguna yang ingin kamu atur untuk menonaktifkan update Chrome.

5. Menggunakan Chrome Update Stopper

Metode terakhir yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan Chrome Update Stopper. Ini adalah aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menonaktifkan pembaruan otomatis di Google Chrome. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING :  Cara Memisahkan Halaman PDF: Mudah dan Cepat

Langkah 1:

Unduh dan instal Chrome Update Stopper dari situs web resmi penyedia.

Langkah 2:

Jalankan aplikasi Chrome Update Stopper yang telah diinstall.

Langkah 3:

Pilih opsi “Disable Updates” atau “Stop Updates” di dalam aplikasi.

Langkah 4:

Restart Google Chrome untuk menerapkan perubahan.

FAQ

1. Apakah menonaktifkan update Chrome aman?

Iya, menonaktifkan update Chrome tidak akan membahayakan komputer kamu. Namun, kamu perlu memperhatikan bahwa dengan tidak mengupdate Chrome secara teratur, kamu mungkin tidak mendapatkan pembaruan keamanan terbaru dan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Google.

2. Apa saja risiko yang bisa timbul jika tidak mengupdate Chrome?

Jika kamu tidak mengupdate Chrome secara teratur, komputer kamu mungkin akan rentan terhadap serangan malware dan kerentanan keamanan lainnya. Selain itu, kamu juga akan kehilangan akses ke fitur-fitur baru yang diperkenalkan oleh Google pada versi baru Chrome.

3. Apakah saya perlu mematikan update Chrome secara permanen?

Tidak perlu, kamu dapat memutuskan untuk menonaktifkan update Chrome sementara jika kamu mengalami masalah dengan pembaruan tertentu. Namun, disarankan untuk mengaktifkan kembali update Chrome setelah masalahnya teratasi untuk menjaga keamanan dan kinerja Chrome kamu yang optimal.

4. Apakah saya bisa menonaktifkan update Chrome di perangkat seluler?

Tidak, saat ini Google tidak memberikan opsi untuk menonaktifkan update Chrome di perangkat seluler. Namun, Chrome secara otomatis akan mengupdate ke versi terbaru saat ada pembaruan yang tersedia di toko aplikasi ponsel kamu.

5. Apakah saya akan kehilangan data saya jika saya menonaktifkan update Chrome?

Tidak, menonaktifkan update Chrome tidak akan menghapus data atau pengaturan yang ada di browser kamu. Namun, jika kamu tidak mengupdate Chrome secara teratur, ada risiko untuk kehilangan data jika terjadi masalah pada versi lama Chrome yang kamu gunakan.

TRENDING :  Cara Cepat Menemukan IP Address Android

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah membahas tentang cara menonaktifkan Google Chrome update. Kamu dapat menggunakan metode seperti Group Policy Editor, Registry Editor, Google Update Policy Template, atau aplikasi pihak ketiga seperti Chrome Update Stopper. Namun, perlu diingat bahwa menonaktifkan update Chrome dapat mempengaruhi keamanan dan kinerja browser kamu. Pastikan untuk tetap mengupdate Chrome secara teratur atau mengaktifkan kembali update setelah masalahnya teratasi. Ingatlah pentingnya menjaga dan mengoptimalkan penggunaan Chrome untuk pengalaman browsing yang lebih baik dan aman.