site traffic analytics

Cara Instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro. Jika kamu merupakan pengguna Realme 3 atau 3 Pro dan ingin melakukan instalasi TWRP Recovery, kamu berada di tempat yang tepat! TWRP (Team Win Recovery Project) adalah custom recovery yang sangat berguna untuk mengakses fitur-fitur tambahan pada perangkat Android, termasuk melakukan backup sistem, menginstal custom ROM, dan melakukan pengaturan lanjutan.

Langkah-langkah Instalasi TWRP Realme 3 dan 3 Pro

Berikut adalah langkah-langkah cara instal TWRP pada perangkat Realme 3 dan 3 Pro dengan mudah dan aman:

1. Unlock Bootloader

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menginstal TWRP adalah melakukan unlock bootloader. Namun, perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat, jadi pastikan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Untuk melakukan unlock bootloader, ikuti langkah-langkah berikut:

– Aktifkan mode Pengembang dengan pergi ke Pengaturan > Tentang ponsel > Versi MIUI dan ketuk versi beberapa kali hingga muncul notifikasi “Anda sekarang sudah menjadi pengembang!”

– Kembali ke Pengaturan dan masuk ke Opsi pengembang, lalu aktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging.

– Hubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.

– Buka Command Prompt di komputer dan ketik perintah “adb devices” untuk memastikan perangkat terdeteksi.

– Ketik perintah “adb reboot bootloader” untuk memasukkan perangkat ke dalam mode bootloader.

– Ketik perintah “fastboot flashing unlock” untuk melakukan proses unlock bootloader.

2. Download dan Ekstrak TWRP Recovery

Setelah berhasil unlock bootloader, langkah berikutnya adalah mendownload dan mengekstrak file TWRP Recovery yang sesuai dengan perangkatmu. Kamu bisa mencari file TWRP Recovery untuk Realme 3 atau 3 Pro di situs resmi TWRP atau forum pengguna Realme yang terpercaya.

TRENDING :  Mengganti Password Laptop: Cara Mudah dan Aman

– Setelah mendapatkan file TWRP Recovery, ekstrak file tersebut di komputer.

3. Aktifkan Mode Fastboot di Perangkat

Untuk melanjutkan proses instalasi TWRP, kamu perlu memasukkan perangkat ke dalam mode fastboot:

– Matikan perangkat Realme 3 atau 3 Pro.

– Tekan dan tahan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan hingga muncul logo Fastboot.

– Sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.

4. Flash TWRP Recovery

Setelah masuk ke mode fastboot, langkah selanjutnya adalah melakukan flash TWRP Recovery:

– Buka Command Prompt di komputer dan arahkan ke folder tempat kamu mengekstrak file TWRP Recovery.

– Ketik perintah “fastboot flash recovery [namatwrp].img” (ganti [namatwrp] dengan nama file TWRP Recovery yang kamu ekstrak sebelumnya).

– Tunggu hingga proses flash selesai.

5. Reboot ke TWRP Recovery

Sekarang, kita perlu me-reboot perangkat ke dalam TWRP Recovery:

– Matikan perangkat Realme 3 atau 3 Pro.

– Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan hingga masuk ke TWRP Recovery.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu telah berhasil menginstal TWRP Recovery pada perangkat Realme 3 atau 3 Pro. Sekarang kamu dapat mengakses berbagai fitur tambahan yang disediakan oleh TWRP dan melakukan pengaturan lanjutan pada perangkatmu. Pastikan untuk melakukan backup sebelum melakukan perubahan yang signifikan pada sistem agar kamu dapat mengembalikan perangkat ke kondisi semula jika terjadi masalah. Selamat mencoba!

FAQ tentang Instalasi TWRP Realme 3 dan 3 Pro

1. Apa itu TWRP Recovery?

TWRP Recovery adalah custom recovery yang berfungsi untuk mengakses fitur-fitur tambahan pada perangkat Android, seperti melakukan backup sistem, menginstal custom ROM, dan melakukan pengaturan lanjutan.

2. Mengapa perlu melakukan unlock bootloader?

Unlock bootloader diperlukan untuk memasang TWRP Recovery dan menginstal ROM kustom atau sistem operasi modifikasi lainnya pada perangkat Android.

TRENDING :  Cara Mengganti Password Mifi Smartfren

3. Bagaimana cara unlock bootloader pada Realme 3 dan 3 Pro?

Untuk melakukan unlock bootloader pada Realme 3 dan 3 Pro, aktifkan mode pengembang, aktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging, sambungkan perangkat ke komputer, masukkan perangkat ke mode bootloader, dan lakukan proses unlock bootloader melalui command prompt.

4. Di mana bisa mendownload file TWRP Recovery untuk Realme 3 dan 3 Pro?

Kamu dapat mencari file TWRP Recovery untuk Realme 3 dan 3 Pro di situs resmi TWRP atau forum pengguna Realme yang terpercaya.

5. Apa yang harus dilakukan setelah instalasi TWRP Recovery?

Setelah menginstal TWRP Recovery, kamu dapat mengakses fitur-fitur tambahan pada perangkatmu, seperti menginstal custom ROM, melakukan backup sistem, dan melakukan pengaturan lanjutan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro dengan langkah-langkah yang mudah dan aman. Dengan menggunakan TWRP Recovery, kamu dapat mengakses fitur-fitur tambahan pada perangkatmu dan melakukan pengaturan lanjutan. Namun, perlu diingat bahwa proses ini membutuhkan unlock bootloader yang akan menghapus semua data yang ada di perangkat, jadi pastikan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga untuk mengunduh file TWRP Recovery yang sesuai dengan perangkatmu dari sumber yang terpercaya. Jika mengikuti langkah-langkah dengan benar, kamu akan berhasil menginstal TWRP Recovery dan menikmati fitur-fitur tambahan yang disediakan. Selamat mencoba!