8 Cara untuk Meningkatkan Kinerja PS4 Anda

8 Cara untuk Meningkatkan Kinerja PS4 Anda

Jika Anda memiliki PS4 atau bahkan PS4 Pro, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan kinerja yang lebih baik dari sistem Anda. Dan meskipun Anda tidak dapat memutakhirkan PS4 Anda seperti PC game, ada beberapa cara untuk memastikan PS4 Anda berkinerja terbaik.

Mari kita lihat opsi Anda untuk meningkatkan kinerja PS4 dan apa yang diharapkan dari mereka.

1. Pastikan Anda Memiliki Ruang Disk Kosong yang Cukup

Salah satu penyebab paling umum dari kinerja buruk PS4 adalah kehabisan ruang disk yang sangat rendah. Dengan betapa hebatnya game tersebut, selain rekaman video, mudah untuk mengisi ruang Anda dan bahkan tidak menyadarinya.

Untuk melihat apa yang menghabiskan ruang di PS4 Anda, buka Settings > Storage > System Storage dan Anda akan melihat bilah yang dipecah berdasarkan kategori. Game kemungkinan besar akan menjadi babi luar angkasa terbesar. Pilih Applications untuk melihat daftar pengguna yang diinstal.

Selanjutnya, masuk akal untuk menekan Options dan memilih Sort by > Size sehingga Anda dapat menangani buah yang menggantung rendah terlebih dahulu. Pilih Delete dari menu opsi, lalu centang semua game yang ingin Anda hapus. Setelah dikonfirmasi, sistem akan membutuhkan beberapa saat untuk menghapus data yang dipilih.

Menghapus data game tidak akan menghapus file penyimpanan untuk itu, karena disimpan secara terpisah. Namun, jika Anda ingin bermain lagi, Anda harus menginstalnya kembali dari PlayStation Store (atau disk), serta mengunduh ulang pembaruan terkini.

Jika mau, Anda dapat kembali ke menu penyimpanan utama untuk melihat berapa banyak ruang yang telah Anda peroleh. Jangan ragu untuk menghapus jenis data lainnya, meskipun mungkin tidak cukup besar untuk membuat perbedaan besar.

Idealnya, Anda harus menyimpan minimal 50GB gratis, meskipun yang terbaik adalah memiliki sesuatu seperti 100GB gratis jika Anda bisa mengatasinya. Lihat hard drive eksternal terbaik untuk PS4 jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang.

TRENDING :  8 Cara Membuat Game Online Agar Lebih Aman Untuk Anak Anda

2. Bersihkan PlayStation 4 Anda secara fisik

Jika Anda sudah memiliki PS4 untuk sementara waktu, kemungkinan besar itu telah menumpuk debu dan kotoran lainnya di dalamnya. Hal ini dapat menurunkan kinerja jika dibiarkan – dengan lebih banyak panas yang terbentuk dari serpihan, kipas harus bekerja lebih keras, sehingga mengurangi efisiensi secara keseluruhan.

3. Membangun kembali database sistem

Ps4 memiliki utilitas dalam antarmuka mode amannya yang disebut Rebuild Database. Proses ini tidak sekuat defragmentasi hard drive. Sebaliknya, ini memberi tahu sistem Anda di mana data yang relevan untuk game dan layanan Anda, membuat akses lebih efisien.

Meskipun ini kemungkinan tidak akan meningkatkan kinerja game Anda, ini mengurangi kelambatan splash screen yang umum terjadi pada penggunaan PS4 yang diperpanjang. Dengan cara ini PS4 Anda juga akan memeriksa pembaruan untuk game yang sudah lama tidak Anda mainkan, setelah dimulai ulang.

Untuk membangun kembali basis data sistem PS4, matikan ps4 sepenuhnya dengan menahan PS Button pada pengontrol dan memilih Power > Turn Off PS4 dari menu cepat. Setelah lampu PS4 mati, tekan dan tahan tombol Power di bagian depan konsol selama beberapa detik. Setelah mendengar bunyi bip kedua, PS4 akan boot ke Safe Mode.

Sambungkan pengontrol ke sistem dengan kabel USB, lalu tekan PS Button pada pengontrol sehingga Anda dapat menggunakannya. Pilih Rebuild Database, konfirmasikan operasi, lalu tunggu hingga selesai.

Ini biasanya tidak memakan waktu terlalu lama (sekitar 15 menit dengan drive 2TB). Setelah selesai, sistem akan melakukan boot ulang. Proses ini tidak menghapus data apa pun, meskipun itu akan melupakan game mana yang terakhir Anda mainkan – mereka tidak akan muncul pertama kali di layar beranda hingga Anda memulainya lagi.

4. Aktifkan Mode Boost (PS4 Pro)

Jika Anda memiliki PS4 Pro, ada pengaturan yang disebut Mode Peningkatan yang harus Anda aktifkan. Ini dapat meningkatkan kecepatan bingkai dan ketepatan grafis game di sistem Anda, bahkan jika game tersebut belum dirancang khusus untuk memanfaatkan perangkat keras superior PS4 Pro.

TRENDING :  Cara Mengubah Tipe NAT di PS5

Misalnya, ini dapat meningkatkan game dari 30FPS menjadi 60FPS, mempercepat waktu pemuatan, atau mengurangi pop-in grafik. Efeknya bervariasi dari satu judul ke judul lainnya – tidak semua game mendukungnya, tetapi banyak yang akan bekerja lebih baik dengan mengaktifkannya.

Untuk mengaktifkan mode Boost, buka Settings > System di layar beranda. Di dalam menu ini, Anda akan melihat opsi Boost Mode. Aktifkan saja ini, dan itu bagus untuk pergi.

5. Instal pembaruan game terbaru

Jika Anda mengalami kinerja yang buruk dengan judul tertentu, sebaiknya instal pembaruan yang ada. Seringkali, pengembang merilis tambalan yang memperbaiki pelambatan frekuensi gambar, mengurangi waktu muat, atau sejenisnya.

PS4 Anda harus melakukan ini secara otomatis untuk game yang Anda mainkan secara teratur; itu juga akan memeriksa pembaruan saat peluncuran game apa pun yang sudah lama tidak Anda mainkan. Tetapi jika sistem Anda tidak selalu online, Anda dapat menekan tombol Options pada pengontrol sambil menyorot permainan di layar beranda dan memilih Check for Update untuk melakukannya secara manual.

Jika Anda pernah mengalami masalah dengan sebuah game di masa lalu, coba ini untuk melihat apakah pengembang telah memperbaiki masalah yang Anda hadapi.

6. Tingkatkan ke SSD atau HDD yang lebih cepat

Stok hard drive 5400RPM PS4 tidak terlalu cepat, jadi perlu beberapa saat untuk memuat game. Akibatnya, mungkin disarankan untuk meningkatkan drive PS4 internal menjadi drive 7200RPM, drive hybrid, atau bahkan SSD.

Meskipun ini akan membawa beberapa manfaat waktu pemuatan, itu tidak akan membuat banyak perbedaan. Game akan dimuat lebih cepat, tetapi tidak akan meningkatkan performa grafis atau aspek lainnya.

Ini terutama berlaku untuk PS4 dan PS4 slim asli. Keduanya menggunakan koneksi SATA II untuk hard drive mereka, yang tidak dapat melewati koneksi SATA III yang lebih baru di PS4 Pro. Jadi, meskipun Anda akan melihat beberapa keuntungan menggunakan SSD pada model PS4 lama, itu tidak akan terjadi. malam. Ini siang hari.

TRENDING :  Kontroler Xbox Series X Terputus? Begini Cara Memperbaikinya

SSD juga mahal, jadi dalam banyak kasus lebih baik menyisihkan uang Anda untuk hard drive yang lebih besar untuk menyimpan lebih banyak game. Anda mungkin juga lebih suka menghemat uang dan meningkatkan ke PlayStation 5, yang memiliki SSD yang terpasang di dalam sistem.

7. Periksa pengaturan game individu

Meskipun sebagian besar game konsol tidak memiliki opsi ekstensif yang ditawarkan judul PC, beberapa di antaranya memungkinkan Anda mengubah opsi yang dapat memengaruhi cara kerja game (atau setidaknya tampilannya).

Battlefield V, misalnya, memungkinkan Anda mengubah FOV sehingga Anda dapat melihat lebih banyak dunia game tanpa mengubah visi karakter Anda. Anda mungkin juga memiliki opsi untuk menonaktifkan VSync dan alat grafis lainnya.

Meskipun tidak tersedia di setiap game, mengubah opsi ini terkadang dapat membuat game terasa lebih nyaman untuk Anda.

8. Meningkatkan kinerja jaringan PS4

Kami terutama berfokus pada kinerja dan kecepatan grafis di sini. Tetapi jika Anda merasa ingin bermain game online di PlayStation 4 Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda mungkin perlu memecahkan masalah jaringan di PS4 Anda.

Ini akan membantu Anda jika Anda memutuskan dari game online atau tidak mengalami permainan online yang stabil.

Dapatkan performa PS4 terbaik

Perhatikan bahwa PS4 diluncurkan pada 2013 (PS4 Pro diluncurkan pada 2016), jadi usianya beberapa tahun. Seiring waktu, saat game semakin menantang, PS4 akan kesulitan untuk mengikutinya. Meskipun tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memutakhirkan PS4 Anda secara fisik, mengingat tip ini akan membuat PS4 Anda berjalan semaksimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *