site traffic analytics

Pemrograman Web Pendahuluan HTML: Mengenal Dasar-dasar Membuat Website

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pemrograman web pendahuluan HTML. Dalam dunia teknologi informasi, pemrograman web merupakan salah satu bidang yang sedang naik daun. Semakin berkembangnya era digital, kebutuhan akan para pemrogram web juga semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal dasar-dasar pemrograman web, terutama HTML.

Pendahuluan: Apa Itu Pemrograman Web?

Pemrograman web adalah proses pembuatan serta pengembangan aplikasi yang berjalan di dalam web browser. Biasanya, pemrogram web akan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk membuat tampilan yang menarik dan berinteraksi dengan pengguna. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan fokus membahas tentang HTML, singkatan dari HyperText Markup Language, yang merupakan dasar dari pemrograman web.

Pengenalan HTML

HTML adalah bahasa markah yang digunakan untuk membuat struktur dan menampilkan konten sebuah halaman web. Dalam HTML, kita dapat menentukan judul halaman, membuat paragraf, mengatur tampilan gambar, dan masih banyak lagi. Nantinya, kode HTML yang kita tulis akan diinterpretasikan oleh web browser sehingga pengguna dapat melihat tampilan yang diinginkan.

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, HTML adalah bahasa markah. Artinya, kita akan menggunakan tag-tag HTML untuk memberikan instruksi kepada web browser. Inilah yang membuat pemrograman web menggunakan HTML menjadi sangat menarik dan kreatif. Dengan kombinasi tag-tag yang tepat, kita dapat membuat halaman web yang interaktif dan menarik.

Salah satu fitur menarik dari HTML adalah kemampuannya untuk memberikan struktur pada halaman web. Dengan menggunakan tag-tag yang tepat, kita dapat membuat judul, subjudul, paragraf, dan daftar dalam halaman web kita. Dengan memiliki struktur yang jelas, halaman web kita akan terlihat lebih teratur dan mudah dibaca oleh pengunjung.

TRENDING :  Pengertian Processor dan Fungsinya dalam Perangkat Komputer

Tidak hanya itu, HTML juga mendukung penggunaan gambar dalam halaman web. Dengan menggunakan tag , kita dapat menyematkan gambar yang akan ditampilkan pada halaman web kita. Kita juga dapat memberikan atribut-atribut pada gambar tersebut, seperti ukuran, alt text, dan link yang terkait dengan gambar tersebut.

HTML juga memungkinkan kita untuk menyematkan video, audio, dan berbagai media lainnya dalam halaman web kita. Kita dapat menggunakan tag-tag khusus seperti

Mengenal Tag dan Atribut dalam HTML

Dalam pemrograman web menggunakan HTML, kita akan berinteraksi dengan berbagai tag dan atribut. Tag merupakan elemen-elemen dasar dalam HTML, seperti

untuk judul utama,

untuk paragraf, dan untuk gambar. Setiap tag biasanya memiliki atribut-atribut tertentu yang dapat kita gunakan untuk memberikan instruksi tambahan kepada web browser.

Sebagai contoh, tag digunakan untuk membuat tautan atau hyperlink pada halaman web kita. Tag ini memiliki atribut href yang digunakan untuk menentukan alamat URL yang akan dituju. Ketika pengunjung mengklik tautan tersebut, web browser akan membuka halaman baru sesuai dengan alamat URL yang sudah kita tentukan.

Tag

merupakan salah satu tag yang berguna untuk membuat tabel dalam halaman web. Dalam tag ini, kita dapat menentukan beberapa atribut seperti border, cellpadding, dan cellspacing untuk mengatur tampilan dan jarak antar sel dalam tabel. Dengan tabel, kita dapat dengan mudah membuat daftar, menampilkan data yang terstruktur, dan masih banyak lagi.

Ada banyak tag dan atribut lainnya yang dapat kita gunakan dalam HTML. Namun, dalam pembahasan kali ini, kita hanya akan fokus pada beberapa tag dan atribut yang paling dasar. Dalam praktiknya, kita juga dapat menggunakan CSS dan JavaScript untuk memberikan tampilan dan interaksi lebih lanjut pada halaman web kita.

Menjalankan Kode HTML di Web Browser

Sekarang setelah kita mempelajari dasar-dasar HTML, tentunya kita ingin melihat bagaimana tampilan dari kode HTML yang kita tulis. Untuk menjalankan kode HTML, kita bisa menggunakan web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.

Cukup dengan membuka web browser favorit kita, kita dapat menuliskan kode HTML yang sudah kita buat dalam sebuah file dengan ekstensi .html. Setelah itu, kita cukup double-click pada file tersebut dan web browser akan menampilkan tampilan sesuai dengan kode HTML yang sudah kita tulis.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan fitur Inspect Element yang disediakan oleh web browser untuk melihat struktur dan kodingan dari sebuah halaman web. Dengan fitur ini, kita dapat menganalisis elemen-elemen yang ada dalam halaman web dan melakukan debugging jika diperlukan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pemrograman web pendahuluan HTML. Kita telah mengenal dasar-dasar HTML, seperti penggunaan tag dan atribut dalam membuat tampilan dan struktur halaman web. Selain itu, kita juga telah mengetahui bagaimana cara menjalankan kode HTML di web browser.

Pemrograman web dengan HTML adalah langkah awal yang penting dalam mempelajari dunia pemrograman web secara keseluruhan. Dengan menguasai dasar-dasar HTML, kita dapat lebih mudah memahami bahasa pemrograman web lainnya seperti CSS dan JavaScript. Selanjutnya, kita dapat melanjutkan perjalanan kita dalam mempelajari pemrograman web dengan tingkat yang lebih lanjut.

Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar pemrograman web dengan HTML. Dengan kreativitas dan keahlian yang kita miliki, kita dapat membuat tampilan web yang menarik dan berinteraksi dengan pengguna. Teruslah mengembangkan kemampuan dan pengetahuan kita dalam pemrograman web, karena dunia digital terus berkembang dan membutuhkan tenaga ahli di bidang ini. Selamat belajar dan semoga sukses!