Bagaimana Cara Mengetahui Apakah HP Sudah diretas?

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah HP Sudah diretas?

Ponsel cerdas diretas karena berbagai alasan; memperoleh file sensitif, email, gambar dan video, memata-matai pengguna dan bahkan sebagai alat pemerasan.

Ada sejumlah cara ponsel dapat diretas dan berbagai program di luar sana yang membuat spionase seluler menjadi lebih mudah. Jadi bagaimana Anda mengetahui apakah ponsel Anda telah disusupi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya?

Cara mengenali tanda-tanda peretasan

Bukti yang menunjukkan bahwa smartphone mungkin sedang dipantau, dimata-matai, atau disadap dengan cara tertentu seringkali, tidak mengejutkan, tersembunyi dengan baik. Terlepas dari kemajuan spyware saat ini, bagaimanapun, masih ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil yang dapat membantu mendiagnosis keberadaan virus atau bukti peretasan pada ponsel Anda.

Penurunan daya tahan baterai secara tiba-tiba

Ketika telepon disadap, itu merekam aktivitas yang dipilih dan mentransfernya ke pihak ketiga. Terlebih lagi, bahkan dalam mode siaga, ponsel Anda dapat digunakan sebagai alat pendengar untuk merekam percakapan di sekitar. Proses ini menghasilkan peningkatan konsumsi daya, yang berarti baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dari biasanya dengan jumlah yang nyata.

Jika Anda bisa, lihat bagaimana masa pakai baterai Anda dibandingkan dengan yang menggunakan model ponsel yang sama atau lebih baik lagi, jika Anda memiliki ponsel dengan baterai yang dapat dilepas, coba masukkan ke perangkat lain dengan model/tipe yang sama dan lihat apakah daya tahannya lama. berbeda. Jika Anda melihat perbedaan yang terlihat , ada kemungkinan perangkat Anda rusak atau disadap.

Peningkatan panas baterai

Jika ponsel Anda terasa hangat meskipun Anda tidak terlalu sering menggunakannya, (atau dibiarkan di bawah sinar matahari – jangan lakukan itu juga) ini bisa menjadi indikasi proses latar belakang atau transfer data terjadi, tanpa sepengetahuan Anda. Peningkatan suhu baterai yang mencolok sebagai akibat dari tindakan tersebut dapat digunakan untuk menunjukkan perilaku tersebut.

TRENDING :  Aplikasi Android Pengukur Saturasi Oksigen, Bisakah Diandalkan?

Aktivitas tanpa masukan

Saat tidak digunakan, ponsel Anda harus benar-benar hening (kecuali untuk panggilan, notifikasi masuk, dan alarm yang telah Anda setel). Jika ponsel Anda mengeluarkan suara yang tidak terduga, layar tiba-tiba menyala atau restart tanpa alasan, maka seseorang dapat mengontrol perangkat Anda dari jarak jauh.

Pesan teks yang tidak biasa

Spyware dapat mengirim pesan teks rahasia dan/atau dikodekan ke ponsel cerdas Anda. Jika program tersebut tidak berfungsi seperti yang dimaksudkan oleh pembuatnya, ada kemungkinan Anda melihat pesan seperti itu. Teks seperti ini kemungkinan akan menyertakan kombinasi angka, simbol, dan karakter yang tidak masuk akal. Jika ini terjadi secara teratur, ponsel Anda mungkin berada di bawah pengaruh beberapa bentuk spyware seluler.

Peningkatan konsumsi data

Program mata-mata yang kurang canggih dapat menyebabkan konsumsi data meroket, karena mereka melewatkan informasi dari perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan apakah penggunaan data bulanan Anda meningkat drastis tanpa alasan. Program mata-mata yang baik, bagaimanapun, membutuhkan data yang sangat sedikit atau dapat menyebarkan penggunaan paket data, membuatnya lebih sulit untuk diidentifikasi dengan cara ini.

Kebisingan selama panggilan telepon

Jika Anda mendengar bunyi klik, suara latar yang tidak biasa, suara pihak lain terdengar jauh, atau hanya ditransmisikan dalam potongan-potongan selama panggilan telepon, seseorang mungkin menguping. Karena sinyal telepon ditransmisikan secara digital akhir-akhir ini, suara-suara yang tidak biasa seperti itu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk dikaitkan dengan ‘sinyal buruk’ terutama jika Anda tahu bahwa Anda biasanya memiliki konektivitas yang kuat di area tempat Anda melakukan panggilan.

Proses shutdown yang lama

Sebelum mematikan ponsel Anda, semua proses yang berjalan harus diakhiri. Jika data sedang dikirim dari ponsel cerdas Anda ke pihak ketiga, tindakan terlarang ini juga harus diselesaikan sebelum perangkat Anda dapat dimatikan.

TRENDING :  5 Cara Memperbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Android

Jika mematikan ponsel membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, terutama setelah panggilan, setelah mengirim email atau pesan teks, atau setelah menjelajahi Internet, ini bisa berarti bahwa informasi tersebut baru saja ditransfer ke seseorang.

Cara mengidentifikasi spyware di Android atau iOS

Dengan perangkat Android, program mata-mata sering dapat diidentifikasi dengan adanya file atau folder tertentu di ponsel Anda. Ini mungkin terdengar jelas tetapi jika nama file mengandung istilah seperti “mata-mata”, “monitor” atau “siluman”, ini mungkin merupakan indikasi bahwa spyware ada (atau telah) ada.

Jika Anda benar-benar menemukan bukti file semacam itu, masuk akal untuk memeriksakan perangkat Anda ke spesialis. Hanya menghapus atau menghapus file-file ini tanpa mengetahui persis apa itu atau bagaimana menghapusnya dengan aman tidak disarankan.

Berkenaan dengan iPhone, jauh lebih sulit untuk mencari melalui direktori perangkat Anda untuk file yang tidak menyenangkan. Untungnya, ada cara lain untuk menghapus spyware dari iPhone; seperti memastikan aplikasi dan iOS Anda sendiri yang terbaru.

Anda dapat memeriksa pembaruan aplikasi di App Store dan memeriksa apakah iPhone Anda menjalankan versi iOS terbaru dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak‘. Melakukan tindakan ini akan menghapus file atau profil yang tidak diinginkan di perangkat Anda. Sebelum melakukannya, buat cadangan semua data penting yang tersimpan di telepon.

Jika tidak ada yang berfungsi dan Anda yakin perangkat Android atau iOS Anda telah disusupi, Anda selalu dapat melakukan reset pabrik – asalkan, sekali lagi, semua data penting Anda, termasuk foto, kontak, dan file dicadangkan terlebih dahulu.

Cara mengurangi risiko diretas

Jika Anda belum melakukannya, disarankan untuk menyiapkan semacam kunci layar (bahkan PIN atau kata sandi enam digit sederhana lebih baik daripada tidak sama sekali) untuk mencegah akses tidak sah ke perangkat Anda di masa mendatang.

TRENDING :  Vivo V21 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Untuk perangkat Android, bahkan ada aplikasi, seperti App Notifier, yang memberi tahu Anda melalui email saat sebuah program diinstal di ponsel Anda dan memperingatkan Anda saat seseorang ingin melakukan aktivitas yang tidak diinginkan di perangkat Anda.

Saat ini, ada juga banyak aplikasi keamanan dari pengembang terkemuka yang menawarkan ponsel (dan data yang tersimpan di dalamnya) perlindungan efektif terhadap peretas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *