8 Pasar NFT Terbaik 2022

Non-fungible tokens,lebih dikenal sebagai NFT, adalah jenis aset digital yang relatif baru yang menggemparkan dunia. NFT dapat berupa karya seni, musik, atau kreasi lain yang dimiliki dan dikelola secara digital menggunakan teknologi blockchain. NFT adalah bukti kepemilikan barang digital.

Jika Anda ingin membeli NFT, Anda mungkin ingin pergi ke pasar NFT untuk memilah-milah penawaran untuk menemukan NFT yang sesuai dengan tujuan Anda. Berikut adalah melihat lebih dekat pasar NFT terbaik untuk membantu Anda memulai perjalanan NFT Anda.

Cara Memilih Pasar NFT

Anda dapat memikirkan pasar NFT yang mirip dengan galeri seni online. Setiap marketplace memiliki penawaran dan harga yang berbeda. Tergantung pada apa yang Anda cari, Anda mungkin lebih memilih satu pasar NFT daripada yang lain.

Saat memutuskan tempat berbelanja NFT, pertimbangkan kriteria ini sebagai faktor signifikan yang membedakan platform yang berbeda:

  • NFT yang tersedia: Pertanyaan pertama dan terpenting adalah NFT apa yang tersedia. Jika Anda ingin membeli satu keluarga NFT tertentu, mungkin ada platform atau pasar tertentu yang terbaik untuk koleksi tersebut.
  • Blockchain yang didukung: Setiap NFT hidup di blockchain, sama seperti cryptocurrency. Sementara Ethereum adalah salah satu platform blockchain terbesar untuk NFT, Binance Smart Chain, Flow, dan blockchain lainnya juga cocok untuk NFT.
  • Biaya dan penetapan harga: Biaya untuk membeli dan menjual NFT berasal dari dua tempat. Pertama, Anda harus membayar platform biaya apa pun yang dikenakannya, kemungkinan persentase dari jumlah transaksi atau biaya tetap per transaksi. Selanjutnya, Anda harus membayar biaya jaringan untuk memindahkan NFT ke dompet digital Anda. Tergantung pada blockchain, ini mungkin lebih mahal daripada NFT itu sendiri.
  • Reputasi: Ada banyak penipuan NFT di web, jadi sebaiknya tetap menggunakan platform yang memiliki reputasi baik, dukungan pelanggan yang tersedia, dan riwayat memberikan pengalaman NFT positif bagi pengguna.

Anda mungkin terkunci ke pasar tergantung pada NFT yang Anda inginkan. Misalnya, NFT NBA Top Shot hanya dapat diperdagangkan di platform NBA Top Shot menggunakan dompet Dapper yang terhubung. Itu berbeda dari NFT di pasar seperti OpenSea dan Rarible, yang menawarkan NFT yang dapat Anda beli dan jual di pasar NFT mana pun yang kompatibel.

TRENDING :  Pemerasan Singkat atau Squeeze di Forex dan Cara Menghindarinya

8 Pasar NFT Terbaik

Seperti Amazon dan Etsy, pasar NFT memberi Anda daftar produk yang luas untuk dibeli dari banyak penjual. Masing-masing memiliki ceruk atau spesialisasinya sendiri. Ada beberapa platform terbaik untuk berinvestasi di NFT:

1. OpenSea

OpenSea adalah salah satu pasar NFT asli. Didirikan pada tahun 2017, OpenSea memiliki lebih dari 600.000 pengguna, 80 juta NFT, dan telah memfasilitasi lebih dari $10 miliar dalam volume transaksi. Pembeli sering mencari NFT berdasarkan koleksi. Beberapa yang terbesar di OpenSea adalah CryptoPunks, Meebits, dan Bored Ape Yacht Club.

Saat menjelajah, Anda dapat mencari melalui NFT berdasarkan kategori. Daftar kategori saat ini terdiri dari seni, koleksi, nama domain, musik, fotografi, olahraga, kartu perdagangan, utilitas, dan dunia virtual. Kelemahan besar OpenSea adalah biaya jaringan.

Anda dapat menemukan daftar blockchain Ethereum, Polygon, dan Klaytn, meskipun sebagian besar ada di Ethereum. Meskipun Anda dapat menemukan beberapa NFT yang terdaftar secara gratis, mereka mungkin masih memerlukan lebih dari seratus dolar dalam Ethereum untuk transfer. Itu benar dengan OpenSea dan platform NFT Ethereum lainnya.

2. Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah platform NFT besar yang baru-baru ini diakuisisi oleh bursa cryptocurrency Gemini . Ini terintegrasi dengan Gemini untuk pembayaran, atau Anda dapat menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau saldo Ethereum prabayar. Salah satu manfaat terbesar adalah biaya memindahkan NFT ke dompet Anda. Nifty Gateway dapat mengirimi Anda NFT tanpa biaya gas.

Tidak seperti pasar gratis untuk semua di banyak pasar lain, Nifty Gateway menawarkan daftar utama dari daftar yang dikuratori dan diverifikasi sebelum mereka masuk ke pasar sekunder. Artis baru harus diverifikasi sebelum mereka dapat mendaftar di situs.

3. Rarible

Rarible adalah pasar besar dengan 1,6 juta pengguna. Sekitar 405.000 NFT baru telah dibuat melalui platform, dan pengguna telah membeli dan menjual NFT senilai $274 juta. Ini mendukung dompet blockchain Ethereum, Flow, dan Tezos.

TRENDING :  3 Alasan Anda Harus Membeli NFT Dan 1 Alasan Tidak Harus Membeli

Rarible memberi Anda akses ke beragam tema dan tipe NFT. Itu termasuk NFT bertema dewasa, NFT yang sangat murah, dan NFT yang mahal dan langka. Platform ini sebagian besar memiliki NFT karya seni tetapi Anda juga dapat menemukan kategori lain. Musik dan nama domain juga tersedia jika Anda mencarinya, tetapi seni adalah fokus utamanya.

4. Binance NFT

Bagian dari salah satu pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, Binance NFT adalah salah satu pasar NFT terbesar di dunia. NFT Binance terdaftar di Binance Coin (BNB), Binance Dollar (BUSD), dan Ethereum. Anda dapat mengurutkan berdasarkan gambar, video, dan audio NFT.

NFT Binance terdaftar sebagai premium, seni, olahraga, hiburan, game, koleksi, esports, dan NFT untuk selamanya. Salah satu bagian paling menyenangkan dari Binance NFT adalah daftarnya untuk kotak misteri. Seperti namanya, Anda tidak tahu persis apa yang Anda dapatkan. Tetapi mereka diposting oleh koleksi dan artis, jadi Anda memiliki gambaran tentang apa yang akan Anda terima.

5. SuperRare

SuperRare adalah pasar seni digital yang menjual karya seni berkualitas tinggi dari seniman papan atas. Anda akan menemukan barang asli berkualitas galeri di sini, dan harga cenderung mencerminkan hal itu, dengan barang berharga sekitar $600 hingga jutaan, dengan harga ETH. SuperRare juga menciptakan token RARE, cryptocurrency-nya sendiri.

Pasar ini membutuhkan dompet Ethereum dan biaya 3%, dibayar oleh pembeli. Seperti platform lain, artis dapat memperoleh royalti dari penjualan di masa mendatang.

6. Foundation

Foundation adalah platform besar dengan lebih dari 150.000 NFT terdaftar. Pembeli telah menghabiskan lebih dari $160 juta dari penjualan melalui Foundation, yang membutuhkan dompet Ethereum untuk digunakan. Kreator mendapatkan royalti 10% selamanya. Situs ini telah berhasil menjual lebih dari 66.000 NFT.

Anda dapat menelusuri dengan daftar individu atau mencari lebih dari 10.000 koleksi. Daftar situs mencakup puluhan ribu gambar, video, dan karya seni 3D, yang sebagian besar merupakan daftar utama. Pada tulisan ini, Anda dapat membeli NFT dari 0,10 ETH (sekitar $3.000 pada tulisan ini). Daftar yang serius menghasilkan jutaan dolar.

TRENDING :  Apa Itu Sekuritas NFT?

7. Mintable

Mintable adalah platform NFT yang membuatnya sangat mudah untuk mencetak (membuat) NFT baru. Platform ini mencantumkan seni, musik, video, koleksi, olahraga, dan NFT utilitas. Mintable bekerja dengan Ethereum dan blockchain Immutable X, yang bekerja tanpa biaya gas.

Mintable memiliki investor terkemuka di Mark Cuban, pendukung cryptocurrency dan ekosistem aset digital yang blak-blakan. Ini mungkin tempat terbaik untuk memulai jika Anda ingin membuat dan menjual NFT dengan cepat.

8. NBA Top Shot

NBA Top Shot adalah pasar NFT yang sepenuhnya mandiri. Anda tidak dapat mengirim barang koleksi ke tempat lain, meskipun barang tersebut dilacak menggunakan blockchain Flow. Pengguna dapat membeli kartu bola basket NBA digital yang memberi mereka “momen”, seperti pukulan besar untuk memenangkan pertandingan atau dunk yang mengesankan.

Meskipun pasar ini paling menarik bagi penggemar bola basket, pasar ini menunjukkan potensi proyek NFT yang dapat dikoleksi, dan tetap menyenangkan untuk dikoleksi meskipun Anda tidak menonton setiap pertandingan.

Apa Altcoin Terbaik untuk Diinvestasikan untuk NFT?

Jika Anda ingin membeli dan menjual banyak NFT, Anda memiliki beberapa altcoin populer untuk dipilih. Ethereum, Binance Coin, dan Solana adalah pilihan yang tepat untuk pembelian NFT. Meskipun Bitcoin sering disebut emas digital, itu tidak terlalu berguna untuk NFT.

Beberapa platform NFT memudahkan untuk memulai dengan dolar menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank. Namun pada akhirnya, Anda cenderung menggunakan mata uang kripto yang sebenarnya untuk membeli, menjual, atau mentransfer NFT antar dompet.

Kesimpulan

NFT mungkin adalah Tulip Belanda berikutnya, melonjak dan harganya jatuh secara spektakuler. Atau mereka mungkin menjadi hal besar berikutnya dalam seni dan teknologi. Bergantung pada pendapat Anda tentang cryptocurrency dan NFT, Anda mungkin menemukan salah satu dari pasar ini sebagai tempat yang bagus untuk membeli NFT pertama (atau kedua, atau ke-100).