site traffic analytics

Pengertian Abstrak

Haii, Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “pengertian abstrak”.

Apa itu Abstrak?

Abstrak adalah ringkasan dari suatu tulisan, makalah, atau artikel. Dalam konteks penulisan ilmiah, abstrak berfungsi sebagai gambaran singkat dan padat mengenai isi dari tulisan tersebut. Tujuan abstrak adalah untuk memberikan informasi penting kepada pembaca tentang topik yang dibahas dalam tulisan tersebut. Abstrak biasanya terletak di bagian awal tulisan dan dibaca terlebih dahulu oleh pembaca sebelum mereka memutuskan untuk melanjutkan membaca seluruh tulisan atau tidak.

Abstrak umumnya berisi tentang tujuan penulisan, metodologi penelitian, hasil yang dicapai, dan kesimpulan yang diambil oleh penulis. Dalam abstrak, penulis harus mampu merangkum semua informasi penting dalam tulisan tersebut dengan tepat dan jelas.

Ada dua jenis abstrak yang biasa digunakan, yaitu abstrak informatif dan abstrak deskriptif. Abstrak informatif berisi tentang informasi singkat mengenai seluruh isi tulisan, seperti tujuan penulisan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Sedangkan abstrak deskriptif hanya memberikan gambaran umum tentang isi tulisan, tanpa menguraikan secara mendetail tentang perincian metodologi dan hasil yang dicapai.

Fungsi Abstrak dalam Penulisan

Abstrak memiliki beberapa fungsi penting dalam penulisan, yaitu:

  1. Membantu pembaca dalam memahami secara cepat isi dari tulisan. Dengan membaca abstrak, pembaca dapat mengetahui apakah tulisan tersebut relevan dengan topik yang sedang mereka cari atau tidak.
  2. Sebagai bahan pertimbangan untuk pembaca dalam memilih tulisan yang akan mereka baca secara detail. Dengan membaca abstrak, pembaca dapat menilai apakah tulisan tersebut memiliki informasi penting yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  3. Sebagai referensi singkat mengenai tulisan. Abstrak dapat digunakan sebagai panduan untuk memahami isi tulisan tanpa harus membaca seluruhnya.
TRENDING :  Pengertian Kalimat Majemuk Campuran Karakteristik Jenis Jenis Contoh

Langkah-langkah Membuat Abstrak yang Baik

Untuk membuat abstrak yang baik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pahami dengan baik isi tulisan. Sebelum membuat abstrak, pastikan Anda telah memahami dengan baik isi tulisan, termasuk tujuan penulisan, metodologi penelitian, hasil yang dicapai, dan kesimpulan yang diambil.
  2. Rangkum informasi penting dengan jelas dan padat. Abstrak harus mampu merangkum seluruh informasi penting dalam tulisan secara jelas dan padat. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau terlalu teknis.
  3. Gunakan kalimat singkat dan baku. Usahakan menggunakan kalimat singkat dan baku agar abstrak mudah dipahami oleh pembaca.
  4. Pastikan abstrak sesuai dengan tulisan. Abstrak harus mencerminkan secara akurat isi tulisan. Jangan membuat abstrak yang menggambarkan hal-hal yang tidak ada dalam tulisan.
  5. Periksa kembali tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Sebelum mengirimkan abstrak Anda, pastikan Anda telah memeriksa tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dengan teliti untuk memastikan tidak terdapat kesalahan.

Contoh Penggunaan Abstrak dalam Tulisan Ilmiah

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah contoh penggunaan abstrak dalam tulisan ilmiah:

Penelitian mengenai Pengaruh Pendidikan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan melibatkan 300 siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan memiliki dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Kesimpulan

Abstrak merupakan bagian penting dalam penulisan ilmiah. Dengan adanya abstrak, pembaca dapat dengan mudah memahami isi tulisan dan memutuskan apakah tulisan tersebut relevan dengan kebutuhan mereka. Untuk membuat abstrak yang baik, Anda perlu memperhatikan isi tulisan, merangkum informasi penting dengan jelas dan padat, menggunakan kalimat singkat dan baku, serta memastikan abstrak sesuai dengan tulisan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat abstrak yang informatif dan menarik bagi pembaca.

TRENDING :  Pengertian Virus dan Ciri-ciri Virus dalam Dunia Ilmu Biologi