site traffic analytics

Segala yang Perlu Diketahui tentang Imunisasi TT pada Ibu Hamil

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang berapa kali imunisasi TT pada ibu hamil.

Imunisasi TT atau tetanus toxoid merupakan salah satu imunisasi yang diberikan pada ibu hamil untuk melindungi diri dan janin dari penyakit tetanus. Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh racun bakteri tetanus yang dapat menyebar melalui luka terbuka. Imunisasi TT sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kematian akibat tetanus pada bayi yang baru lahir.

Berapa Kali Imunisasi TT pada Ibu Hamil?

Menurut program imunisasi nasional, ibu hamil harus menerima 2 dosis imunisasi TT. Dosis pertama diberikan pada trimester kedua kehamilan, yaitu antara usia kehamilan 27-36 minggu. Sedangkan dosis kedua diberikan minimal 4 minggu setelah dosis pertama.

Pada kasus tertentu, seperti jika ibu hamil belum pernah mendapat imunisasi TT sebelumnya, maka dapat diberikan 3 dosis imunisasi TT dengan jeda waktu 4 minggu antara setiap dosis. Jika ibu hamil telah menerima 2 dosis imunisasi TT sebelumnya, maka dapat diberikan dosis tambahan setiap kehamilan.

Manfaat Imunisasi TT pada Ibu Hamil

Imunisasi TT pada ibu hamil memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu:

  • Melindungi ibu hamil dari penyakit tetanus
  • Melindungi janin dari risiko tetanus neonatorum (infeksi tetanus pada bayi yang baru lahir)
  • Meningkatkan kualitas hidup ibu hamil dan janin

Effek Samping Imunisasi TT pada Ibu Hamil

Effek samping imunisasi TT pada ibu hamil sangat jarang terjadi, namun dapat terjadi seperti:

  • Sakit kepala
  • Demam ringan
  • Kemerahan dan bengkak pada area suntikan
  • Nyeri pada area suntikan

Jika mengalami effek samping yang lebih serius, seperti sesak napas, mual, muntah, atau gatal-gatal pada seluruh tubuh, segera konsultasikan ke dokter atau bidan.

TRENDING :  Fakta-Fakta Upih Daun dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kesimpulan

Imunisasi TT pada ibu hamil sangat penting untuk melindungi diri dan janin dari penyakit tetanus. Ibu hamil harus menerima minimal 2 dosis imunisasi TT dengan jeda waktu minimal 4 minggu antara setiap dosis. Imunisasi TT pada ibu hamil memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin, namun demikian, ibu hamil juga harus memperhatikan dan memahami effek samping yang mungkin terjadi setelah mendapat imunisasi TT.

Orang Juga Bertanya

Pertanyaan Jawaban
Apakah imunisasi TT aman untuk ibu hamil? Ya, imunisasi TT aman untuk ibu hamil dan sangat dianjurkan untuk dilakukan demi melindungi diri dan janin dari risiko tetanus.
Berapa lama imunisasi TT pada ibu hamil berlaku? Imunisasi TT pada ibu hamil berlaku selama 10 tahun, sehingga setelah itu ibu hamil harus menerima dosis tambahan setiap kehamilan.
Apakah imunisasi TT dapat menggugurkan kandungan? Tidak, imunisasi TT tidak dapat menggugurkan kandungan dan aman untuk dilakukan pada ibu hamil.

Kesimpulan

Imunisasi TT pada ibu hamil sangat penting dilakukan untuk melindungi diri dan janin dari risiko tetanus. Ibu hamil harus menerima minimal 2 dosis imunisasi TT dengan jeda waktu minimal 4 minggu antara setiap dosis. Imunisasi TT pada ibu hamil aman untuk dilakukan, namun demikian, ibu hamil harus memahami effek samping yang mungkin terjadi setelah mendapat imunisasi TT. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran terkait imunisasi TT pada ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel Radarbatas.com lainnya di Google News.