site traffic analytics

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional dalam Perspektif Ekonomi

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian tindakan ekonomi rasional dan irasional. Dalam dunia ekonomi, keputusan yang diambil oleh individu atau kelompok dapat dikategorikan sebagai tindakan ekonomi yang rasional atau irasional. Namun sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi dalam konteks ini.

Tindakan ekonomi dapat didefinisikan sebagai keputusan atau tindakan yang dilakukan individu, perusahaan, atau pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia dengan menggunakan sumber daya yang terbatas. Dalam konteks ini, tindakan ekonomi rasional adalah keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan yang logis dan rasional, sedangkan tindakan ekonomi irasional adalah keputusan yang diambil tanpa pertimbangan yang logis atau berdasarkan emosi dan nalar yang tidak rasional.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional adalah keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan yang logis dan rasional. Dalam hal ini, individu atau kelompok akan mempertimbangkan manfaat yang dapat diperoleh dan tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan sumber daya yang tersedia dengan efisien. Tindakan ekonomi rasional didasarkan pada asumsi bahwa setiap individu atau kelompok memiliki pengetahuan yang cukup, akses informasi yang memadai, dan mampu melakukan analisis yang rasional.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, faktor ekonomi seperti harga barang dan jasa, pendapatan, dan biaya produksi akan mempengaruhi keputusan yang diambil. Kedua, faktor psikologis seperti preferensi dan sikap individu juga akan mempengaruhi tindakan ekonomi rasional. Ketiga, faktor lingkungan seperti sosialisasi, norma sosial, dan budaya juga turut berperan dalam membentuk tindakan ekonomi rasional.

TRENDING :  Pengertian Asam Karbonat H2CO3: Sifat dan Penggunaannya

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

Contoh sederhana dari tindakan ekonomi rasional adalah saat seorang individu memutuskan untuk membeli suatu produk atau layanan setelah mempertimbangkan manfaat yang diperoleh dari produk atau layanan tersebut dengan harga yang harus dibayarkan. Individu akan memilih produk atau layanan yang memberikan manfaat terbesar dengan harga yang paling sesuai dengan kemampuannya.

Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional adalah keputusan yang diambil tanpa pertimbangan yang logis atau berdasarkan emosi dan nalar yang tidak rasional. Tindakan ekonomi irasional dapat terjadi ketika individu atau kelompok tidak memiliki pengetahuan yang cukup, akses informasi yang memadai, atau ketika mereka terpengaruh oleh faktor-faktor psikologis seperti emosi, kecanduan, atau adanya tekanan sosial.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, faktor psikologis seperti emosi, kecanduan, dan impulsif dapat mempengaruhi keputusan yang diambil. Kedua, faktor sosial seperti tekanan sosial atau adanya norma-norma yang mengarahkan individu untuk mengambil keputusan yang irasional. Ketiga, faktor lingkungan seperti kurangnya akses informasi yang memadai atau terbatasnya sumber daya juga dapat memicu tindakan ekonomi irasional.

Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

Contoh sederhana dari tindakan ekonomi irasional adalah saat seorang individu memutuskan untuk membeli barang atau layanan yang tidak dibutuhkan atau tidak memberikan manfaat yang sebanding dengan harganya, hanya karena terpengaruh oleh iklan atau tuntutan dari lingkungan sekitarnya. Keputusan seperti ini dapat menyebabkan pemborosan sumber daya dan mengganggu keseimbangan keuangan individu atau kelompok.

Kesimpulan

Dalam dunia ekonomi, tindakan ekonomi dapat dikategorikan sebagai rasional atau irasional. Tindakan ekonomi rasional adalah keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan yang logis dan rasional, sedangkan tindakan ekonomi irasional adalah keputusan yang diambil tanpa pertimbangan yang logis atau berdasarkan emosi dan nalar yang tidak rasional.

TRENDING :  Pengertian Eksploitasi: Jenis, Jenis, Contoh, & Dampaknya

Tindakan ekonomi rasional didasarkan pada pertimbangan manfaat, tujuan, faktor ekonomi, faktor psikologis, dan faktor lingkungan. Sebaliknya, tindakan ekonomi irasional dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis, sosial, dan lingkungan yang dapat mempengaruhi keputusan yang diambil.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menghadapi berbagai pilihan dan keputusan ekonomi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat memahami pengertian tindakan ekonomi rasional dan irasional agar dapat mengambil keputusan yang bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional Tindakan Ekonomi Irasional
Definisi Tindakan ekonomi yang diambil berdasarkan pertimbangan yang logis dan rasional. Tindakan ekonomi yang diambil tanpa pertimbangan yang logis atau berdasarkan emosi dan nalar yang tidak rasional.
Contoh Membeli produk dengan mempertimbangkan manfaat dan harga. Membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya karena terpengaruh oleh iklan.