site traffic analytics

Cara Kembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara kembalikan foto yang terhapus permanen di hp. Siapa yang tidak pernah menghapus foto secara tidak sengaja di hp? Kehilangan foto-foto berharga bisa membuat kita merasa sedih dan kecewa. Namun, jangan khawatir! Kami akan memberikan panduan lengkap untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Anda. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1: Gunakan Aplikasi Pengembalikan Data

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp adalah dengan menggunakan aplikasi pengembalikan data seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, atau Dr.Fone. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store atau App Store sesuai dengan jenis hp yang Anda gunakan. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi pengembalikan data

Buka aplikasi yang telah Anda unduh dan instal di hp Anda.

2. Pilih jenis file yang ingin dikembalikan

Pada menu awal aplikasi, Anda akan diminta untuk memilih jenis file yang ingin dikembalikan. Pilih opsi “Foto” atau “Galeri” untuk mengembalikan foto yang terhapus.

3. Pilih lokasi penyimpanan yang ingin dipindai

Setelah memilih jenis file, Anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan yang ingin dipindai. Pilih opsi “Internal Storage” atau “SD Card” tergantung dari mana foto yang terhapus sebelumnya tersimpan.

4. Mulai proses pemindaian

Setelah memilih lokasi penyimpanan, tap tombol “Start” atau “Scan” untuk memulai proses pemindaian. Aplikasi akan mulai memindai hp Anda untuk mencari file yang terhapus.

5. Tunggu sampai pemindaian selesai

Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai. Waktu yang dibutuhkan akan bergantung pada jumlah file yang terhapus dan ukuran penyimpanan hp Anda.

6. Lihat hasil pemindaian

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang berhasil dipulihkan oleh aplikasi. Cari foto yang ingin Anda kembalikan dan pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikannya ke galeri hp Anda.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

7. Cek di galeri hp Anda

Sekarang, periksa galeri hp Anda dan lihat apakah foto yang terhapus sudah berhasil dikembalikan. Jika belum, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas atau mencoba aplikasi pengembalikan data lainnya.

Langkah 2: Gunakan Cadangan Foto di Cloud

Jika Anda memiliki cadangan foto di cloud seperti Google Photos atau iCloud, Anda dapat mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi cloud

Buka aplikasi cloud yang digunakan untuk menyimpan cadangan foto Anda di hp Anda.

2. Login ke akun

Login ke akun Anda dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar.

3. Buka foto yang terhapus

Cari folder atau album yang berisi foto yang terhapus. Buka folder atau album tersebut.

4. Pilih foto yang terhapus

Pilih foto yang terhapus dan tekan tombol “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikannya ke galeri hp Anda.

5. Cek di galeri hp Anda

Sekarang, periksa galeri hp Anda dan lihat apakah foto yang terhapus sudah berhasil dikembalikan. Jika belum, Anda dapat mencoba cara lain seperti menghubungi penyedia layanan cloud atau mencari bantuan teknis.

Langkah 3: Gunakan Program Pemulihan Data di Komputer

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Anda, Anda dapat menggunakan program pemulihan data di komputer sebagai alternatif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Sambungkan hp ke komputer

Sambungkan hp Anda ke komputer dengan menggunakan kabel USB yang sesuai.

2. Buka program pemulihan data

Buka program pemulihan data seperti Recuva, FonePaw, atau iMobie di komputer Anda.

3. Pilih hp yang terhubung

Pada menu awal program, pilih hp Anda yang telah terhubung dengan komputer.

4. Pilih jenis file dan lokasi penyimpanan

Pilih jenis file “Foto” dan pilih lokasi penyimpanan hp Anda yang ingin dipindai.

TRENDING :  Mengubah Word Menjadi PDF: Solusi Praktis untuk Pengelolaan File Dokumen

5. Mulai proses pemindaian

Setelah memilih jenis file dan lokasi penyimpanan, klik tombol “Start” atau “Scan” untuk memulai proses pemindaian data.

6. Lihat hasil pemindaian

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang berhasil dipulihkan oleh program pemulihan data. Cari foto yang ingin Anda kembalikan dan pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikannya ke komputer Anda.

7. Transfer foto ke hp Anda

Setelah foto berhasil dipulihkan, Anda dapat mentransfernya kembali ke hp Anda menggunakan kabel USB atau metode transfer data lainnya.

Langkah 4: Gunakan Layanan Pemulihan Data Profesional

Apabila langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Anda, Anda dapat mencoba menggunakan layanan pemulihan data profesional. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari layanan pemulihan data profesional

Cari layanan pemulihan data profesional di daerah Anda yang memiliki reputasi baik dan ulasan positif.

2. Hubungi layanan pemulihan data

Hubungi layanan pemulihan data tersebut dan jelaskan kondisi hp Anda serta kebutuhan pemulihan data yang Anda inginkan.

3. Bawa hp Anda ke layanan pemulihan data

Bawa hp Anda ke layanan pemulihan data sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pastikan Anda memberikan informasi yang lengkap dan jelas kepada teknisi yang melayani.

4. Biarkan teknisi melakukan proses pemulihan data

Biarkan teknisi yang berpengalaman melakukan proses pemulihan data pada hp Anda. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari tergantung pada tingkat kerusakan dan kompleksitas pemulihan data yang diperlukan.

5. Terima hasil pemulihan data

Setelah proses pemulihan data selesai, Anda akan menerima hasilnya dari layanan pemulihan data. Periksa hasil pemulihan data tersebut dan pastikan semua foto yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

FAQ

1. Apakah saya bisa mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp secara gratis?

Ya, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pengembalikan data atau layanan pemulihan data gratis yang tersedia. Namun, perlu diingat bahwa hasilnya tidak selalu berhasil dan tergantung pada tingkat kerusakan dan kompleksitas pemulihan data yang diperlukan.

TRENDING :  Cara Setting APN 3 XL Telkomsel dan Indosat

2. Mengapa foto-foto saya bisa terhapus secara permanen di hp?

Foto-foto Anda bisa terhapus secara permanen di hp karena berbagai alasan seperti kesalahan pengguna, kerusakan sistem, atau serangan virus. Cobalah untuk selalu melakukan cadangan data secara teratur untuk menghindari kehilangan foto-foto berharga.

3. Apakah ada cara jitu untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp?

Tidak ada cara jitu yang bisa dijamin 100% berhasil untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp. Namun, Anda dapat mencoba langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas untuk meningkatkan peluang pemulihan data.

4. Apakah menggunakan layanan pemulihan data profesional aman?

Ya, menggunakan layanan pemulihan data profesional yang terpercaya dan memiliki reputasi baik umumnya aman. Pastikan Anda memilih layanan yang sudah berpengalaman dan memiliki kebijakan privasi yang jelas untuk melindungi data pribadi Anda.

5. Berapa biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional?

Biaya untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional bervariasi tergantung pada kompleksitas pemulihan data yang diperlukan, tingkat kerusakan, dan layanan yang Anda pilih. Biasanya, biaya ini berkisar antara beberapa ratus ribu rupiah hingga beberapa juta rupiah.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp bisa menjadi tugas yang sulit namun bukan hal yang mustahil. Dengan menggunakan aplikasi pengembalikan data, cadangan foto di cloud, program pemulihan data di komputer, atau layanan pemulihan data profesional, Anda memiliki peluang untuk mengembalikan foto yang hilang. Penting untuk diingat bahwa pengembalian data tidak selalu berhasil, oleh karena itu selalu lakukan cadangan secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang berharga. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan periksa hasilnya secara teliti.