Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs
Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Google Docs adalah salah satu alat tulis yang paling banyak digunakan. Penulis menyukai Google Dokumen karena penyimpanan awan dan fitur kolaborasinya yang mudah. Namun, banyak penulis tidak tahu bahwa mereka dapat mengoptimalkan konten mereka untuk SEO dengan Google Dokumen! Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan caranya.

Mengapa SEO penting?

SEO berarti Pengoptimalan Mesin Telusur. Ini adalah proses membuat konten dengan cara yang akan membuatnya mudah terlihat oleh pengguna saat memasukkan kueri mesin telusur tertentu. Ada banyak persaingan online, karena banyak orang yang mengonsumsi konten digital sekarang lebih dari sebelumnya.

Sebagai seorang penulis, jika Anda ingin karya Anda dilihat oleh audiens yang Anda inginkan, Anda perlu berlatih SEO.

Memulai add-on SEO di Google Dokumen

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya SEO, mari kita lihat bagaimana Google Docs dapat membantu Anda membuat konten SEO. Google Docs memiliki berbagai add-on yang dapat Anda gunakan untuk SEO, dan kami akan menunjukkan cara mengaksesnya dengan mudah.

1. Akses add-on di Google Dokumen

Buka halaman Google Docs yang kosong dan klik Blank untuk mulai menulis dokumen baru.

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Saat Anda membuka halaman Google Docs yang kosong, Anda mungkin hampir tidak memperhatikan tab Add-ons di bilah menu. Itu terletak di antara tab Alat dan Bantuan, tetapi kebanyakan penulis tidak menjelajahinya karena mereka tidak tahu untuk apa itu digunakan.

Pengaya bekerja seperti ekstensi peramban, jadi Anda dapat menggunakannya untuk memperluas fungsionalitas Google Documents yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Dapatkan add-on

Di menu drop-down, pilih Dapatkan Add-on. Anda akan diarahkan ke Google Marketplace tempat Anda dapat memasang ekstensi SEO.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Ikon Wi-Fi yang Hilang di Taskbar Windows 10

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

3. Cari Add-Ons SEO

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Di kotak pencarian Google Marketplace, masukkan “SEO”. Platform ini akan menampilkan daftar add-on yang dirancang untuk membantu SEO.

4. Memasang Add-Ons

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Untuk menginstal add-on, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik add-on, lalu tekan tombol instal berwarna biru.

Anda perlu memberikan izin ke aplikasi menggunakan akun Gmail Anda.

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Setelah add-on diinstal, Anda akan menemukannya di bawah tab Add-on di bilah menu utama. Dari sana, Anda cukup mengklik add-on apa saja, klik Show dan dasbor akan muncul di sisi halaman Google Docs.

Apa Add-Ons SEO terbaik untuk Google Dokumen?

Sekarang, mungkin sulit untuk memutuskan add-on SEO mana yang akan dipilih. Di sisi lain, trial and error akan menghabiskan waktu berharga Anda yang dapat Anda gunakan untuk menulis secara produktif.

Untuk mempermudah Anda, berikut adalah dua pilihan teratas kami untuk add-on SEO terbaik di Google Dokumen.

1. Asisten SEO GDoc

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

GDoc SEO Assistant adalah alat Google Docs untuk SEO. Sebagian besar add-on lainnya dirancang oleh perusahaan pihak ketiga dan di pasaran, tetapi Asisten SEO ini berasal dari Google sendiri. Seperti banyak solusi Google lainnya, asisten SEO GDoc berfungsi dan gratis. Mari kita lihat cara kerjanya.

Cara kerjanya: GDoc SEO Assistant memberi peringkat teks Anda berdasarkan praktik terbaik SEO dan memberi Anda skor SEO. Itu juga melakukan analisis sederhana dan memberikan tip SEO untuk mengoptimalkan judul konten, kata kunci, pemformatan, dan keterbacaan Anda.

Add-on menyediakan kata kunci terkait berdasarkan frase kata kunci target Anda sehingga Anda dapat memasukkannya ke dalam teks Anda untuk meningkatkan skor SEO Anda. Kata kunci terkait tidak selalu akurat, tetapi tetap berguna dalam menentukan arah mana tulisan Anda harus diambil.

TRENDING :  Cara Mempercepat Browsing Anda Dengan Perbaikan Sederhana Ini

Anda juga dapat menemukan informasi tentang volume pencarian, peringkat persaingan, dan tren periodik untuk frase kata kunci target Anda.

Untuk menghindari penjejalan kata kunci, GDocs SEO Assistant mendapatkan skor konten untuk SQ Density. Jika teks Anda mengulangi kata kunci fokus terlalu sering, mesin pencari dapat menandai konten Anda sebagai spam, yang berarti mereka dapat menurunkan peringkat konten Anda atau bahkan menghapusnya seluruhnya.

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Targetkan skor SEO setidaknya 70 persen sebelum memposting konten Anda. Jika mendapat skor di bawah 50 persen, itu berarti dibutuhkan lebih banyak pengoptimalan SEO. Anda bisa meningkatkan skor dengan mengedit konten Anda berdasarkan saran Asisten.

Untuk siapa: Blogger, penulis lepas, dan pemilik usaha kecil yang membutuhkan panduan dasar SEO.

2. Semrush SEO Writing Assistant

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Cara kerjanya: Semrush’s SEO Writing Assistant (SWA) melakukan pekerjaan pengoptimalan konten yang lebih dalam daripada add-on GDoc SEO. Seperti Asisten SEO GDoc, ini memberi peringkat teks untuk skor SEO berdasarkan nada, orisinalitas, dan keterbacaan.

SWA juga memberikan tip pengoptimalan untuk judul, heading, format dan kepadatan kata kunci. Ini menyarankan kata kunci terkait berdasarkan kata kunci fokus yang disediakan dan memungkinkan Anda untuk menunjukkan posisi spesifik dari audiens target Anda sehingga Anda bisa mendapatkan saran kata kunci yang akurat.

Anda juga dapat memilih apakah audiens target Anda melihat konten sebagian besar di seluler atau desktop.

Versi berbayar dari add-on SWA melakukan analisis konten pesaing, yang memberi Anda akses ke jangkauan dan peringkat pesaing Anda dan memungkinkan Anda membuat konten yang lebih baik daripada mereka.

Versi SWA Guru memberi peringkat keaslian konten Anda dengan pemeriksaan plagiarisme. Anda dapat membuat konten dengan nada merek yang konsisten dengan fitur “Nada Suara”, yang memungkinkan Anda mempersempit pengiriman Anda pada konten yang berbeda.

TRENDING :  Wi-Fi Lambat? Berikut 8 Cara Mempercepat Jaringan di Kantor atau Rumahmu

Bagaimana Menulis Konten SEO Friendly Dengan Google Docs

Itu juga dapat memeriksa kualitas tautan masuk dan keluar Anda untuk relevansinya dengan konten Anda, yang merupakan cara lain untuk membantu peringkat konten Anda dengan baik di mesin pencari.

Add-on ini gratis, tetapi fitur lanjutannya hanya tersedia pada versi berbayar. Semrush mengenakan biaya $ 119 setiap bulan untuk paket Pro, $ 229 untuk paket Guru, dan $ 449 untuk paket Bisnis.

Untuk siapa: Freelancer, startup, dan pemasar konten. Versi berbayar sangat ideal untuk agensi pemasaran, platform e-commerce, dan perusahaan dengan keberadaan web mapan yang bersedia berinvestasi dalam seo yang mendalam

Tulis konten yang benar dengan Google Dokumen

Ada banyak persaingan untuk mendapatkan konten online, jadi penting untuk mengoptimalkan konten Anda agar dilihat oleh audiens target Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan lalu lintas situs web dan mencapai sasaran bisnis online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *