Berapa kecepatan saya?(RadarBatas.com
Berapa kecepatan saya?

Mengapa Internet Saya Sangat Lambat? Berikut 7 Alasan dan Cara Memperbaikinya

Karena pekerjaan dari rumah dengan cepat merambat di dunia kerja, koneksi internet yang cepat adalah suatu keharusan.

Bandwidth sekarang dibutuhkan tidak hanya oleh PC kami, tetapi juga oleh perangkat seluler kami, produk Internet of Things (IoT), TV pintar, konsol game, dan layanan streaming. Dengan begitu banyak dari kita sekarang menghabiskan banyak waktu di rumah, terutama ketika ada banyak orang di koneksi yang sama, perebutan kapasitas dapat menyebabkan sejumlah masalah konektivitas.

Namun, bukan hanya perebutan akses ke media sosial atau Netflix. Bekerja dari jarak jauh dan di rumah sekarang telah ditambahkan ke dalam campuran dan kita lebih kecanduan dari sebelumnya untuk memiliki koneksi internet yang stabil dalam kehidupan sehari-hari kita.

Kehilangan konektivitas, kemacetan, streaming dan unduhan konten yang lambat, atau kecepatan lambat adalah masalah umum yang terjadi pada internet di rumah.

Di bawah ini, kami menemukan tujuh alasan utama mengapa internet mungkin lambat dan cara memperbaikinya.

Batas Bandwidth

Langganan berbiaya rendah dari penyedia layanan internet (ISP) mungkin pernah membantu kamu untuk sesekali memeriksa email atau menonton video YouTube di rumah. Sekarang, saat kamu memerlukan koneksi yang dapat menangani IoT, kamu perlu mengadakan rapat bisnis Microsoft Teams jarak jauh, anak kamu menggunakan Zoom saat menghadiri kelas virtual, dan orang lain bermain pada saat yang sama jika kamu memiliki masalah kecepatan yang konstan, ini adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan.

Sebelum melihat ke perangkat keras, kamu perlu memastikan bahwa kamu menggunakan paket yang kemungkinan besar dapat mengatasi berbagai perangkat dan permintaan saat ini. Sebagaimana dicatat oleh Steven J. Vaughan-Nichols dari ZDNet, kecepatan minimum disarankan 30 Mbps.

Berapa kecepatan saya?

Jika kamu sudah menggunakan paket seperti fiber dan tidak ada alasan kamu menderita kecepatan internet yang lambat karena apa yang kamu bayar, buka Speedtest.net untuk memeriksa kecepatan koneksi kamu secara real time.

Layanan gratis ini akan melakukan ping dan memeriksa kecepatan unduh dan unggah kamu, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

TRENDING :  Cara Ampuh Mempercepat Koneksimu Untuk Kerja dan Belajar Online
Berapa kecepatan saya?(RadarBatas.com
Berapa kecepatan saya?(RadarBatas.com)

Jika kamu membayar paket hingga 30 Mbps dan hanya mendapatkan kecepatan 2 atau 3 Mbps, misalnya, mungkin ada masalah dengan ISP dan kabel fisik kamu. Pada titik ini, ada baiknya memeriksa dengan pemasok kamu untuk melihat apakah ada pemadaman di area tersebut. Lampu yang berkedip-kedip di router kamu juga bisa menunjukkan masalah di luar rumah kamu.

Lokasi, lokasi, lokasi

Ada dua kategori umum perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan rumah kamu: router tradisional atau jaringan mesh.

Router tradisional memainkan peran sebagai titik pusat untuk menghubungkan kamu ke layanan ISP kamu. Router ini adalah hub terpusat yang menangani lalu lintas melalui satu titik akses.

Sebagai perbandingan, jaringan mesh adalah pesaing yang relatif baru di pasar yang menciptakan jaringan node untuk akses Internet. Alih-alih setiap perangkat rumah terhubung ke router, produk ini menyertakan hub dan node yang dapat ditempatkan di sekitar area berbeda di rumah kamu – dan perangkat akan terhubung ke node terdekat untuk mengakses internet.

Jika kamu menggunakan perangkat keras tradisional, seperti router default yang disediakan ISP, kamu harus menyadari bahwa semakin jauh kamu berada, semakin besar risiko masalah koneksi, kecepatan lambat, dan terputus. Solusi sederhana adalah dengan memindahkan router, mungkin lebih dekat ke kantor rumah kamu atau berinvestasi dalam alat perluasan Wi-Fi untuk meningkatkan kekuatan sinyal.

Objek juga dapat mencegah koneksi antara perangkat dan router. Jika memungkinkan, cobalah untuk meminimalkan kekacauan di sekitar router.

Properti atau kantor yang lebih besar yang terletak di taman atau halaman, bagaimanapun, mungkin tidak dapat digunakan dari pusat internet terpusat. Jika demikian, memindahkan router tidak akan cukup dan mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan jaringan mesh.

Pada catatan ini, kedua kategori dapat memberikan kecepatan yang wajar, tetapi jaringan mesh cenderung mengorbankan beberapa kecepatan untuk konektivitas yang lebih baik. Jika kamu memerlukan koneksi langsung berkecepatan tinggi untuk streaming, bermain game, dan aplikasi kerja yang haus daya, peningkatan ke router stkamur adalah investasi yang berharga dan kemungkinan akan bekerja lebih baik daripada pengaturan mesh.

TRENDING :  8 Cara Membuat Game Online Agar Lebih Aman Untuk Anak Anda

Juga tidak masuk akal untuk mendaftar paket internet berkecepatan tinggi jika perangkat keras lama kamu tidak dapat mendukungnya, jadi kamu perlu mempertimbangkan usia router jika kamu mengalami masalah dengan kecepatan lambat.

Periksa kabelnya

Sesuatu yang diabaikan tetapi dapat menyebabkan masalah konektivitas atau kecepatan adalah kabel yang menghubungkan router ke jack telepon atau PC. Jika sudah tua, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk memutakhirkannya dan mengganti kabel ADSL / Ethernet yang lama dan melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Piggyback?

Jika kamu menderita karena lambatnya koneksi, ini mungkin karena orang lain membajak langganan internet kamu. Router biasanya dilengkapi dengan kata sandi acak yang disetel sebagai default dan dicetak pada stiker di router, tetapi jika kamu telah mengubah kata sandi menjadi sesuatu yang lemah atau memiliki hotspot Wi-Fi terbuka, ini dapat menunjukkan bahwa orang lain menggunakan jaringan kamu. Tanpa persetujuan.

Untuk memblokir koneksi atau mengubah kata sandi, buka halaman konfigurasi router di browser. kamu perlu memeriksa penggunaan spesifik dari alamat router penyedia kamu – yang biasanya sebanding dengan 192.168.0.1 – atau melakukan pencarian Google dengan jenis router kamu dan ini akan memberi kamu alamat yang kamu butuhkan untuk mengakses pengaturan router.

Terlalu Banyak Koneksi Yang Terhubung

Saluran Wi-Fi memudahkan untuk mengirim dan menerima data. Ketika kamu memiliki terlalu banyak koneksi, ini dapat menyebabkan kemacetan yang memperlambat broadband kamu. Bergantung pada saluran yang digunakan oleh router, dimungkinkan untuk beralih ke jalur lalu lintas yang tidak terlalu padat.

Ada beberapa aplikasi Android dan iOS untuk menganalisis saluran Wi-Fi kamu dengan mudah dan mengungkapkan perangkat mana yang terhubung ke jaringan kamu. Untuk mengubah saluran, kamu dapat mengakses halaman konfigurasi router dan memilih dari opsi yang tersedia.

TRENDING :  Cara Mengubah Browser Bawaan di Windows 11

VPN yang Lambat

Jaringan pribadi virtual (VPN) adalah perangkat lunak yang menambahkan lapisan enkripsi ke koneksi yang dibuat antara perangkat dan server kamu, serta menutupi alamat IP kamu. Sekarang banyak dari kita bekerja dari rumah, kantor mungkin memerlukan penggunaan VPN untuk mengakses sumber daya perusahaan.

kamu dapat mendaftar ke VPN sebagai pelanggan yang membayar atau memilih layanan gratis. Opsi berbayar biasanya lebih cepat, tetapi tetap dapat memperlambat internet saat menggunakan relai untuk lalu lintas – dan jika layanan VPN digunakan selama jam sibuk, mungkin ada kemacetan juga.

Perbaikan cepat sering kali adalah mencoba opsi lokasi berbeda yang ditawarkan oleh VPN kamu; misalnya, pengguna London yang disiapkan di server New York mungkin mencoba menggunakan server lain yang berlokasi di Inggris Raya. Selain itu, tidak semua VPN dibuat sama dan mungkin ada perbedaan substansial antara kecepatan yang ditawarkan.

VPN gratis umumnya tidak disarankan karena sebagai ganti akses gratis, selalu ada kompromi entah itu keamanan, data pribadi kamu, atau kecepatan. Jika kamu menggunakan opsi VPN gratis dan kecepatan lambatnya tidak dapat ditoleransi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendaftar ke layanan berbayar.

Tips Tambahan:

  1. Atur Ulang: Terkadang, penjelasan paling sederhana adalah yang benar. Jika kecepatan menurun, coba cabut router, biarkan selama sekitar 10 detik dan mulai ulang. Dengan cara yang sama seperti PC terkadang membutuhkan peningkatan, terkadang router juga membutuhkannya.
  2. Periksa Penggunaan Latar Belakang – Beberapa aplikasi seluler dan program PC dengan kebutuhan sumber daya yang berat atau persyaratan streaming dapat menghabiskan bandwidth yang kamu butuhkan tanpa kamu sadari.
  3. Jaga keamanan kamu tetap mutakhir – Faktor lain yang tidak boleh dilewatkan adalah kemungkinan infeksi malware. Jika internet melambat tanpa alasan, mungkin malware tersebut membajak browser kamu dan memanfaatkan koneksi Wi-Fi kamu. kamu perlu sering memindai sistem kamu untuk menjaganya tetap bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *