Investasi Pasar Modal Adalah? Simak Jawabannya di Sini

Investasi Pasar Modal Adalah? Simak Jawabannya di Sini

Sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata masih belum familier dengan investasi pasar modal. Padahal, investasi pasar modal adalah jenis investasi yang sangat menguntungkan dan cukup cepat melipatgandakan uang. Namun, karena keterbatasan informasi atau kurangnya sosialisasi membuat mereka lebih memilih investasi konvensional.

Apa Itu Pasar Modal?

Ya, sebagian masyarakat masih banyak yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan pasar modal sehingga masyarakat Indonesia yang berinvestasi di lahan ini sangat rendah. Untuk memahami pasar modal, kita telaah dari dasar terlebih dahulu.

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli bukan? Nah, di pasar dalam bidang ini merupakan tempat bertemunya emiten sebagai penjual dan investor sebagai pembeli namun dalam lingkup investasi.

Emiten adalah badan usaha yang membutuhkan modal sehingga menjual surat berharga. Sedangkan investor lah yang akan membelinya dan menjadi bagian penanam modal di dalam badan usaha tersebut. Oleh karena itu investor akan mendapatkan bagian dari keuntungan sesuai dengan persen modal yang ditanamkan di sana.

Apa Saja Diperdagangkan dalam Proses Investasi Pasar Modal?

Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa yang diperdagangkan dalam investasi pasar modal adalah surat berharga. Namun, surat berharga itu sendiri masih dibagi menjadi banyak jenis. Dan, inilah instrumen investasi pasar modal;

  • Saham
    Pertama adalah saham yang merupakan surat berharga yang jadi bukti kepemilikan dari badan usaha tersebut.
  • Obligasi
    Obligasi merupakan surat berharga yang bentuknya adalah surat utang atas pembelian investasi. Biasanya obligasi dikeluarkan oleh perusahaan maupun negara dalam bentuk kupon bunga.
  • Reksadana
    Reksadana yaitu instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi langsung.
  • Exchange Traded Fund atau ETF
    EFT mirip dengan Reksadana, hanya saja produk ini diperjualbelikan dan ditujukan pada saham-saham di bursa efek.
  • Derivatif
    Terakhir ada Derivatif yang jenisnya adalah dalam bentuk perjanjian atau kontrak.
TRENDING :  7 Tahapan dan Tips Menanam Saham di Bank supaya Untung

Apa Saja Keuntungan Berinvestasi di Pasar Modal?

Manfaat pasar modal sangat banyak untuk berinvestasi sehingga membuat yang telaten bisa kaya dengan mudah. Untuk keuntungan lainnya adalah:

  • Pencairan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi ini sangatlah mudah
  • Anda bisa melakukan investasi di pasar modal dengan dana yang sangat kecil. Semua tergantung pada aplikasi jual beli saham Anda.
  • Keuntungan yang bisa Anda didapatkan cukup besar
  • Nilai investasi yang ada di pasar modal terus menerus berkembang

Itu dia beberapa informasi mengenai investasi pasar modal adalah apa sekaligus dengan jenis dan juga keuntungan atau manfaatnya. Setelah mengetahuinya maka Anda harus segera belajar mendalam karena keuntungannya cukup besar. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi dan kalah jauh dari orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.