4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rusak Baterai Smartphone

4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rusak Baterai Smartphone

Smartphone disaat ini telah jadi pusat aktivitas warga modern, terlebih lagi pada masa pandemi saat ini.

Smartphone digunakan buat bermacam aktivitas, mulai dari belajar ataupun bekerja, mengakses media sosial, memesan santapan, sampai bermain permainan.

Sebab keseriusan konsumsi tersebut membuat smartphone wajib kerap di- charge yang membuat baterai bekerja lebih keras. Buat itu, pengguna wajib pas dalam menjaga baterainya supaya lebih tahan lama.

Nah, berikut 4 kerutinan kurang baik yang biasa dicoba pengguna serta wajib disetop supaya baterai ponsel tidak kilat rusak, semacam dirangkum KompasTekno dari bermacam sumber.

1. Stop kerutinan gunakan powerbank

Fitur baterai portabel( powerbank) kerap kali jadi penyelamat dikala baterai smartphone” sekarat”. Tetapi, banyak pengguna yang kerap kali mengisi energi melalui powerbank walaupun tidak lagi darurat serta sesungguhnya membolehkan memakai fitur charger.

Hentikan kerutinan mencas smartphone semacam itu. Keseringan memakai powerbank dapat membuat energi tahan baterai smartphone menurun.

Tidak semacam charger via listrik, powerbank tidak seluruhnya mengalirkan energi yang normal serta cocok spesifikasi smartphone. Ditambah lagi dengan banyak beredarnya powerbank dengan mutu rendah.

Kerutinan kurang baik lain yang butuh disetop merupakan men- charge smartphone memakai laptop ataupun Komputer lewat kabel informasi. Semacam powerbank, arus listrik dari pc tidak dirancang buat mengisi energi smartphone cocok standar.

Jadi mulai saat ini, cuma pakai powerbank serta pc bila betul- betul dalam kondisi darurat.

2. Stop gunakan sembarang charger

Fitur charger smartphone serta tablet Android mempunyai wujud yang seragam sehingga kerap dipakai bergantian buat seluruh fitur.

Sementara itu, masing- masing fitur mempunyai charger dengan spesifikasi spesial yang disesuaikan dengan tipe fitur serta kapasitas baterainya. Charger fitur tablet umumnya mempunyai dimensi ampere yang lebih besar.

TRENDING :  Satu AirPod Tidak Berfungsi? Inilah Yang Harus Kamu Lakukan

Charger yang tidak cocok spesifikasi secara lama- lama hendak kurangi kinerja baterai smartphone.

Jadi, mulai saat ini jangan gunakan charger tablet buat mengisi baterai ponsel. Pakai charger otentik ataupun yang cocok spesifikasi standar ponsel Kamu.

3. Stop nge- charge semalaman

Keadaan ekstrim beresiko untuk kesehatan baterai smartphone. Mencas terus smartphone yang telah penuh dalam waktu lama bukanlah baik. Yang kerap dicoba merupakan mencas ponsel semalaman.

Smartphone terbaru memanglah telah dilengkapi dengan fitur overharge protection yang melindungi baterai menyudahi diisi dikala penuh. Tetapi, sebagian studi mengatakan baterai dapat terpelihara kualitasnya bila diisi tidak hingga penuh 100 persen, lumayan hingga 80- 90 persen.

Jadi, tidak terdapat salahnya buat menghentikan kerutinan mencas semalaman supaya umur baterai dapat lebih panjang.

4. Stop kosong kelamaan

Membiarkan baterai betul- betul kosong lebih tidak baik lagi. Bila kerap semacam ini, hingga ketahanan baterai hendak lama- lama menyusut.

Sebabnya, bila baterai betul- betul dalam kondisi kosong, sel baterai hendak” tidur”. Bila tidak cepat- cepat” dibangunkan”, mungkin terburuknya sel tersebut bakal kehabisan keahlian buat meresap energi dari perlengkapan pengisian.

Pengisian energi terbaik, bersumber pada beberapa studi, dikala baterai terletak di dasar angka 40 persen, pada kisaran 15 hingga 35 persen.

Stop berharap baterai dapat hidup selamanya

Manusia saja hidup cuma sedangkan, terlebih baterai smartphone. Kenyataannya, tiap tahun ketahanan baterai bakal terus menjadi menyusut. Walaupun pengguna sudah menjaga baterai dengan benar, tiap baterai memiliki usia.

Buat itu, jangan pilu. Bersedialah membeli baterai baru demi kesehatan smartphone. Panduan yang sudah dipaparkan cuma sanggup memanjangkan usia baterai, bukan buatnya abadi.

Smartphone terbaru memanglah tidak berikan opsi pengguna buat mengubah baterai dengan gampang. Buat itu, silakan mendatangi teknisi ataupun pusat layanan terdekat.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Pengisian Baterai yang Lama di Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *