5 Cara Memperbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Android
5 Cara Memperbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Android

5 Cara Memperbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Android

Terkadang Wi-Fi ponsel Android Kamu tidak mau hidup atau hidup tetapi langsung mati. Ini dapat diselesaikan dengan beberapa solusi sederhana di ponselmu dan mengubah beberapa pengaturannya. Di sini, kami mencantumkan 5 metode untuk memperbaiki WiFi yang tidak berfungsi pada masalah Android. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Kamu bisa melakukannya!

Cara Perbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Android

1. Hidupkan ulang ponsel

Sebagian besar masalah Android dapat diperbaiki dengan memulai ulang ponsel. Jadi, jika WiFi Kamu tidak menyala, coba mulai ulang perangkat Kamu. Ini dapat membantu menghentikan proses yang sedang berlangsung yang mungkin mencegah Wi-Fi perangkat menyala.

2. Nonaktifkan mode pesawat

Hal berikutnya yang dapat Kamu periksa saat perangkat Android Kamu tidak dapat mengaktifkan Wi-Fi adalah mode Pesawat. Ini mungkin tampak seperti hal yang sangat sederhana untuk dikendalikan, tetapi ini terjadi pada banyak dan sebagian besar perangkat Android tidak akan mengaktifkan Wi-Fi jika mode Pesawat aktif.

Geser cepat ke bawah dari panel pengaturan cepat dan ketuk ikon pesawat untuk menonaktifkan mode Pesawat. Selain itu, jika mode Pesawat sudah dinonaktifkan, Kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya lagi, dan terkadang ini berhasil.

3. Matikan penghemat baterai

Ponsel cerdas Android memiliki fitur penghemat baterai yang dapat menonaktifkan fitur konektivitas seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Saat diaktifkan, mode hemat daya memungkinkan Kamu menggunakan hanya fitur-fitur dasar seperti panggilan telepon, pesan, dll., Dan Kamu mungkin tidak dapat menggunakan konektivitas Wi-Fi. Jadi, jika ponsel cerdas Kamu memiliki penghemat baterai, nonaktifkan dan coba nyalakan Wi-Fi.

4. Atur ulang jaringan WiFi

Jika metode di atas tidak berfungsi, Kamu harus mencoba mengatur ulang pengaturan WiFi ponsel Kamu yang mungkin memperbaiki masalah WiFi dan masalah terkait Bluetooth atau data seluler lainnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang pengaturan jaringan WiFi pada ponsel cerdas Kamu.

  1. Buka Pengaturan -> Sistem -> Lanjutan.
  2. Di sini, ketuk Opsi Atur Ulang dan pilih Atur Ulang Wi-Fi, Seluler & Bluetooth dari halaman berikutnya.
  3. Sekarang ketuk Atur ulang pengaturan di bagian bawah halaman dan Kamu akan diminta untuk memasukkan PIN perangkat Kamu untuk mengonfirmasi tindakan.
TRENDING :  Mengapa Mengisi Daya Ponsel Anda Semalam Itu Tidak Bagus

5. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Jika reset jaringan juga tidak berfungsi, Kamu perlu melakukan reset pabrik pada perangkat Kamu. Ini mungkin membantu untuk memperbaiki masalah Wi-Fi yang tidak menyala, namun, ini harus menjadi opsi terakhir untuk dicoba karena ini akan menghapus semua data di penyimpanan internal ponsel.

  1. Buka Pengaturan-> Sistem-> Lanjutan dan pilih Opsi Atur Ulang.
  2. Di sini, pilih Hapus Semua Data (Reset Pabrik) lalu ketuk tombol ‘Hapus Semua Data‘ di halaman berikutnya. Masukkan PIN perangkat untuk melanjutkan.

Tip bonus

Jika tidak ada metode yang disebutkan di atas yang dapat memperbaiki masalah Wi-Fi Android Kamu, masalahnya mungkin ada pada perangkat keras perangkat Android Kamu. Untuk mengatasi masalah ini, Kamu harus memperbaikinya oleh pusat layanan atau profesional resmi lainnya.

Jika Kamu ingin memeriksa apakah perangkat keras ponsel Kamu adalah penyebab sebenarnya di balik masalah WiFi yang tidak berfungsi, Kamu dapat melakukannya melalui aplikasi. NetSpot – Aplikasi WiFi Analyzer dapat membantu Kamu menyelesaikan semua masalah terkait WiFi, cukup unduh dan mulai gunakan, karena ini sepenuhnya gratis.

Jika WiFi Kamu tidak berfungsi di Android, metode ini pasti dapat membantu Kamu memperbaikinya. Untuk lebih banyak tip dan trik semacam ini, pantau terus website ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *