site traffic analytics

Cara Mengganti Kategori di Youtube: Bimbingan Lengkap 2021

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengganti kategori di Youtube. Apakah kamu seorang konten kreator yang ingin mengoptimalkan video-video kamu agar lebih mudah ditemukan oleh penonton yang tepat? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih kategori yang sesuai untuk setiap video yang kamu upload di platform Youtube.

Jumlah konten yang banyak di Youtube membuat pentingnya pengelompokan video ke dalam kategori yang tepat semakin meningkat. Dengan mengganti kategori di Youtube, kamu dapat membantu Youtube memahami dan merangkum isi video kamu, sehingga dapat menawarkannya kepada penonton yang berkepentingan dengan topik yang kamu bahas. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara mengganti kategori di Youtube.

1. Membuka Pengaturan Video

1.1 Masuk ke Akun Youtube Kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke akun Youtube kamu. Buka aplikasi Youtube di perangkat kamu dan masuk dengan menggunakan akun Google yang terhubung dengan saluran Youtube kamu.

1.2 Pilih Video yang Akan Diubah Kategorinya

Setelah berhasil masuk, pilih video yang ingin kamu ubah kategorinya. Kamu dapat mencarinya di daftar video kamu atau menggunakan fitur pencarian di aplikasi Youtube menggunakan judul atau deskripsi video tersebut.

1.3 Klik Tombol “Edit”

Setelah menemukan video yang ingin kamu ubah kategorinya, klik tombol “Edit” yang terletak di bagian bawah video tersebut. Tombol “Edit” biasanya berupa ikon pena, dan akan membawa kamu ke halaman pengeditan video.

2. Mengganti Kategori Video

2.1 Pilih Tab “Informasi Dasar”

Setelah berada di halaman pengeditan video, pilih tab yang bertuliskan “Informasi Dasar”. Tab ini akan menampilkan detail video seperti judul, deskripsi, tag, dan kategori.

TRENDING :  Menghilangkan Garis Bawah Word: Cara Mudah untuk Mengatasi Masalah Formatting

2.2 Klik Dropdown Menu Kategori

Setelah memilih tab “Informasi Dasar”, kamu akan melihat dropdown menu yang berisi daftar kategori yang tersedia. Klik dropdown menu tersebut untuk melihat semua kategori yang bisa kamu pilih.

2.3 Pilih Kategori yang Sesuai

Setelah dropdown menu terbuka, pilih kategori yang sesuai dengan konten video kamu. Pastikan kategori yang kamu pilih benar-benar mencerminkan isi video kamu untuk memaksimalkan pengoptimalan pencarian.

2.4 Simpan Perubahan

Setelah memilih kategori yang sesuai, jangan lupa untuk menekan tombol “Simpan” atau “Selesai” agar perubahan kategori yang kamu lakukan dapat disimpan. Youtube akan memperbarui kategori video kamu sesuai dengan pilihan kamu.

3. Mengapa Mengganti Kategori di Youtube Penting?

3.1 Meningkatkan Visibilitas Video

Dengan mengganti kategori di Youtube, video kamu memiliki peluang lebih besar untuk muncul dalam hasil pencarian yang relevan. Youtube menggunakan kategori sebagai salah satu faktor dalam menampilkan video kepada penonton yang berkepentingan.

3.2 Membantu Menargetkan Penonton dengan Tepat

Dengan memilih kategori yang sesuai dengan isi video kamu, Youtube dapat menawarkan video kamu kepada penonton yang tepat. Hal ini akan membantu menarik penonton yang berkepentingan dengan topik yang kamu bahas dalam video kamu.

3.3 Mengoptimalkan Strategi Pemasaran

Memilih kategori yang sesuai juga dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan strategi pemasaran melalui Youtube. Kamu dapat menargetkan penonton yang spesifik dan mencapai audiens yang lebih relevan dengan konten kamu.

3.4 Membangun Citra Profesional

Mengganti kategori di Youtube juga dapat membantu kamu dalam membangun citra profesional sebagai seorang konten kreator. Dengan memiliki video-video yang terorganisir dengan baik dan kategori yang sesuai, penonton akan melihat kamu sebagai seseorang yang serius dalam membuat konten berkualitas.

TRENDING :  Cara Mengetahui Komposisi Pemain Lawan di PES Mobile

4. Apakah Bisa Mengganti Kategori Video Setelah Diupload?

4.1 Ya, Kamu Bisa!

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah bisa mengganti kategori video setelah diupload? Jawabannya adalah ya, kamu bisa mengganti kategori video setelah diupload. Youtube menyediakan fitur pengeditan video yang memungkinkan kamu untuk memperbarui kategori video kapan pun yang kamu inginkan.

4.2 Fleksibilitas dalam Mengoptimalkan Konten

Fitur ini memberikan fleksibilitas kepada para konten kreator untuk terus mengoptimalkan konten mereka seiring waktu. Kamu dapat mengubah kategori video jika topik atau fokus channel kamu berubah, atau jika kamu ingin menguji performa video kamu dalam kategori yang berbeda.

4.3 Jangan Terlalu Sering Mengubah Kategori

Walaupun kamu bisa mengganti kategori video setelah diupload, penting untuk tidak terlalu sering mengubah kategori. Pengalaman yang baik adalah memilih kategori yang sesuai sejak awal dan hanya mengubahnya jika benar-benar diperlukan. Terlalu sering mengubah kategori dapat memberikan efek negatif pada performa video kamu di Youtube.

5. Apakah Diperlukan Verifikasi Channel untuk Mengganti Kategori Video di Youtube?

5.1 Tidak Diperlukan Verifikasi Channel

Tidak, kamu tidak perlu melakukan verifikasi channel untuk mengganti kategori video di Youtube. Fitur mengganti kategori video tersedia untuk semua pengguna Youtube, baik yang memiliki channel yang sudah diverifikasi maupun yang belum diverifikasi.

5.2 Tapi, Verifikasi Channel Menghadirkan Keuntungan Lainnya

Walaupun verifikasi channel tidak diperlukan untuk mengganti kategori video di Youtube, melakukan verifikasi channel memiliki keuntungan lainnya. Diantaranya adalah mendapatkan fitur dan hak istimewa tambahan seperti mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 menit, menyesuaikan thumbnail, dan mengaktifkan monetisasi.

Kesimpulan

Dalam dunia Youtube yang penuh dengan konten yang beragam, mengganti kategori di Youtube menjadi langkah penting untuk membantu video kamu mencapai penonton yang tepat. Dengan cara yang mudah dan fleksibel, kamu bisa mengganti kategori video kapan saja. Pastikan untuk memilih kategori yang sesuai dengan isi video kamu untuk meningkatkan visibilitas, menargetkan penonton dengan tepat, mengoptimalkan strategi pemasaran, dan membangun citra profesional. Ingatlah untuk tidak terlalu sering mengubah kategori dan pertimbangkan verifikasi channel untuk keuntungan tambahan. Mari tingkatkan kualitas konten kita dan jadikan Youtube sebagai platform yang lebih baik!

TRENDING :  Cara Memperbaiki HP Coolpad Mentok di Logo