6 Cara Memperbaiki iPhone Macet di Logo Apple

Ini merepotkan ketika iPhone Anda tiba-tiba membeku di logo Apple dan bahkan tidak mau memuat layar Utama. Kabar baiknya adalah ponsel Anda mungkin tidak rusak, tetapi Anda harus segera memperbaikinya.

Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda tentang semua cara berbeda untuk mengatasi masalah ini.

Mengapa iPhone Anda tidak menyala dan macet di logo Apple

Jika iPhone Anda terus menampilkan logo Apple dan mati, jangan panik. Masalah ini lebih umum dari yang Anda pikirkan. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat memperbaikinya tanpa harus pergi ke teknisi ponsel.

Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa iPhone Anda macet di logo Apple. Ada beberapa alasan mengapa ponsel Anda gagal dalam fase boot ini, seperti:

  • Perangkat lunak telepon rusak. Masalah ini dapat terjadi saat mentransfer data atau menginstal pembaruan iOS terbaru ke model telepon yang lebih lama.
  • Anda telah memulihkan atau mentransfer file yang rusak dari iCloud atau cadangan iTunes.
  • Ponsel telah di-jailbreak dan mungkin menyebabkan beberapa masalah perangkat lunak seperti boot loop.
  • Anda menjatuhkan telepon dan dampaknya mungkin mengacaukan beberapa komponen internal atau perangkat keras.

Cara memperbaiki iPhone yang macet di logo Apple

Internet sudah matang dengan tip untuk layar putih kematian iPhone dan cara memperbaikinya. Tapi kenyataannya, tidak ada solusi lengkap untuk masalah ini. Di bawah ini adalah beberapa tip perbaikan yang dapat membantu menghidupkan kembali iPhone kesayangan Anda jika berada di layar putih atau macet di logo Apple:

1. Paksa restart iPhone

Memaksa iPhone Anda untuk memulai ulang dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Namun, model iPhone yang berbeda memiliki cara khusus tentang cara memulai ulang.

TRENDING :  Cara Mengubah Nama Perangkat Android

iPhone 6S, iPhone SE (generasi pertama) dan versi lebih lama

Tekan dan tahan tombol Home dan tombol Sleep / Wake selama beberapa detik hingga logo Apple menghilang. Saat logo muncul, lepaskan kedua tombol.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Tekan dan tahan tombol Samping dan tombol volume turun secara bersamaan. Tunggu beberapa detik hingga telepon dimulai ulang dan logo Apple muncul kembali sebelum melepaskannya.

iPhone 8, iPhone SE (generasi ke-2) dan lebih baru

Tekan dan lepas tombol volume atas, lakukan hal yang sama dengan tombol volume bawah. Kemudian tekan dan tahan tombol Samping di ponsel hingga muncul logo Apple. Ingatlah untuk melakukan ini dalam urutan yang benar atau ponsel Anda dapat mengubah kontak SOS Anda.

Selama fase reboot, adalah normal jika layar berkedip sebelum berhenti. Ini akan reboot dan tidak akan memasuki loop boot. Proses ini memperbaiki sebagian besar skenario, tetapi mungkin ada pengecualian yang tidak akan berhasil.

2. Instal ulang iOS

Jika restart paksa tidak berhasil, coba instal ulang iOS sebagai gantinya. Ada kemungkinan besar ponsel Anda terganggu di tengah pembaruan yang menyebabkan kerusakan iOS.

Hubungkan telepon ke komputer. Jika Anda menggunakan macOS Catalina 10.15, buka Finder terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan PC dengan macOS Mojave 10.14 atau versi lebih lama, buka iTunes.

Temukan iPhone Anda di komputer Anda. Setelah terhubung, ikuti instruksi di atas untuk memaksa restart lagi dan terus menahan tombol yang terlibat dalam proses, sampai layar Mode Pemulihan muncul, menunjukkan ikon komputer.

Saat Anda mendapatkan opsi pembaruan atau pemulihan, pilih Perbarui. Komputer Anda akan mengunduh dan menginstal ulang iOS tanpa menghapus data Anda.

3. Gunakan program perbaikan sistem

Jika dua solusi di atas gagal, pertimbangkan untuk menggunakan program perbaikan sistem berbayar atau freemium seperti Fixppo. Program-program ini memperbaiki masalah seperti ketika iPhone 11 terkenal macet di logo Apple.

TRENDING :  Begini Cara Memblokir Iklan di Android

Program pemulihan sistem iOS lainnya termasuk Dr. Fone, TunesKit, Tenorshare Reiboot, iMyFone, dan FonePaw.

4. Lakukan reset pabrik

Jika iPhone Anda tidak mau menyala, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pengaturan ulang pabrik. Opsi ini akan menghapus semua data di telepon. Segalanya akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki cadangan data ponsel Anda di komputer atau iCloud.

Jika Anda tidak memiliki cadangan, Anda akan kehilangan semua data Anda saat menyelesaikan langkah ini.

Untuk menyelesaikan pengaturan ulang pabrik, masuk ke mode pemulihan yang dijelaskan di bagian sebelumnya. Tetapi alih-alih memilih Perbarui, Anda harus memilih opsi Pulihkan ke Komputer.

Kami menyarankan Anda melakukan ini hanya setelah menggunakan opsi sebelumnya.

5. Pemulihan DFU

Pembaruan Firmware Perangkat (DFU) adalah fitur tersembunyi di iPhone Anda. Ini dapat membantu ponsel Anda pulih dari masalah parah. Ini adalah opsi pemulihan untuk iPhone Anda yang menimpa perangkat lunak dan firmware yang tidak lengkap dengan kode baru.

Menggunakan kabel USB yang disetujui Apple, hubungkan iPhone Anda ke komputer. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

iPhone 6S, iPhone SE (generasi pertama), dan model sebelumnya

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep / Wake, lalu tekan dan tahan tombol Home.
  2. Tekan dan tahan tombol ini selama kurang lebih delapan detik, lalu lepaskan tombol Sleep / Wake. Tapi tetap tahan tombol Home.
  3. Tetap kendalikan tombol Home sampai komputer Anda mengenali iPhone Anda.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  1. Tekan dan tahan tombol-tombol ini selama delapan detik sebelum melepaskan tombol Samping.
  2. Tekan dan tahan tombol samping bersamaan dengan tombol volume bawah.
  3. Tekan dan tahan tombol daya volume hingga komputer mengenali ponsel cerdas.

iPhone 8, iPhone SE (generasi kedua) dan model yang lebih baru

  1. Tekan tombol volume atas dan lepaskan dengan cepat, lalu lakukan hal yang sama dengan tombol volume turun.
  2. Tekan dan tahan tombol Samping di telepon. Jadi saat Anda mendapatkan layar hitam, tahan tombol volume bawah.
  3. Terus tahan tombol ini selama sekitar lima detik. Lepaskan tombol Samping sambil menahan tombol tahan pada tombol volume bawah.
  4. Ikuti instruksi yang ditampilkan di komputer Anda.
TRENDING :  Cara Memperbaiki Android Terhubung ke WiFi Tapi Tidak Ada Internet

Setelah mencapai langkah terakhir untuk setiap model iPhone, pastikan layar tetap hitam. Jika tidak, sekarang dalam mode DFU dan Anda harus mengikuti instruksi di komputer Anda.

Namun, jika Anda melihat layar iPhone atau ikon iTunes, itu sedang dalam mode pemulihan. Hubungkan kembali iPhone Anda ke komputer dan ulangi instruksi di atas. Kali ini pastikan Anda mengatur waktu dengan tepat.

6. Pulihkan di Apple Store

Jika Anda sudah kehabisan semua opsi di atas, sekarang saatnya untuk memperbaikinya. Jika telepon masih dalam garansi, Apple harus menanggung perbaikan secara gratis, selama tidak rusak.

Perbaikan telepon juga dapat mengungkap masalah perangkat keras. Misalnya, papan logika iPhone Anda mungkin rusak dan perlu diganti.

Jangan panik!

Saat iPhone Anda macet di logo Apple, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang mungkin menyebabkannya. Setelah itu, Anda dapat mencoba solusi yang telah kami sebutkan di atas dan mencoba menghindari kerusakan ponsel Anda dalam prosesnya. Ketika semuanya gagal, biarkan tukang servis profesional memperbaiki iPhone Anda.