site traffic analytics

Cara Mudah Share Screen di Google Meet

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara share screen Google Meet. Seperti yang kita tahu, Google Meet hadir sebagai platform video conference yang sangat populer di kalangan pekerja dan pelajar dari seluruh dunia.

Selain berfungsi untuk melakukan pertemuan dan kelas secara online, Google Meet juga sangat berguna untuk menampilkan dan berbagi informasi dengan mudah. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan berbagi layar atau screen sharing.

Jika Anda baru menggunakan layanan ini atau belum pernah melakukan screen sharing sebelumnya, itu tidak perlu dikhawatirkan. Karena di artikel ini kami akan memberikan langkah-langkah praktis dan mudah untuk menggunakan fitur screen sharing di Google Meet.

Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara screen sharing di Google Meet, pastikan platform browser yang Anda gunakan telah terinstall google meet dan memiliki beberapa alat yang dibutuhkan, yaitu:

1. Koneksi Internet yang Stabil

Pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil agar tidak mengganggu proses screen sharing atau tampilan video Anda atau peserta yang sedang melakukan perbincangan.

2. Google Meet Aktif

Jika Anda belum mempunyai akun Google Meet, pastikan untuk membuat terlebih dahulu dan untuk masuk ke layanan Google Meet.

3. Perangkat Komputer atau Laptop

Pastikan untuk menggunakan perangkat komputer atau laptop untuk mengakses Google Meet, karena layanan ini tidak dapat diakses melalui perangkat seluler saat ini.

4. Browser Chrome atau Opera

chrome dan opera menjadi browser terbaik untuk mengakses Google Meet. Jika Anda menggunakan browser lain, cobalah untuk melakukan konversi ke Chrome atau Opera terlebih dahulu.

TRENDING :  Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain

Cara Share Screen Google Meet

Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan sharing screen di Google Meet:

1. Buka Google Meet

Pertama, masuk ke Google Meet dan pilih ruang meeting dengan memilih “Join or start a meeting” untuk bergabung dengan meeting yang sudah dilakukan atau untuk memulai meeting baru.

2. Aplikasi Meet

Setelah masuk ke Google Meet, pilih “Present” di kiri bawah aplikasi meet, dan pilih “A Window” atau“Your Entire Screen”

3. Pilih Aplikasi atau Layar

Setelah itu pilih file, aplikasi atau layar yang ingin Anda tampilkan atau sharewhile presenting pada Google Meet.

4. Mulai Presentasi

Menampilkan file, aplikasi atau layar yang ingin Anda tampilkan/share, selanjutnya klik “Hubungkan” atau “Join” untuk memulai presentasi Anda

5. Selesai Presentasi

Setelah selesai, klik “Stop Presenting” untuk mengakhiri presentasi dan kembali ke halaman meeting.

FAQ Cara Share Screen Google Meet

1. Apakah fitur screen sharing hanya berfungsi di Google Meet?

Ya, fitur screen sharing hanya berfungsi di Google Meet dan fitur serupa pada service lain mungkin memiliki langkah-langkah yang berbeda dalam penggunaannya.

2. Apakah fitur ini hanya dapat diakses dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop?

Ya, hanya perangkat komputer atau laptop yang dapat mengakses fitur screen sharing.

3. Apakah Google Meet memungkinkan penggunaan screen sharing pada aplikasi seluler?

Tidak, saat ini Google Meet hanya mampu diakses melalui peramban web (browser) dan tidak tersedia di aplikasi seluler.

4. Apakah kita dapat melihat gambar dan video saat melakukan screen sharing di Google Meet?

Ya, jika Anda memilih opsi ‘Your Entire Screen’ saat screen sharing, Anda dan peserta lainnya bisa melihat tampilan apa pun yang ada pada layar mereka

TRENDING :  Perbedaan STB Receiver dan TV Box

5. Bisakah kita melakukan video sharing di Google Meet?

Ya, fitur screen sharing dalam Google Meet memungkinkan untuk menampilkan video yang sedang diputar pada layar Anda selama presentasi.

Kesimpulan

Google Meet memudahkan proses pertemuan dan kelas online dan memungkinkan penggunaan fitur screen sharing yang mudah digunakan. Dengan mengikuti langkah-langkah praktis dalam artikel ini, diharapkan Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan mudah dan menghasilkan pengalaman berpartisipasi dalam meeting yang lebih produktif dan menyenangkan.