site traffic analytics

Pemegang Saham Persija: Siapa Mereka dan Bagaimana Mereka Mempengaruhi Klub Sepak Bola Terbesar di Jakarta?

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pemegang saham Persija. Sepak bola telah menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Setiap klub sepak bola memiliki pemegang saham sebagai pengambil keputusan penting seputar klub tersebut. Termasuk Persija, klub sepak bola terbesar yang bermarkas di Jakarta.

Siapa Saja Pemegang Saham Persija?

Persija adalah klub sepak bola yang didirikan pada 28 November 1928 dengan nama Voetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ). Klub ini merupakan klub tertua di Indonesia dan telah memenangkan berbagai trofi baik di level lokal maupun nasional. Namun, siapa saja yang memiliki saham di klub sepak bola Persija ini?

Secara resmi, PT Persija Jakarta Setia adalah perseroan terbatas yang memiliki izin usaha di bidang klub sepak bola dan tergabung di dalam konsorsium Liga Indonesia. Saat ini, perseroan ini memiliki lima pemegang saham utama. Dalam hal ini, sebanyak empat persentase saham akan diberikan kepada suporter Persija.

Pemegang Saham Pendiri

Pemegang saham pertama adalah PT Persija Jakarta Setia, yang juga dianggap sebagai pemegang saham pendiri. Klub ini memiliki 60 persen saham di Persija. PT Persija Jakarta Setia didirikan pada 9 Januari 2013 dan merupakan anak perusahaan dari PT Persija Jakarta Sports and Business (PT PJSB).

Pemegang Saham Lainnya

Sisanya, 40 persen saham Persija dikendalikan oleh empat investor utama, yaitu:

1. Sudirman Said

Mantan Menteri ESDM ini membeli saham Persija pada tahun 2017. Sudirman Said memiliki 3 persen saham di klub ini. Ia memesan ribuan tiket untuk suporter Persija yang hadir ke Stadion Gelora Bung Karno saat Persija berlaga melawan Madura United pada 23 September 2017.

TRENDING :  Apa itu DPS Saham dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

2. Arifin Panigoro

Billionaire dan pendiri Medco Group, Arifin Panigoro, memiliki 8 persen saham di Persija. Selain itu, ia juga menjadi direktur utama PT Persija Jakarta Sports and Business. Arifin Panigoro terkenal sebagai pengusaha yang juga peduli dengan bidang olahraga, termasuk sepak bola.

3. Ferry Paulus

Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2002 ini memiliki 14 persen saham di Persija. Ferry Paulus merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam pembangunan Stadion Gelora Bung Karno.

4. Erick Thohir

Terakhir, pemilik klub sepak bola lain seperti klub Inter Milan, Mahaka Media dan diakuisisi stasiun televisi Nasional TV ini menjadi pemegang saham Persija dengan jumlah 15 persen. Selain itu, ia juga merupakan ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang langsung bergabung dengan klub setelah menjadi ketua KOI hingga saat ini.

Bagaimana Pemegang Saham Persija Mempengaruhi Klub?

Kehadiran pemegang saham sangat penting dalam perkembangan klub sepak bola Persija. Setiap pemegang saham memiliki peran penting untuk memajukan klub. Sudirman Said, misalnya, mengikuti pertandingan Persija selalu dan membeli tiket banyak untuk suporter.

Selain itu, keputusan dalam pengambilan keputusan penting bagi klub Persija juga bergantung pada pemegang saham. Semua pemegang saham bisa berdiskusi untuk memutuskan langkah-langkah terbaik untuk klub dan memberikan dukungan finansial jika diperlukan. Tanpa kehadiran pemegang saham, Persija tidak akan mampu berkembang seperti sekarang ini.

FAQ

1. Apa itu PT Persija Jakarta Setia?

PT Persija Jakarta Setia adalah perseroan terbatas yang memiliki izin usaha di bidang klub sepak bola dan tergabung di dalam konsorsium Liga Indonesia.

2. Apa yang dibutuhkan untuk menjadi pemegang saham Persija?

Untuk menjadi pemegang saham Persija, seseorang harus membeli saham Persija dari pemegang saham sebelumnya atau di pasar modal.

TRENDING :  Nilai Buku Saham: Investasi yang Menguntungkan

3. Siapa saja pemegang saham utama di Persija?

Saat ini, Persija memiliki lima pemegang saham utama, termasuk PT Persija Jakarta Setia dan empat investor utama, yaitu Sudirman Said, Arifin Panigoro, Ferry Paulus, dan Erick Thohir.

4. Bagaimana pemegang saham Persija mempengaruhi klub?

Kehadiran pemegang saham sangat penting dalam perkembangan klub sepak bola Persija. Setiap pemegang saham memiliki peran penting untuk memajukan klub. Tanpa kehadiran pemegang saham, Persija tidak akan mampu berkembang seperti sekarang ini.

5. Apa hubungan antara PT Persija Jakarta Sports and Business dan Persija?

PT Persija Jakarta Sports and Business adalah induk dari PT Persija Jakarta Setia, yang dianggap sebagai pemegang saham pendiri di Persija. Arifin Panigoro adalah direktur utama PT Persija Jakarta Sports and Business.

Kesimpulan

Pemegang saham merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan klub sepak bola Persija. PT Persija Jakarta Setia yang juga dianggap sebagai pemegang saham pendiri memiliki 60 persen saham di Persija dan menjalankan klub ini secara profesional.

Sementara itu, empat investor utama yang memegang 40 persen saham di Persija, yaitu Sudirman Said, Arifin Panigoro, Ferry Paulus, dan Erick Thohir, memberikan dukungan finansial dan ide-ide untuk memajukan klub ini. Tanpa kehadiran pemegang saham, Persija tidak akan mampu berkembang seperti sekarang ini.

Jadi, ketahuilah bahwa kehadiran pemegang saham sangat penting dalam perkembangan klub sepak bola Persija, dan ini adalah alasan terbesar mengapa klub masih eksis hingga saat ini dan menjadi klub sepak bola terbesar yang bermarkas di Jakarta.