site traffic analytics

Cara Mengirim Folder lewat WhatsApp

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengirim folder lewat WhatsApp. Di era digital saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan WhatsApp, kita dapat mengirim pesan teks, gambar, video, dan bahkan dokumen ke teman, keluarga, atau rekan kerja. Namun, banyak dari kita belum mengetahui cara mengirim folder menggunakan WhatsApp. Melalui artikel ini, kami akan memandu dan menjelaskan langkah-langkah mudah untuk melakukan hal tersebut.

Langkah 1: Siapkan File atau Folder yang Akan Dikirim

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan file atau folder yang ingin Anda kirim melalui WhatsApp. Pastikan file atau folder tersebut telah Anda simpan dengan baik di perangkat Anda. Anda dapat mengumpulkan beberapa file atau folder dalam satu folder utama untuk kemudahan pengelolaan dan pengiriman.

Langkah 2: Kompres File atau Folder

Sebelum mengirim folder, Anda perlu mengompres file atau folder tersebut menjadi satu file ZIP. Caranya adalah dengan mengklik kanan file atau folder, pilih “Tambahkan ke Arsip”, atau gunakan aplikasi pengekstrak arsip pihak ketiga yang Anda miliki. Mengompres file atau folder menjadi satu file ZIP akan memudahkan proses pengiriman melalui WhatsApp.

Langkah 3: Buka WhatsApp dan Pilih Kontak

Setelah Anda menyiapkan file atau folder yang akan dikirim dan mengompresnya menjadi file ZIP, selanjutnya Anda perlu membuka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda. Pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirim folder tersebut.

Langkah 4: Lampirkan File ZIP

Pada jendela percakapan, ketuk ikon penjepit atau tombol “Tambahkan” (icon bergambar klip) yang ada di pojok kanan bawah layar. Pilih opsi “Dokumen” atau “File” tergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan. Selanjutnya, cari dan pilih file ZIP yang telah Anda buat pada langkah sebelumnya.

TRENDING :  Cara Screenshot Realme 7: Panduan Praktis untuk Mengambil Gambar Layar di Ponsel Anda

Langkah 5: Kirim File ZIP

Setelah Anda melampirkan file ZIP, Anda dapat menambahkan pesan atau deskripsi singkat (opsional) sebelum mengirimnya. Selanjutnya, ketuk tombol kirim atau ikon pesawat kertas untuk mengirim folder tersebut. WhatsApp akan mulai mengunggah file ZIP dan mengirimkannya ke kontak yang Anda pilih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa mengirim folder dengan WhatsApp?

Ya, Anda dapat mengirim folder melalui WhatsApp dengan mengompres folder tersebut menjadi file ZIP dan mengirimnya melalui fitur pengiriman dokumen di aplikasi WhatsApp.

2. Apakah semua jenis file dapat dikirim melalui WhatsApp?

WhatsApp memungkinkan pengiriman berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, video, dan audio dalam batas ukuran tertentu. Namun, terdapat beberapa format file yang tidak didukung oleh WhatsApp, seperti format file bertipe executables (.exe).

3. Berapa batas ukuran file yang dapat dikirim melalui WhatsApp?

WhatsApp memiliki batas ukuran file yang dapat dikirim, yaitu hingga 100 MB untuk Android dan 128 MB untuk iOS. Namun, perlu diingat bahwa semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirimnya.

4. Mengapa perlu mengompres file atau folder menjadi file ZIP?

Mengompres file atau folder menjadi file ZIP memudahkan proses pengiriman melalui WhatsApp karena mengurangi ukuran file yang akan dikirim. Selain itu, file ZIP juga dapat menyimpan struktur folder, sehingga penerima dapat dengan mudah mengembalikan file ke tata letak semula.

5. Apakah penerima harus memiliki aplikasi pengekstrak arsip untuk membuka file ZIP?

Sebagian besar perangkat modern sudah dilengkapi dengan aplikasi pengekstrak arsip bawaan. Jika penerima tidak memiliki aplikasi pengekstrak arsip, mereka dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti WinRAR atau 7-Zip yang dapat digunakan untuk membuka file ZIP.

TRENDING :  Cara Mengubah Bahasa Whatsapp: Solusi Mudah untuk Mengganti Bahasa di WhatsApp

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengirim folder lewat WhatsApp. Langkah-langkahnya cukup sederhana, yaitu menyiapkan file atau folder yang akan dikirim, mengompresnya menjadi file ZIP, membuka WhatsApp, memilih kontak, melampirkan file ZIP, dan mengirimnya. Pastikan Anda memperhatikan batas ukuran file yang dapat dikirim melalui WhatsApp dan berikutnya, penerima dapat dengan mudah membuka file ZIP dengan menggunakan aplikasi pengekstrak arsip.

WhatsApp memudahkan pengguna untuk mengirim berbagai jenis file, termasuk folder, melalui fitur pengiriman dokumen di aplikasinya. Dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengirim folder ke teman, keluarga, atau rekan kerja melalui WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengirim folder melalui WhatsApp. Selamat mencoba!