site traffic analytics

Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara masuk ke safe mode windows 10. Jika Anda mengalami masalah dengan sistem operasi Windows 10 Anda dan perlu memperbaikinya, maka masuk ke safe mode adalah salah satu cara yang tepat. Safe mode adalah mode di mana Windows hanya memuat file dan driver penting untuk menjalankan sistem, sehingga memungkinkan Anda mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Apa itu Safe Mode di Windows 10?

Safe mode adalah mode diagnostik yang memungkinkan Anda memperbaiki masalah sistem, baik itu kesalahan perangkat lunak atau masalah driver, tanpa harus terganggu oleh program atau driver yang tidak penting. Dalam safe mode, Windows hanya memuat file dan driver yang sangat penting untuk menjalankan sistem operasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menguji apakah masalah yang Anda alami ada kaitannya dengan perangkat lunak atau driver yang tidak kompatibel.

Bagaimana Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10?

Ada beberapa cara untuk masuk ke safe mode di Windows 10:

1. Menggunakan Pengaturan

Langkah pertama adalah masuk ke pengaturan Windows 10 dengan menekan tombol “Windows” + “I” pada keyboard. Setelah itu, klik pada opsi “Update & Security” dan pilih “Recovery” di panel sebelah kiri. Di bagian “Advanced startup”, klik tombol “Restart now”. Setelah komputer Anda restart, akan muncul opsi untuk memilih berbagai pilihan opsi booting. Pilih “Troubleshoot” > “Advanced options” > “Startup Settings” > “Restart”. Setelah itu, Anda akan masuk ke menu “Startup Settings” dan dapat memilih opsi Safe Mode yang diinginkan.

2. Menggunakan Tombol F8

Masukkan DVD instalasi Windows 10 atau bootable USB, kemudian restart komputer. Pada layar pertama yang muncul, tekan tombol “F8” secara berulang-ulang hingga muncul layar “Advanced Boot Options”. Di menu ini, pilih opsi “Safe Mode” atau “Safe Mode with Networking” menggunakan tombol panah pada keyboard dan tekan “Enter”. Komputer akan memuat Windows 10 dalam safe mode.

TRENDING :  Menampilkan Watermark di Kamera Xiaomi

3. Melalui Pengaturan Sistem Konfigurasi

Pada keyboard, tekan tombol “Windows” + “R” untuk membuka dialog “Run”. Ketik “msconfig” dan tekan “Enter” untuk membuka “System Configuration”. Di tab “Boot”, aktifkan opsi “Safe boot” dan pilih opsi safe mode yang diinginkan. Setelah itu, klik “OK” dan restart komputer untuk masuk ke safe mode.

4. Melalui Command Prompt

Buka Command Prompt sebagai administrator dengan mengklik kanan tombol “Start” dan memilih “Command Prompt (Admin)”. Ketik perintah “bcdedit /set {default} safeboot minimal” dan tekan “Enter”. Restart komputer Anda dan Windows akan memuat dalam safe mode.

5. Melalui Skema Penjangkaran

Jika Anda memiliki dual boot dengan Windows 10 dan versi sebelumnya, Anda dapat mengakses safe mode dengan melalui skema penjangkaran. Restart komputer Anda dan pada layar boot, tekan tombol “F8” secara berulang-ulang hingga muncul menu “Advanced Boot Options”. Di sana, pilih opsi “Repair your computer” > “Troubleshoot” > “Advanced options” > “Command Prompt”. Di Command Prompt, ketik perintah “bcdedit /set {default} safeboot minimal” dan tekan “Enter”. Setelah itu, masukkan perintah “exit” dan komputer Anda akan restart ke safe mode.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Bagaimana cara keluar dari safe mode di Windows 10?

Untuk keluar dari safe mode di Windows 10, cukup restart komputer Anda. Saat restart, Windows akan memuat ke dalam mode normal dan keluar dari safe mode.

2. Apa bedanya safe mode dengan mode aman dengan jaringan (safe mode with networking)?

Perbedaan antara safe mode dan safe mode with networking adalah bahwa safe mode with networking memungkinkan akses ke jaringan dan internet. Dalam mode ini, Anda dapat mengakses internet dan menggunakan layanan jaringan yang diperlukan, seperti mengunduh driver atau mendapatkan bantuan online.

TRENDING :  Cara Menonaktifkan WhatsApp di HP Oppo

3. Mengapa saya perlu masuk ke safe mode di Windows 10?

Masuk ke safe mode di Windows 10 berguna ketika Anda mengalami masalah dengan sistem operasi, seperti kesalahan perangkat lunak, masalah driver, atau konflik program. Dalam safe mode, Windows hanya memuat file dan driver yang diperlukan, sehingga memungkinkan Anda mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan yang diperlukan tanpa gangguan dari program lain.

4. Apakah safe mode bisa memperbaiki masalah di Windows 10?

Safe mode dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber masalah di Windows 10, seperti kesalahan perangkat lunak, masalah driver, atau konflik program. Namun, safe mode tidak selalu bisa memperbaiki masalah itu sendiri. Ketika masalah sudah teridentifikasi, Anda perlu mengambil langkah-langkah tertentu untuk memperbaikinya, misalnya dengan menginstal ulang driver atau menghapus program yang menyebabkan konflik.

5. Bagaimana cara mengetahui apakah saya berada di safe mode di Windows 10?

Jika Anda ingin memastikan apakah Anda berada di safe mode di Windows 10, Anda dapat melihatnya di pojok kanan bawah desktop. Jika teks “Safe Mode” atau “Safe Mode with Networking” terlihat, itu berarti Anda sedang berada di safe mode.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara masuk ke safe mode windows 10. Safe mode adalah mode diagnostik yang memungkinkan Anda memperbaiki masalah sistem tanpa harus terganggu oleh program atau driver yang tidak penting. Ada beberapa cara untuk masuk ke safe mode di Windows 10, termasuk melalui pengaturan, tombol F8, pengaturan sistem konfigurasi, command prompt, dan skema penjangkaran. Anda juga telah mengetahui beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar safe mode, termasuk cara keluar dari safe mode, perbedaan antara safe mode dan safe mode with networking, dan manfaat masuk ke safe mode. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah dengan sistem operasi Windows 10 Anda.

TRENDING :  Cara Menggunakan Psiphon Pro: Menjelajahi Internet dengan Bebas